DU-86117-20222-8610102009-1 Inovasi Pendekatan Pembelajaran Abk
Matakuliah ini mengkaji hakekat inovasi pendekatan pembelajaran bagi ABK , konsep pendekatan pembelajaran, implementasi inovasi pembelajaran bagi ABK di kelas khusus dan inklusi. Pembahasannya mencakup juga memberikan pemahaman dan pengetahuan, serta pengalaman, keterampilan kepada mahasiswa melalui teori, konsep, hakikat inivasi pembelajaran, tujuan, fungsi, dan manfaat untuk memperoleh skill dalam pengembangan kognitif, afektif, dan psikomotor ABK dalam mengikuti pembelajaran bagi ABK baik di kelas khusus maupun di kelas inklusi. Implementasi strategi, teknik penyampaian dan penilaian inovasi pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus untuk merencanakan, mengaplikasikan, memodifikasi, menganalisis, mengevaluasi dan menyelesaikan inovasi pembelajaran anak berkebutuhan khusus dan membekali mahasiswa untuk mampu membuat keputusan dalam mengaplikasikan inovasi pembelajaran anak berkebutuhan khusus untuk menemukan alternatif solusi dalam menyelesaikan permasalahan pembelajaran membaca, menulis, berhitung bagi anak berkebutuhan khusus.
DU-86117-20221-8610100026-1 Filsafat Pendidikan Luar Biasa
Matakuliah ini mengkaji hakekat filsafat dan filsafat pendidikan bagi pembelajaran anak berkebutuhan khusus, konsep ontologi, epistemologi, dan aksiologi dalam pendidikan, implementasi aliran filsafat bagi pendidikan anak berkebutuhan khusus. Pembahasannya mencakup juga memberikan pemahaman dan pengetahuan, serta pengalaman, keterampilan kepada mahasiswa melalui teori, konsep, hakikat filsafat pendidikan, tujuan, fungsi, dan manfaat untuk memperoleh skill dalam pengembangan kognitif, afektif, dan psikomotor anak berkebutuhan khusus dalam mengimplementasikan pemikiran para filsuf pendidikan. Implementasi implikasi pemikiran filsuf pada strategi, teknik penyampaian dan penilaian pembelajaran anak berkebutuhan khusus untuk merencanakan, mengaplikasikan, memodifikasi, menganalisis, mengevaluasi dan membekali mahasiswa untuk mampu membuat keputusan dalam mengaplikasikan pemikiran Kihajar Dewantara untuk menemukan alternatif solusi dalam menyelesaikan permasalahan bidang pembelajaran anak berkebutuhan khusus.
DU-86117-20221-8610102013-1 Konseling Abk
DU-86117-20212-8611702037-1 BINA KOMUNIKASI PERSEPSI BUNYI DAN IRAMA
Mata kuliah Bina Komunikasi Persepsi Bahasa dan Irama (BKPBI) merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman dan pengetahuan, serta pengalaman dan keterampilan kepada mahasiswa melalui kajian proses persepsi bunyi dan irama, manfaat latihan persepsi bunyi dan ruang lingkup, alat bantu pendengaran ( hearing aid dan cochlear implant), merencanakan, mengaplikasikan, mengevaluasi, dan menganalisis penerapan program BKPBI serta membekali mahasiswa untuk mampu membuat keputusan dalam mengaplikasikan program BKPBI untuk menemukan alternatif solusi dalam menyelesaikan permasalahan bidang komunikasi anak tunarungu. Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem presentasi, diskusi, tugas proyek, dan refleksi
DU-86117-20212-8611702035-1 BACA TULIS BRAILLE BERBASIS ICT
Pembahasan tentang pengembangan teknologi informasi dan komunikasi pada desain, pemanfaatan dan pengelolaan alat-alat tulis braille dan program Mibee Braille Converter Versi 4
(MBC4) dalam format braille, baik matematika, bahasa Indonesia, baca tulis Braille huruf Arab, dan Inggris, tusing tanda kata, tusing tanda bagian kata dan sibra untuk siswa tunanetra.
DU-86117-20212-8610102009-1 Inovasi Pendekatan Pembelajaran Abk
Matakuliah ini mengkaji hakekat inovasi pendekatan pembelajaran bagi ABK , konsep pendekatan pembelajaran, implementasi inovasi pembelajaran bagi ABK di kelas khusus dan inklusi. Pembahasannya mencakup juga memberikan pemahaman dan pengetahuan, serta pengalaman, keterampilan kepada mahasiswa melalui teori, konsep, hakikat inivasi pembelajaran, tujuan, fungsi, dan manfaat untuk memperoleh skill dalam pengembangan kognitif, afektif, dan psikomotor ABK dalam mengikuti pembelajaran bagi ABK baik di kelas khusus maupun di kelas inklusi. Implementasi strategi, teknik penyampaian dan penilaian inovasi pembelajaran bagi anak berkebutuhan khusus untuk merencanakan, mengaplikasikan, memodifikasi, menganalisis, mengevaluasi dan menyelesaikan inovasi pembelajaran anak berkebutuhan khusus dan membekali mahasiswa untuk mampu membuat keputusan dalam mengaplikasikan inovasi pembelajaran anak berkebutuhan khusus untuk menemukan alternatif solusi dalam menyelesaikan permasalahan pembelajaran membaca, menulis, berhitung bagi anak berkebutuhan khusus.
