DU-84001-20232-8400104057-1 Penunjang Disertasi
Mata kuliah penunjang disertasi ini, isi dan nama mata kuliahnya ditentukan oleh promotor bersama-sama dengan Ketua Program Studi, disesuaikan dengan keperluan disertasi mahasiswa yang bersangkutan. Tujuan mata kuliah ini adalah member kesempatan kepada mahasiswa untuk lebih mendalami bidang keahlian yang akan ditekuni sesuai dengan rencana penelitian untuk disertasi. Kajian mandiri ini diharapkan dapat mematangkan rancangan penelitian untuk disertasinya di bawah bimbingan ahli/pakar.
DU-84001-20232-8400105061-1 Publikasi Internasional
Mata kuliah ini dilaksanakan melalui penyusunan dan pengiriman karya ilmiah hingga terbit di jurnal internasional bereputasi (terindeks Scopus atau WoS). Dalam publikasi yang dilakukan, nama mahasiswa harus sebagai penulis pertama, mencantumkan nama pembimbing, mencantumkan afiliasi Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya atau Universitas Negeri Surabaya, dapat bersumber dari disertasi, atau materi yang berkaitan dengan disertasi
DU-84001-20231-8400102054-1 Problematika dan Inovasi Pendidikan Sains
Mengaji tentang problema-problema yang dihadapi oleh pendidikan sains pada level lokal, regional, maupun global, melakukan analisis (Fishbone Analysis) untuk menemukan penyebab utama dan penyebab penyerta dari setiap problema yang dihadapi, menyusun rancangan inovatif untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi secara bersama (dalam kelompok) dan atau mandiri serta mengkomunikasikan pada tataran kelas. Perkuliahan dilaksanakan dalam bentuk teori, penugasan, seminar (qolokium) dan workshop.
DU-84001-20222-8400102039-1 HOTS dan Literasi Dalam Pembelajaran Sains
DU-84001-20222-8400102014-1 Pembelajaran Sains Terintegrasi
Mengkaji latar belakang dan landasan filosofis pembelajaran sains terintegrasi agar dapat mengembangkan perangkat pembelajaran sains terintegrasi.
DU-84001-20221-8400102007-1 Kajian Mandiri Bidang Studi Penunjang Disertasi
Mata kuliah penunjang disertasi ini, isi dan nama mata kuliahnya ditentukan oleh promotor bersama-sama dengan Ketua Program Studi, disesuaikan dengan keperluan disertasi mahasiswa yang bersangkutan. Tujuan mata kuliah ini adalah member kesempatan kepada mahasiswa untuk lebih mendalami bidang keahlian yang akan ditekuni sesuai dengan rencana penelitian untuk disertasi. Kajian mandiri ini diharapkan dapat mematangkan rancangan penelitian untuk disertasinya di bawah bimbingan ahli/pakar.
DU-84001-20221-8400102026-1 Teori Belajar Lanjut
Behavioral Views of Learning: What Behavioral Learning Theories Have Evolved? What Are Some Principles of Behavioral Learning? How Has Social Learning Theory Contributed to Our Understanding of Human learning? Cognitive Views of Learning: What is an Information-Processing Model? What Causes People to Remember or Forget? How Can Memory Strategies be Taught? What Makes Information Meaningful? Complex Cognitive Processes: How Do Metacognitive Skills Help Students Learn? What Study Strategies Help Students Learn? How Do Cognitive Teaching Strategies Help Students Learn? What is The Constructivist View of How We Learn?: Individual Constructivism, Individual Constructivism in The Classroom, Social Constructivism and Vygotsky, Social Constructivism in The Classroom, Cooperative Learning, Constructivist Principles.Theories of Motivation: What is Motivation? What are Some Theories of Motivation? How Can Teachers Increase Students Motivation to Learn? How Can Achievement Motivation be Enhanced? How Can Teachers Reward Performance, Effort, and Improvement?
DU-84001-20212-8400102039-1 HOTS dan Literasi Dalam Pembelajaran Sains
DU-84001-20212-8400102045-1 ICT dalam Pembelajaran Sains
Matakuliah ini mengaji peran ICT dalam pembelajaran sains yang meliputi pembelajaran sains pada era Industri 5.0 yang menekankan pada cyber physical systems, internet of things, dan networks; implementasi ICT dalam pembelajaran sains; pembelajaran sains dengan online learning dan pembelajaran sains dengan blended learning yang berbasis web ataupun berbasis mobile melalui diskusi hasil review dan analisis pustaka, praktek komputasional sains, diskusi hasil review dan analisis course management system (CMS) atau learning management Systems (LMS) yang berbasis web ataupun mobile, pengembangan perangkat pembelajaran berbasis TIK, praktek menggunakan CMS atau LMS, analisis dan diskusi hasil praktek pembelajaran sains berbasis TIK, dan refleksi hasil pembelajaran sains berbasis TIK
DU-84001-20211-8400102051-2 Kajian Mandiri Bidang Studi
Mata kuliah penunjang disertasi ini, isi dan nama mata kuliahnya ditentukan oleh promotor bersama-sama dengan Ketua Program Studi, disesuaikan dengan keperluan disertasi mahasiswa yang bersangkutan. Tujuan mata kuliah ini adalah member kesempatan kepada mahasiswa untuk lebih mendalami bidang keahlian yang akan ditekuni sesuai dengan rencana penelitian untuk disertasi. Kajian mandiri ini diharapkan dapat mematangkan rancangan penelitian untuk disertasinya di bawah bimbingan ahli/pakar.
