DU-13211-20231-1321102013-1 Ilmu Komunikasi
DU-13211-20222-1321102094-1 Biostatistika
DU-13211-20222-1321103041-1 Penilaian Status Gizi
DU-13211-20222-1321102020-1 Bahasa Inggris Terapan
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah terapan atau English for Specific Purposes (ESP ) bagi mahasiswa program studi S1 Gizi. Tujuan utamanya adalah membekali para mahasiswa agar mampu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris secara umum dalam konteks dibidang Gizi dan kesehatan serta Ilmu gizi. Bertujuan mahasiswa mampu mengimplementasikan ilmu bahasa Inggris untuk menunjang kemampuan (1) berkomunikasi dengan bahasa yang berterima dan (2) pemahaman teks, bidang Manajemen Gizi Institusi Pelayanan Makanan ( Nutrition Institutional Food Service Management ); untuk itu, mahasiswa harus memiliki kemampuan membaca ( reading ), mendengar ( listening ), berbicara ( speaking ), menulis (writing ) dibarengi kemampuan kosa kata ( vocabulary ) dan tata bahasa ( grammar ). Dalam mata kuliah ini, empat ketrampilan berbahasa Inggris ( reading, listening, speaking, and writing ) tersebut akan diajarkan secara terintegrasi melalui pendekatan komunikatif, yaitu pendekatan yang menekankan pengajaran bahasa sebagai alat berkomunikasi. Dengan demikian, mahasiswa akan memperoleh pengalaman belajar bahasa Inggris yang lebih efektif serta dapat menggunakan bahasa Inggris tersebut dalam dunia kerja. Kemampuan reseptif seperti pemahaman teks berbahasa Inggris dalam bentuk tertulis dan lisan serta kemampuan produkti, yaitu menyampaikan kemampuan menyusun jenis teks dalam bentuk tulis dan lisan secara komunikatif disampaikan dalam bahasa Inggris. Sedangkan untuk elemen bahasa yaitu komponen kosa kata ( vocabulary ) dan tata bahasa ( grammar ) akan diintegrasikan dalam pengajaran dalam keempat skill pembelajaran bahasa Inggris.
DU-13211-20222-1321102079-1 Diagnosa Gizi
DU-13211-20222-1321104067-1 Dietetika Penyakit menular
Pemahaman dan pengkajian tentang prinsip-prinsip asuhan gizi (Nutrition Care Process/NCP): asessmen, diagnosis, intervensi serta monev gizi untuk berbagai penyakit menular yaitu penyakit akibat infeksi (meliputi pencernaan, hati dan empedu, pernafasan dan penyakit tropis) dan defisiensi gizi.
DU-13211-20222-1321102095-1 Fisiologi
Pembahasan tentang fungsi normal tubuhmanusia. Pembahasan meliputi struktur tubuh manusia, fisiologi pencernaan,fisiologi kardiovaskular, fisiologi respirasi, metabolisme, fisiologi otot,fisiologi sistem saraf pusat, fisiologi sistem saraf perifer, fisiologi sistemsaraf otonom, fisiologi pancaindra, fisiologi sistem ekskresi, fisiologi sistemimun, dan fisiologi sistem hormonal. Pembelajaran dilaksanakan dengan diskusi,praktikum, dan presentasi. Kegiatan pembelajaran diakhiri dengan presentasimakalah analisis problem gangguan fisiologi sistem tubuh
DU-13211-20222-1321102018-1 Sistem Pelayanan Kesehatan
DU-13211-20221-1321102062-2 Komputer Terapan
DU-13211-20221-1321103093-1 Pengembangan Produk
Mata kuliah ini membahas tentang bagaimana rangkaian berbagai kegiatan pada proses mengembangkan suatu pangan sehingga dapat menghasilkan produk pangan yang bernilai gizi lebih tinggi dengan menggunakan teknologi yang ada. Dalam mata kuliah ini membahas rangkaian berbagai kegiatan pada proses pengembanag produk pangan dan gizi, yang bertujuan menjadi pangan berkualitas dan meningkatkan kualitas gizinya. Topik dalam perkuliahan ini yakni, pemahaman tentang proses Pengembanga Produk Makanan dan Gizi, dengan pendekatan dan metode yang sesuai dengan proses dan prosedur dalam pengembangan suatu produk untuk dikembangkan. Kegiatan belajar dilakukan melalui pengalaman belajar ceramah, diskusi dan praktek.
DU-13211-20221-1321102089-1 Ilmu Kesehatan Masyarakat
Mata kuliah ini membahas tentang teori ilmu kesehatan masyarakat dan sosio budaya gizi. Kegiatan dalam mata kuliah ini dilakukan melalui pengalaman belajar melalui ceramah, diskusi, turun lapangan, dan penugasan.