DU-86117-20212-8611702038-1 MODIFIKASI PERILAKU
Mata kuliah ini membahas tentang modifikasi perilaku ABK meliputi kaitan modifikasi perilaku dengan anak berkebutuhan khusus dan Pendidikan Luar Biasa, hakikat modifikasi perilaku, pengertian perilaku dan prinsip dasar perilaku serta modifikasi perilaku, peningkatan dan pemeliharaan perilaku, pengurangan dan penghapusan perilaku, problema perilaku anak berkebutuhan khusus, metode, teknik, media digital dan non digital untuk pelaksanaan modifikasi perilaku anak berkebutuhan khusus (metode ABA: Applied Behavior Analysis , LEAP, Floor Time , TEACCH, metode Kaufman, teknik: modeling, token economic, assertivitas, relaksasi, dan lainnya sesuai era 4.0, dsb.), asesmen dan program berkaitan dengan modifikasi perilaku, evaluasi dalam modifikasi perilaku. Program (meliputi: perilaku ABK yang akan dikembangkan atau diatasi (target behavior), tujuan, media, bahan, alat, waktu, tempat, langkah-langkah, evaluasi, tindak lanjut), program manajemen perilaku bagi ABK (anak tunanetra, tunarungu wicara, tunagrahita, tunadaksa, autis, ADHD dan anak berkebutuhan khusus lainnya). Kegiatan perkuliahan dilaksanakan dengan model pembelajaran kooperatif, project based learning, problem based learning, kolaboratif, kontekstual.
DU-86117-20211-8611702051-1 Proposal
DU-86117-20211-8611702043-1 INTERENSHIP
Internship dalam pembelajaran bagi mahasiswa calon dosen dan guru SLB/sekolah inklusif ini melatih menerapkan prinsip-prinsip perancangan dan pengembangan pembelajaran bidang Pendidikan Luar Biasa; penggunaan konsep-konsep, prinsip-prinsip dan prosedur-prosedur dalam pengembangan bahan ajar; pembuatan seperangkat pembelajaran (Rencana Perkuliahan Semester dan silabus mata kuliah, RPP SLB) dan melaksanakan praktik pembelajaran bidang pendidikan luar biasa bagi mahasiswa di jenjang S1. Internship Pendidikan Luar Biasa bagi mahasiswa untuk menghubungkan teori dan praktik melalui pelaksanaan pengalaman langsung pemecahan masalah bidang Pendidikan Luar Biasa. Mahasiswa melakukan magang di Sekolah Luar Biasa dan konferensi PLB di negara Thailand, merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi program-program pembelajaran dalam latar keilmuan. Kemudian melaksanakan praktek mengajar di jurusan PLB S1 sebagai akhir masa pengalaman lapangan. Mahasiswa dituntut untuk menyusun laporan perorangan yang dilaksanakan secara terbimbing dan dinilai oleh dosen pembimbing mata kuliah yang diampunya.
DU-86117-20211-8611702045-1 PROPOSAL TESIS
DU-86117-20211-8610102011-1 Intervensi Dini Anak Berkebutuhan Khusus
Mata kuliah ini mengkaji konsep dasar intervensi dini anak berkebutuhan khusus (pengertian, tujuan, manfaat, fungsi dan prinsip intervensi dini ABK), teori-teori yang berkaitan dengan intervensi dini anak berkebutuhan khusus (ABK), karakteristik ABK dan aspek-aspek pada ABK yang perlu diintervensi dini, ruang lingkup, jenis jenis intervensi dini ABK berkaitan fisik motorik, pra-akademik dan akademik, ADL/Activity Daily Living, adaptive behavior/perilaku adaptif, psikososial, kesulitan belajar, bahasa, bidang edukatif, dsb. (physical development, language development, cognitive development, psychosocial development). permasalahan intervensi dini ABK dan parents involment (keterlibatan orang tua), rujukan (referral) dalam intervensi dini ABK, materi/bahan dan pengukuran intervensi dini ABK, identifikasi dan asesmen dalam intervensi dini ABK sebagai dasar intervensi dini ABK, program intervensi dini bagi ABK, srategi konvensional, strategi berbasis online leraning, metode, teknik, media (digital dan non digital), teknologi asistif dalam implementasi intervensi dini ABK dan PDBK, metode drill, remedial, applied behavior analysis, bermain, musik, sensori integrasi, scaffolding, task analysis, modeling, home program, online learning, dsb., ;media digital dan non digital dalam implementasi/pelaksanaan intervensi dini ABK, pemecahan masalah intervensi dini ABK dan PDBK melalui karya ilmiah dalam bentuk artikel atau karya lainya, praktek program berkaitan intervensi dini ABK dan PDBK di sekolah (SLB, Sekolah Inklusi) dan lembaga yang menangani ABK dan laporan praktek program intervensi dini ABK dan PDBK. Kegiatan perkuliahan dilaksanakan dengan model pembelajaran kooperatif, case study, project based learning, problem based learning, kolaboratif, kontekstual.
