S3 Pendidikan Dasar
Kajian Praksis Matematika*
196508291993021001 WIRYANTO

DU-86022-20222-8602203008-1 Kajian Praksis Matematika*

Mata kuliah ini memperdalam pemahaman tentang pendekatan umum filsafat Matematika, filsafat pendidikan Matematika, dan dampak dari perbedaan paradigma pandangan filsafat Matematika terhadap pandangan tentang pendidikan Matematika. Secara rinci, mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang ontologi, epistemologi, dan aksiologi Matematika, karakteristik dan hakikat pendidikan Matematika di Sekolah Dasar sebagai wahana untuk memperluas visi calon doktor sehingga dapat menjadi pemicu kemampuan berfikir reflektif dan berfikir kritis dalam mengembangkan dan menerapkan ilmu pendidikan Matematika serta keterkaitannya dengan perkembangan peradaban di masyarakat. Selain itu, mata kuliah ini juga dirancang untuk mengkaji dan menganalisis berbagai paradigma pada pendekatan pendidikan Matematika yang memunculkan berbagai teori mulai behaviouristik, social constructivism, sampai ke paradigma kritis dan postmodern

Pembelajaran Inovatif
196805131993032001 Dr. Suryanti, M.Pd.0002096907 Drs. Hendratno, M.Hum.196712031993021001 WASIS

DU-86022-20222-8602203007-1 Pembelajaran Inovatif

Mata kuliah ini mengembangkan kemampuan mahasiswa dalam mencari solusi terhadap permasalahan pendidikan dasar di Indonesia berdasar fenomena, fakta, dan kultur budaya. Solusi yang dihasilkan mampu digunakan untuk mengembangkan inovasi-inovasi dalam pembelajaran di pendidikan dasar.

Kajian Praksis IPA*
196809101993031003 WAHONO WIDODONADIA LUTFI CHOIRUNNISA NADIA LUTFI CHOIRUNNISA

DU-86022-20222-8602203009-1 Kajian Praksis IPA*

Mata kuliah ini memfasilitasi mahasiswa untuk berpikir tentang hakikat, perkembangan, dan peran IPA, mengkaji fakta konsep, prinsip, teori, dan metodologi IPA, peran pembelajaran IPA dalam pendidikan dasar, serta strategi dan metodologi pembeajaran IPA di pendidikan dasar. Mata kuliah ini membahas pula paradigma, verifikasi, dan falsifikasi dalam IPA dan pembelajaran IPA. Perkuliahan dilakukan dengan penugasan dan diskusi, dengan model flip-learning. Penilaian dilakukan dengan penilaian terhadap partisipasi, tugas, kualitas pemikiran, keorisinilan gagasan, dan tes tertulis.

Proposal Disertasi
196805131993032001 Dr. Suryanti, M.Pd.196508291993021001 WIRYANTO

DU-86022-20222-8602203015-1 Proposal Disertasi

Mata kuliah ini memberi kesempatan mahasiswa untuk mempresentasikan proposal disertasi yang terdiri atas bab I (pendahuluan), bab II (konsep teori), bab III (Metode penelitian), serta instrumen penelitian disertasi sesuai dengan metode pengumpulan data yang digunakan dalam rancangan penelitiannya. Pada forum kelas tempat penyelenggaraan diskusi atau pembahasan proposal, mahasiswa menerima masukan penyelengaraan diskusi/pembahasan proposal disertasi, mahasiswa menerima masukan dari pengampu mata kuliah proposal disertasi untuk perbaikan proposal dan instrumen yang sudah disusunnya. Selain itu, mata kuliah ini juga membekali mahasiswa dengan cara-cara presentasi yang baik dan efektif, serta sikap ilmiah untuk menerima masukan yang konstruktif terkait rumusan/topik masalah yang diangkatnya sesuai isu/fenomena kekinian dalam kontek pendidikan dasar sebagai sikap reflektif-kritis dalam merancang proposal disertasi.

Filsafat ilmu Pendidikan Dasar
196102111986011001 RUSIJONO196809101993031003 WAHONO WIDODO

DU-86022-20221-8602202001-1 Filsafat ilmu Pendidikan Dasar

Mata kuliah ini memperdalam pemahaman tentang pendekatan umum filsafat pendidikan, filsafat pendidikan dasar, dan konseptualisasi serta isu-isu yang lebih mendalam dan luas yang melibatkan ilmu, teknologi, dan masyarakat. Selain itu, mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang ontologi, epistemologi, aksiologi, dan metodologi pendidikan, karakteristik dan hakikat pendidikan dasar sebagai wahana untuk memperluas visi calon doktor sehingga dapat menjadi pemicu kemampuan berfikir reflektif dan berfikir kritis dalam mengembangkan dan menerapkan ilmu pendidikan serta keterkaitannya dengan teknologi dan masyarakat.

