DU-86205-20222-8620502235-1 TEORI PENDIDIKAN KRITIS
Matakuliah ini mengantarkan mahasiswa untuk memiliki pemahaman dan keterampilan melakukan analisis terhadap dasar-dasar pengembangan masyarakat melalui kajian pendidikan dalam konteks realitas sosial.
DU-86205-20222-8620503109-1 Pembangunan Masyarakat
Pemahaman tentang konsep dan teori pembangunan, metode pembangunan masyarakat, teknik pembangunan masyarakat, hubungan antara metode dan teknik pembangunan masyarakat, tinjauan beberapa metode dan teknik pembangunan masyarakat. Pemahaman kondisi dan masalah kehidupan masyarakat di Indonesia sebagai landasan dan menelaah teori-teori dan pendekatan serta metode dan teknik pembangunan masyarakat.
DU-86205-20221-8620503107-1 Pekerjaan Sosial
Mahasiswa memiliki pemahaman tentang konsep dasar PS, profesi PS, karakteristik PS, metode dan tehnik dalam pekerjaan sosial, dan kemampuan mengkaitkan masalah sosial dengan usaha-usaha pekerja sosial dari prespektif PNFI, mengkaitkan metode PS (individu, kelompok, masyarakat) agar dapat berperan sebagai pengelola program PNF dan pemberdayan masyarakat.
DU-86205-20221-8620503240-1 TEORI DAN PRAKTEK PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
DU-86205-20221-8620502239-1 Ilmu Pendidikan
Matakuliah ini membahas tentang konsep dasar pendidikan, hakikat manusia dan pengembangannya, landasan pendidikan, pendidikan sebagai sistem, sistem pendidikan nasional, guru sebagai profesi, permasalahan pendidikan, inovasi pendidikan di Indonesia, dan pendidikan karakter baik di sekolah maupun di luar sekolah. Perkuliahan dilaksanakan dengan cara blended learning. Penilaian dilakukan dengan cara tanya jawab dan tertulis.
DU-86205-20221-8620503147-1 Pengembangan Sdm
Matakuliah ini mencakup materi tentang pengertian, ruang lingkup SDM, pendidikan dan pelatihan dalam organisasi, prinsip-prinsip pengembangan organisasi, perencanaan SDM, rekruitmen SDM, motivasi dan perilaku kerja, penilaian kerja dan pemberian kompensasi, pelayanan kesehatan dalam kerja, pengembangan diri dan karir, serta pengembangan kecerdasan emosi dalam lingkungan kerja
DU-86205-20221-8620502227-1 MICROTEACHING
Program pengalaman lapangan merupakan mata kuliah yang membekali mahasiswa merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaraan melalui perkuliahan. Simulasi dan microteaching. Pemahaman dan kemampuan tentang arti dan tujuan PPL 1, penyiapan mahasiswa sebagai pengelola pembelajaraan, pamong belajar, perencanaan dalam pelaksanaan kegiatan pendidikan luar sekolah.
DU-86205-20212-8620506182-1 Skripsi
Mahasiswa memiliki kemampuan tentang menyusun skripsi bidang PNFI sebagai tugas akhir yang meliputi, latar belakang, rumusan masalah/ fokus, kajian teori/pustaka, metode penelitian, pembahasan dan simpulan saran sebagai wujud tanggung jawab hasil kekayaan intelektual secara professional dan akuntabel.
DU-86205-20212-8620502235-1 TEORI PENDIDIKAN KRITIS
Matakuliah ini mengantarkan mahasiswa untuk memiliki pemahaman dan keterampilan melakukan analisis terhadap dasar-dasar pengembangan masyarakat melalui kajian pendidikan dalam konteks realitas sosial.
DU-86205-20212-8620502227-1 MICROTEACHING
Program pengalaman lapangan merupakan mata kuliah yang membekali mahasiswa merancang, melaksanakan dan mengevaluasi pembelajaraan melalui perkuliahan. Simulasi dan microteaching. Pemahaman dan kemampuan tentang arti dan tujuan PPL 1, penyiapan mahasiswa sebagai pengelola pembelajaraan, pamong belajar, perencanaan dalam pelaksanaan kegiatan pendidikan luar sekolah.