DU-86117-20211-8610102013-1 Konseling Abk
DU-86117-20211-8610100026-1 Filsafat Pendidikan Luar Biasa
Matakuliah ini mengkaji hakekat filsafat dan filsafat pendidikan bagi pembelajaran anak berkebutuhan khusus, konsep ontologi, epistemologi, dan aksiologi dalam pendidikan, implementasi aliran filsafat bagi pendidikan anak berkebutuhan khusus. Pembahasannya mencakup juga memberikan pemahaman dan pengetahuan, serta pengalaman, keterampilan kepada mahasiswa melalui teori, konsep, hakikat filsafat pendidikan, tujuan, fungsi, dan manfaat untuk memperoleh skill dalam pengembangan kognitif, afektif, dan psikomotor anak berkebutuhan khusus dalam mengimplementasikan pemikiran para filsuf pendidikan. Implementasi implikasi pemikiran filsuf pada strategi, teknik penyampaian dan penilaian pembelajaran anak berkebutuhan khusus untuk merencanakan, mengaplikasikan, memodifikasi, menganalisis, mengevaluasi dan membekali mahasiswa untuk mampu membuat keputusan dalam mengaplikasikan pemikiran Kihajar Dewantara untuk menemukan alternatif solusi dalam menyelesaikan permasalahan bidang pembelajaran anak berkebutuhan khusus.
Metode Penelitihan Pendidikan Luar Biasa S2 Metode Penelitian Pendidikan Luar Biasa S2
Mata kuliah ini mengkaji dan menganalisis tentang; (1) konsep dasar metodologi penelitian PLB (paradigma, konsep, preposisi,teori, metodologi, pendekatan, desain dan prosedur penelitian, identifikasi dan perumusan masalah penelitian, variabel penelitian, kajian teori, kerangka pikir, hipotesis penelitian, pertanyaan penelitian, populasi penelitian, sampel dan teknik sampling, subjek dan setting penelitian, instrumen penelitian, teknik pengumpulan data, teknik analisis data), (2) Jenis penelitian yang relevan di PLB (Eksperimen, SSR, Expost Facto, PTK, Fenomenologi, etnografi pendidikan, dan analisis wacana/teks), (3) Penyusunan dan desiminasi pra proposal tesis beserta instrumen penelitian, (4) teknik penyusunan tesis dan teknik penulisan artikel ilmiah pada jurnal.
DU-86117-20211-8611702047-1 PENDIDIKAN ANAK MULTIKEKHUSUSAN
DU-86117-20211-8611702046-1 PENGEMBANGAN DIRI ABK
Pengkajian dan pemahaman tentang pengertian, landasan, tujuan, aspek-aspek pengembangan diri anak berkebutuhan khusus (efikasi diri, harga diri, kepribadian, kognitif, sosio-emosi, psikososial, perilaku, moral, karakter, konsep diri, komunikasi, motivasi intrinsik, kemadirian, self regulated, problem solving, kreativitas, life skill, self care, activities of daily living dan pengembangan diri ABK lainnya) dan teori yang mendasari pengembangan diri ABK, kaitan multiple intelligences dengan pengembangan diri ABK, metode pengembangan diri ABK, asesmen dan program pengembangan diri ABK (meliputi: aspek yang akan dikembangkan, tujuan, media, bahan, alat, waktu, tempat, langkah-langkah, evaluasi, tindak lanjut), program khusus bagi ABK (anak tunanetra, tunarungu wicara, tunagrahita, tunadaksa, autis, dan anak berkebutuhan khusus lainnya), evaluasi program pengembangan diri anak berkebutuhan khusus, implementasi teori yang berkaitan dengan pengembangan diri ABK dalam praktek pembelajaran dan penelitian tentang ABK
DU-86117-20202-8611702035-1 BACA TULIS BRAILLE BERBASIS ICT
Pembahasan tentang pengembangan teknologi informasi dan komunikasi pada desain, pemanfaatan dan pengelolaan alat-alat tulis braille dan program Mibee Braille Converter Versi 4
(MBC4) dalam format braille, baik matematika, bahasa Indonesia, baca tulis Braille huruf Arab, dan Inggris, tusing tanda kata, tusing tanda bagian kata dan sibra untuk siswa tunanetra.
DU-86117-20202-8611702039-1 PENDIDIKAN INKLUSIF DAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN
Mata Kuliah Mata kuliah ini menyajikan dan mendiskusikan konsep dasar, prinsipprinsip dan landasan penddikan inklusif, karakteristik, Identifikasi dan asesmen anak berkebutuhan khusus, pengembangan kurikulum, perangkat pembelajaran, sarana prasarana serta media, system pengelolaan kelas serta monitoring dan evaluasi penyelenggaraan pendidikan inklusif.