Problematika Pendidikan dasar
196805131993032001 Dr. Suryanti, M.Pd.196508291993021001 WIRYANTO

DU-86022-20221-8602203006-1 Problematika Pendidikan dasar

Mata kuliah ini untuk mencari permasalahan dalam pendidikan di Indonesia dan mengidentifikasi akar penyebab permasalahan tersebut, berdasarkan fenomena, fakta, dan kultur budaya. Mahasiswa kemudian diajak untuk menelisik fenomena dampak desentralisasi pendidikan yang dipengaruhi oleh perbedaan kultur budaya daerah yang beragam di Indonesia.

Neuropsikologi Pendidikan Dasar
0003056807 MOCHAMAD NURSALIM196207011987031003 SUJARWANTO

DU-86022-20212-8602203004-1 Neuropsikologi Pendidikan Dasar

Mata kuliah ini memperdalam pemahaman tentang hubungan antara struktur dan fungsi otak dengan proses dan perilaku psikologis manusia, teori representasi, teori pemrosesan informasi, pemecahan masalah dan metakognisi. Selain itu, mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang elemen neuropsikologis pendidikan meliputi; kecerdasan, kemampuan akademik, bahasa, ingatan, perhatian, penalaran abstrak, dan perilaku anak didik. sebagai wahana untuk memperluas visi calon doktor sehingga dapat menjadi pemicu kemampuan berfikir reflektif dan berfikir kritis dalam mengembangkan dan menerapkan strategi/ metode pembelajaran SD yang terkait dengan perkembangan psikologi kognitif terkini.

Glokalisasi Praktik Pendidikan Dasar
196503311994031003 Drs. Yoyok Yermiandhoko, M.Pd.198111212005012002 NENI MARIANA

DU-86022-20212-8602203005-1 Glokalisasi Praktik Pendidikan Dasar

Mata kuliah ini memperdalam pemahaman tentang perspektif, pola dan masalah yang berkaitan dengan glokalisasi menuju transformasi pendidikan keberlanjutan. Aktivitas mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman yang mendalam, reflektif kritis serta transformatif mengenai glokalisasi serta kaitannya dengan penerapannya dalam praktik pendidikan dasar (SD/MI) maupun di perguruan tinggi. Mata kuliah ini diharapkan dapat mengantarkan pemahaman terhadap praktik lokal dan global yang didasarkan pada kesetaraan, kesadaran identifas komunitas, keseimbangan dan menuju keberlanjutan yang lebih baik.

Filsafat ilmu Pendidikan Dasar
196102111986011001 RUSIJONO196809101993031003 WAHONO WIDODO

DU-86022-20212-8602202001-1 Filsafat ilmu Pendidikan Dasar

Mata kuliah ini memperdalam pemahaman tentang pendekatan umum filsafat pendidikan, filsafat pendidikan dasar, dan konseptualisasi serta isu-isu yang lebih mendalam dan luas yang melibatkan ilmu, teknologi, dan masyarakat. Selain itu, mata kuliah ini dirancang untuk memberikan pemahaman yang mendalam tentang ontologi, epistemologi, aksiologi, dan metodologi pendidikan, karakteristik dan hakikat pendidikan dasar sebagai wahana untuk memperluas visi calon doktor sehingga dapat menjadi pemicu kemampuan berfikir reflektif dan berfikir kritis dalam mengembangkan dan menerapkan ilmu pendidikan serta keterkaitannya dengan teknologi dan masyarakat.

Problematika Pendidikan dasar
196805131993032001 Dr. Suryanti, M.Pd.196508291993021001 WIRYANTO

DU-86022-20212-8602203006-1 Problematika Pendidikan dasar

Mata kuliah ini untuk mencari permasalahan dalam pendidikan di Indonesia dan mengidentifikasi akar penyebab permasalahan tersebut, berdasarkan fenomena, fakta, dan kultur budaya. Mahasiswa kemudian diajak untuk menelisik fenomena dampak desentralisasi pendidikan yang dipengaruhi oleh perbedaan kultur budaya daerah yang beragam di Indonesia.