DU-84001-20201-8400102007-1 Kajian Mandiri Bidang Studi Penunjang Disertasi
Mata kuliah penunjang disertasi ini, isi dan nama mata kuliahnya ditentukan oleh promotor bersama-sama dengan Ketua Program Studi, disesuaikan dengan keperluan disertasi mahasiswa yang bersangkutan. Tujuan mata kuliah ini adalah member kesempatan kepada mahasiswa untuk lebih mendalami bidang keahlian yang akan ditekuni sesuai dengan rencana penelitian untuk disertasi. Kajian mandiri ini diharapkan dapat mematangkan rancangan penelitian untuk disertasinya di bawah bimbingan ahli/pakar.
DU-84001-20211-8400102026-1 Teori Belajar Lanjut
Behavioral Views of Learning: What Behavioral Learning Theories Have Evolved? What Are Some Principles of Behavioral Learning? How Has Social Learning Theory Contributed to Our Understanding of Human learning? Cognitive Views of Learning: What is an Information-Processing Model? What Causes People to Remember or Forget? How Can Memory Strategies be Taught? What Makes Information Meaningful? Complex Cognitive Processes: How Do Metacognitive Skills Help Students Learn? What Study Strategies Help Students Learn? How Do Cognitive Teaching Strategies Help Students Learn? What is The Constructivist View of How We Learn?: Individual Constructivism, Individual Constructivism in The Classroom, Social Constructivism and Vygotsky, Social Constructivism in The Classroom, Cooperative Learning, Constructivist Principles.Theories of Motivation: What is Motivation? What are Some Theories of Motivation? How Can Teachers Increase Students Motivation to Learn? How Can Achievement Motivation be Enhanced? How Can Teachers Reward Performance, Effort, and Improvement?
DU-84001-20211-8400102028-1 Ujian Komprehensif
Penerapan berbagai konsep, teori, dan metodologi sesuai fokus atau topik penelitian yang dipilih, lokus atau sumber data penelitian, dan modus atau perspektif keilmuan yang digunakan secara orisinal, inovatif, dan transdisipliner. Produk mata kuliah ini berupa proposal disertasi meliputi judul, pendahuluan (latar belakang, masalah/fokus, tujan/manfaat, definisi istilah/variabel penelitian), kajian teori, metode penelitian, serta prototipe analisis data
DU-84001-20211-8400102051-1 Kajian Mandiri Bidang Studi
Mata kuliah penunjang disertasi ini, isi dan nama mata kuliahnya ditentukan oleh promotor bersama-sama dengan Ketua Program Studi, disesuaikan dengan keperluan disertasi mahasiswa yang bersangkutan. Tujuan mata kuliah ini adalah member kesempatan kepada mahasiswa untuk lebih mendalami bidang keahlian yang akan ditekuni sesuai dengan rencana penelitian untuk disertasi. Kajian mandiri ini diharapkan dapat mematangkan rancangan penelitian untuk disertasinya di bawah bimbingan ahli/pakar.
DU-84001-20211-8400103020-1 Publikasi
Pengiriman karya ilmiah hingga terbit di jurnal internasional bereputasi (terindeks Scopus atau WoS), jurnal internasional terindeks Copernicus International atau DOAJ, atau dalam jurnal nasional kategori Sinta 1. Dalam publikasi yang dilakukan, nama mahasiswa harus sebagai penulis pertama, mencantumkan nama pembimbing, mencantumkan afiliasi Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya atau Universitas Negeri Surabaya, dapat bersumber dari disertasi, atau materi yang berkaitan dengan disertasi.
DU-84001-20211-8400102045-1 ICT dalam Pembelajaran Sains
Matakuliah ini mengaji peran ICT dalam pembelajaran sains yang meliputi pembelajaran sains pada era Industri 4.0 yang menekankan pada cyber physical systems, internet of things, dan networks; implementasi ICT dalam pembelajaran sains; pembelajaran sains dengan online learning dan pembelajaran sains dengan blended learning yang berbasis web ataupun berbasis mobile melalui diskusi hasil review dan analisis pustaka, praktek komputasional sains, diskusi hasil review dan analisis course management system (CMS) atau learning management Systems (LMS) yang berbasis web ataupun mobile, pengembangan perangkat pembelajaran berbasis TIK, praktek menggunakan CMS atau LMS, analisis dan diskusi hasil praktek pembelajaran sains berbasis TIK, dan refleksi hasil pembelajaran sains berbasis TIK