DU-87202-20231-8720202156-1 Sig Analisis Lanjut
Mata Kuliah Sistem Informasi Geografis Lanjut menjelaskan konsep-konsep dan prosedur analisis dalam SIG. Materi dalam kuliah SIG ini merupakan sebagian kompetensi yang harus dikuasai oleh Teknisi Utama atau Analis Sistem Informasi Geografis, disamping materi pada mata kuliah SIG Dasar dan Manajemen Data Geospasial . Materi dalam mata kuliah ini telah sejalan dengan Keputusan Kementerian Tenaga Kerja nomor 95 tahun 2017 (SKKNI Indonesia Kategori Aktivitas Profesional, Ilmiah Dan Teknis Golongan Pokok Aktivitas Arsitektur Dan Keinsinyuran; Analisis Dan Uji Teknis Bidang Informasi Geospasial).
DU-87202-20222-8720202205-1 GEOGRAFI MANUSIA
DU-87202-20222-8720202022-1 Ekologi
DU-87202-20222-8720202076-1 Ilmu Ukur Tanah
Mata kuliah Ilmu Ukur Tanah merupakan mata kuliah yang mengimplementasikan teori pemetaan (pemahaman dasar Ilmu Ukur Tanah, sistem koordinat, penentuan posisi, pengukuran metode poligon, pengukuran metode tachimetri, penggambaran peta topografi dan penentuan luas). Penilaian dilakukan dengan unjuk kerja, tes tulis dan portofolio.
DU-87202-20221-8720202092-1 Kosmografi *)
Melakukan pengkajian dan memberikan pemahaman tentang wawasan tentang jagat raya beserta isinya galaksi, bintang, tata surya, gerakan bumi, bulan dan gerhana, penanggalan,serta lukisan bola langit serta pengaruhnya terhadap kehidupan manusia serta menyadari akan kebesaran Tuhan yang telah menciptakan alamsemesta ini. Pembelajaran dilakukan selama satu semester dengan menggunakan pendekatan project base learning dengan metode demonstrasi, diskusi, maupun penugasan individu dan kelompok. Penilaian dilakukan melalui tes tertulis, kinerja dan portofolio.
DU-87202-20221-8720202199-1 PENGEMBANGAN BAHAN AJAR
Melakukan pengkajian pada bahan ajar yang sudah ada, SK-KD, indikator yang sesuai dengan materi yang dibutuhkan oleh mahasiswa serta sesuai dengan tuntutan kurikulum yang berlaku di sekolah. Konsep pengembangan bahan ajar, tujuan, manfaat, prinsip pendekatan, langkah-langkah pengembangan, jenis bahan ajar serta pemahaman tentang validasi dan uji coba bahan ajar. Pengembangan bahan ajar geografi dilakukan dengan memilih salah satu jenis bahan ajar yang sesuai dengan karakteristik siswa, kemampuan guru dan tuntutan kurikulum. Pembelajaran dilakukan dengan menerapkan pendekatan konstruktivistik dengan memberikan latihan mengembangkan bahan ajar geografi secara individu. Penilaian dilakukan secara portofolio melalui rubrik penilaian tertentu oleh setiap mahasiswa dalam kegiatan diskusi kelompok dan refleksi.
DU-87202-20221-8720202054-1 Geografi Transportasi
DU-87202-20212-8720202076-1 Ilmu Ukur Tanah
Mata kuliah Ilmu Ukur Tanah merupakan mata kuliah yang mengimplementasikan teori pemetaan (pemahaman dasar Ilmu Ukur Tanah, sistem koordinat, penentuan posisi, pengukuran metode poligon, pengukuran metode tachimetri, penggambaran peta topografi dan penentuan luas). Penilaian dilakukan dengan unjuk kerja, tes tulis dan portofolio.
DU-87202-20211-8720202076-1 Ilmu Ukur Tanah
Mata kuliah Ilmu Ukur Tanah merupakan mata kuliah yang mengimplementasikan teori pemetaan (pemahaman dasar Ilmu Ukur Tanah, sistem koordinat, penentuan posisi, pengukuran metode poligon, pengukuran metode tachimetri, penggambaran peta topografi dan penentuan luas). Penilaian dilakukan dengan unjuk kerja, tes tulis dan portofolio.
DU-87202-20211-8720202156-1 Sig Analisis Lanjut
Mata Kuliah Sistem Informasi Geografis Lanjut menjelaskan konsep-konsep dan prosedur analisis dalam SIG. Materi dalam kuliah SIG ini merupakan sebagian kompetensi yang harus dikuasai oleh Teknisi Utama atau Analis Sistem Informasi Geografis, disamping materi pada mata kuliah SIG Dasar dan Manajemen Data Geospasial . Materi dalam mata kuliah ini telah sejalan dengan Keputusan Kementerian Tenaga Kerja nomor 95 tahun 2017 (SKKNI Indonesia Kategori Aktivitas Profesional, Ilmiah Dan Teknis Golongan Pokok Aktivitas Arsitektur Dan Keinsinyuran; Analisis Dan Uji Teknis Bidang Informasi Geospasial).