DU-13211-20221-1321102019-1 Epidemiologi Gizi
Melakukan pengkajian dan memberikan pemahaman tentang pengertian epidemiologi, penyebab penyakit, pengukuran dan variabel epidemiologi, skrining, investigasi wabah dan surveilans epidemiologi. Pengkajian masalah gizi ditinjau dari aspek epidemiologi berdasarkan hasil reviu artikel penelitian. Pembelajaran dilakukan dengan menerapkan pendekatan saintifik. Model pembelajaran menerapkan problem based learning . Kegiatan pembelajaran meliputi tatap muka dalam bentuk ceramah, diskusi kelompok, observasi, presentasi. Bentuk tugas perkuliahan berupa tes tertulis, reviu artikel, dan presentasi.
DU-13211-20221-1321102020-1 Bahasa Inggris Terapan
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah terapan atau English for Specific Purposes (ESP ) bagi mahasiswa program studi S1 Gizi. Tujuan utamanya adalah membekali para mahasiswa agar mampu berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Inggris secara umum dalam konteks dibidang Gizi dan kesehatan serta Ilmu gizi. Bertujuan mahasiswa mampu mengimplementasikan ilmu bahasa Inggris untuk menunjang kemampuan (1) berkomunikasi dengan bahasa yang berterima dan (2) pemahaman teks, bidang Manajemen Gizi Institusi Pelayanan Makanan ( Nutrition Institutional Food Service Management ); untuk itu, mahasiswa harus memiliki kemampuan membaca ( reading ), mendengar ( listening ), berbicara ( speaking ), menulis (writing ) dibarengi kemampuan kosa kata ( vocabulary ) dan tata bahasa ( grammar ). Dalam mata kuliah ini, empat ketrampilan berbahasa Inggris ( reading, listening, speaking, and writing ) tersebut akan diajarkan secara terintegrasi melalui pendekatan komunikatif, yaitu pendekatan yang menekankan pengajaran bahasa sebagai alat berkomunikasi. Dengan demikian, mahasiswa akan memperoleh pengalaman belajar bahasa Inggris yang lebih efektif serta dapat menggunakan bahasa Inggris tersebut dalam dunia kerja. Kemampuan reseptif seperti pemahaman teks berbahasa Inggris dalam bentuk tertulis dan lisan serta kemampuan produkti, yaitu menyampaikan kemampuan menyusun jenis teks dalam bentuk tulis dan lisan secara komunikatif disampaikan dalam bahasa Inggris. Sedangkan untuk elemen bahasa yaitu komponen kosa kata ( vocabulary ) dan tata bahasa ( grammar ) akan diintegrasikan dalam pengajaran dalam keempat skill pembelajaran bahasa Inggris.
DU-13211-20221-1321102092-1 Gizi Olahraga
Pembahasan tentang peran gizi dalam berbagai jenis pekerjaan dan olahraga, kebutuhan gizi berdasarkan pekerjaan dan atlet, perencanaan menu atlet sebelum, selama dan sesudah pertandingan, suplemen dan doping. Kegiatan belajar dilakukan melalui pengalaman belajar ceramah, diskusi, dan penugasan.
DU-13211-20221-1321103068-1 Dietetika Penyakit Tidak Menular
Pemahaman dan pengkajian tentang prinsip-prinsip asuhan gizi (Nutrition Care Process/NCP): asessmen, diagnosis, intervensi serta monev gizi untuk berbagai penyakit tidak menular yaitu penyakit degeneratif, trauma dan alergi.
DU-13211-20221-1321103003-1 Ilmu Gizi Dasar
Materikuliah terdiri dari konsep dasar gizi dengan bahasan mengenai pengertian, ruang lingkup dan kaitan gizi denganmakanan; fungsi dan metabolisme karbohidrat, protein, lemak, vitamin danmineral di dalam tubuh; kebutuhan zat gizi meliputi cara menentukan kebutuhanzat gizi, faktor-faktor yang mempengaruhi kebutuhan zat gizi, menghitungkebutuhan zat gizi secara individu,menghitung kandungan zat gizi bahan makanan, merencanakan, dan menyajikan menusesuai kebutuhan zat gizi untuk individu dan kelompok
DU-13211-20221-1321102078-1 Biologi seluler
Pembahasan tentang pengalaman belajar mahasiswa melalui kegiatan diskusi dan tugas pemecahan masalah (PBL) terkait biologi sel yang dibagi dalam:. Mata kuliah ini juga mendalami fungsi zat gizi kaitannya dengan komponen di dalam sel serta tahap pembentukan energi seluler oleh zat gizi.
DU-13211-20221-1321102062-1 Komputer Terapan
DU-13211-20212-1321103031-1 Kuliner Lanjut
Pemahaman konsep dasar gizi kuliner yang meliputi: pengolahan menu makanan pasien khusus, bakery pastry dan pola menu makanan kontinental. Pembelajaran dilakukan dengan menerapkan pendekatan konstruktivistik. Kegiatan pembelajaran diakhiri dengan latihan menyusun menu, perencanaan bahan alat, praktik pengolahan dan penyajiannya dalam kegiatan diskusi kelompok dan refleksi.