DU-86205-20212-8620502117-1 Pendidikan Inklusif
Mata kuliah Pendidikan Inklusif ini memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada mahasiswa melalui pengkajian dan pembahasan tentang: Konsep, Landasan, Prinsip-prinsip dalam pendidikan inklusi, Indeks Inklusi, Pembudayaan Inklusi di Indonesia, Perkembangan pendidikan inklusi di dunia, Karakteristik Belajar Peserta Didik Berkebutuhan Khusus, Identifikasi dan Asesmen, Planning Matrix, PPI, Adaptasi Kurikulum, serta Penilaian.
DU-86205-20211-8620502239-2 Ilmu Pendidikan
Matakuliah ini membahas tentang konsep dasar pendidikan, hakikat manusia dan pengembangannya, landasan pendidikan, pendidikan sebagai sistem, sistem pendidikan nasional, guru sebagai profesi, permasalahan pendidikan, inovasi pendidikan di Indonesia, dan pendidikan karakter baik di sekolah maupun di luar sekolah. Perkuliahan dilaksanakan dengan cara blended learning. Penilaian dilakukan dengan cara tanya jawab dan tertulis.
DU-86205-20211-8620504007-1 Andragogi
Mata kuliah ini memberikan pemahaman dan kemampuan tentang konsep, hakekat dan tujuan andragogi, asumsi dan prinsip belajar orang dewasa, teori-teori belajar orang dewasa, pengoragnisasian program belajar orang dewasa, pendekatan, metode dan media serta satuan acara pembelajaran orang dewasa melalui penjelasan, diskusi, dan presentasi.
DU-86205-20211-8620502122-1 Pendidikan Kesehatan Masyarakat
DU-86205-20211-8620502020-1 Bahasa Inggris Profesi
Mata Kuliah ini berfungsi memberikan ketrampilan dasar pada mahasiswa dalam listening, speaking, reading dan writing . Pelatihan penerapan bahasa Inggris dalam percakapan sehari sehari dan peningkatan vobulary dengan topik umum yang berhubungan dengan bahasa Inggris dasar yang digunakan dalam percakapan sehari hari
DU-86205-20211-8620502244-1 Penulisan Karya Ilmiah
DU-86205-20211-8620502223-1 KEPEMIMPINAN DAN ORGANISASI SOSIAL
DU-86205-20211-8620504231-1 Teori Dasar PNF
Mata kuliah ini memberikan pemahaman tentang konsep dasar Pendidikan Non Formal, sejarah, pemikiran pada tokoh PNF dan informal, prinsip-prinsip, karakteristik PNF, keterkaitan PNF dengan system pendidikan nasional sehingga tercipta masyarakat gemar belajar melalui penjelasan, diskusi, presentasi.
DU-86205-20211-8620502069-1 Komunikasi Sosial
Mahasiswa mampu mengaplikasikan hakekat, konsep, macam-macam komunikasi Sosial, fungsi dan proses berkomunikasi, ciri-ciri komunikasi efektif, tehnik-tehnik komunikasi yang baik dan keterampilan Negosiasi serta public relation program menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam bidang pelatihan pemberdayaan masyarakat.
DU-86205-20211-8620502239-1 Ilmu Pendidikan
Matakuliah ini membahas tentang konsep dasar pendidikan, hakikat manusia dan pengembangannya, landasan pendidikan, pendidikan sebagai sistem, sistem pendidikan nasional, guru sebagai profesi, permasalahan pendidikan, inovasi pendidikan di Indonesia, dan pendidikan karakter baik di sekolah maupun di luar sekolah. Perkuliahan dilaksanakan dengan cara blended learning. Penilaian dilakukan dengan cara tanya jawab dan tertulis.