DU-87202-20211-8720202198-1 EVALUASI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
Melakukan pengkajian dan memberikan pemahaman tentang peranan penilaian dalam proses pendidikan dan pembelajaran yang menyesuaikan dengan kurikulum yang berlaku di sekolah. Konsep dasar asesmen autentik, alternatif dan penilaian berbasis kelas termasuk workshop pengembangan instrumen penilaian. Pelaksanaan penilaian, pengolaan data hasil penilaian serta teknik dan macam-macam bentuk penilaian autentik. Pembelajaran dilakukan dengan menerapkan pendekatan konstruktivistik. Kegiatan pembelajaran diakhiri dengan latihan membuat rubrik penilaian tertentu oleh setiap mahasiswa dalam kegiatan diskusi kelompok dan refleksi
DU-87202-20211-8720203204-1 METODE PENELITIAN
DU-87202-20211-8720202003-1 Amdal & Tata Ruang
DU-87202-20211-8720202030-1 Geografi Desa Kota
Mata kuliah Geografi Desa-Kota memgkaji tentang potensi desa melalui analisis berbagai komponen pembentuk desa dengan bantuan peta penggunaan lahan desa pola keruangan desa melalui analisis citra satelit/peta rupa bumi yang relevan dengan pola spasial desa potensi dan perkembangan wilayah perdesaan, mengidentifikasi permasalahan yang ada di desa&mdashkota, pola keruangan kota melalui analisis citra satelit/peta rupa bumi yang relevan dengan pola spasial perkotaan mengkaji peremajaan wilayah perkotaan memecahkan permasalahan kota melalui pendekatan contextual teaching and learning (CTL). Penilaian dilakukan dengan tes tertulis, unjuk kerja dan laporan.
DU-87202-20211-8720206163-1 Skripsi
Mampu menerapkan metode-metode pengolahan dan teknik analisis citra digital resolusi spasial rendah (MODIS), resolusi menengah (Landsat 7 ETM /Landsat 8 OLI) hingga resolusi tinggi (QuickBird/Ikonos), metode-metode analisis data citra radar interferrometrik (SRTM dan GDEM ASTER) melalui perangkat pengolah citra digital, serta aplikasinya pada kajian sumberdaya lahan. Pembelajaran dilakukan selama satu semester dengan metode demonstrasi, diskusi, praktikum maupun penugasan individu dan kelompok. Penilaian dilakukan melalui tes tertulis, kinerja dan portofolio.
DU-87202-20201-8720202076-3 Ilmu Ukur Tanah
Pemahaman konsep ilmu ukur tanah, pengoperasian theodolit dengan baik dan benar, penghitungan koordinat titik, penggambaran peta poligon, serta pembuatan peta kontur berdasarkan hasil pengukuran data di lapangan melalui kerja kelompok. Pembelajaran dilakukan selama 16x pertemuan dengan metoda presentasi, diskusi, praktek dan tugas kelompok. Penilaian dilakukan dengan tes tertulis, partisipasi dan portofolio.
DU-87202-20201-8720202076-2 Ilmu Ukur Tanah
Pemahaman konsep ilmu ukur tanah, pengoperasian theodolit dengan baik dan benar, penghitungan koordinat titik, penggambaran peta poligon, serta pembuatan peta kontur berdasarkan hasil pengukuran data di lapangan melalui kerja kelompok. Pembelajaran dilakukan selama 16x pertemuan dengan metoda presentasi, diskusi, praktek dan tugas kelompok. Penilaian dilakukan dengan tes tertulis, partisipasi dan portofolio.
DU-87202-20201-8720202076-1 Ilmu Ukur Tanah
Pemahaman konsep ilmu ukur tanah, pengoperasian theodolit dengan baik dan benar, penghitungan koordinat titik, penggambaran peta poligon, serta pembuatan peta kontur berdasarkan hasil pengukuran data di lapangan melalui kerja kelompok. Pembelajaran dilakukan selama 16x pertemuan dengan metoda presentasi, diskusi, praktek dan tugas kelompok. Penilaian dilakukan dengan tes tertulis, partisipasi dan portofolio.
DU-87202-20201-8720202003-1 Amdal & Tata Ruang
DU-87202-20201-8720202042-1 Geografi Pertanian
Pemahaman dan pengkajian hakikat geografi pertanian, tipe-tipe pertanian di Indonesia, serta berbagai sistem pertanian di Indonesia. Teori pembangunan yang mendasari pembangunan pertanian, berbagai problematika revolusi hijau, perkembangan karakteristik sosial budaya masyarakat petani, tipe gerakan kritis pertanian. Solusi masa depan pertanian dengan orientasi pada kearifan lokal masyarakat pertanian, kearifan lokal masyarakat pesisir.