S2 Pendidikan IPS
Paradigma Pendidikan
198801082019031009 NUANSA BAYU SEGARA197104012005011001 HARMANTO

DU-87120-20221-8712002034-1 Paradigma Pendidikan

Mata kuliah ini membahas perkembangan pendidikan sebagai dampak dari globalisasi, demokratisasi, ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya perkembangan teknologi informasi serta paradigm baru pendidikan nasional.

Metodologi Penelitian Kuantitatif
196701111992031003 Dr. Agus Suprijono, M.Si.197104012005011001 HARMANTO

DU-87120-20212-8712002033-1 Metodologi Penelitian Kuantitatif

Ruang lingkup matakuliah Metodologi penelitian kuantitatif meliputi aspek pengembangan ontologi, epistimologi, dan aksiologi penelitian-penelitian dengan pendekatan kuantitatif. Pengembangan aspek ontologi pada matakuliah metodologi penelitian kuantitatif ditekankan pada kemampuan mahasiswa menentukarn objek formal penelitian dan teori-teori serta perumusan hipotesis. Aspek epistimologi diaksentuasikan pada kemampuan penentuan populasi, sampel, uji normalitas, uji homogenitas, disain penelitian, dan teknik analisis statistik. Aspek aksiologi ditekankan pada kemampuan mahasiswa mendiskusikan hasil penelitian dengan teori yang hendak diverivikasi.

Paradigma Pendidikan
198801082019031009 NUANSA BAYU SEGARA197104012005011001 HARMANTO

DU-87120-20211-8712002034-1 Paradigma Pendidikan

Mata kuliah ini membahas perkembangan pendidikan sebagai dampak dari globalisasi, demokratisasi, ilmu pengetahuan dan teknologi, khususnya perkembangan teknologi informasi serta paradigm baru pendidikan nasional.

Konsep Dasar Ips
196608021992121001 NASUTION

DU-87120-20201-8712002027-1 Konsep Dasar Ips

Mata kuliah Konsep Dasar IPS SD ini merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman kepada mahasiswa PGSD tentang konsep dasar IPS sebagai landasan kajian yang bahannya bersumber dari kehidupan manusia di masyarakat, yang aspek-aspeknya meliputi geografi, sosiologi, antropologi, ekonomi, sejarah, politik, keterampilan dan nilai-nilai. Mata kuliah ini meliputi substansi bidang kajian IPS, pemahaman esensi konsep dan proses pembentuknya, cakupan konsep-konsep dasar geografi, sosiologi, antropologi, ekonomi, sejarah. Mata kuliah ini dirancang melalui pembelajaran berbasis aktivitas, menghasilkan produk dan mampu mengembangkan kemampuan berpikir melalui kegiatan inkuiri, investigasi kelompok, diskusi terfokus, berorientasi penyelesaian masalah. Setelah mengikuti perkuliahan ini mahasiswa diharapkan memiliki pengetahuan dan keterampilan dalam memahami konsep esensial displin ilmu-ilmu sosial untuk dikembangkan dalam kurikulum dan pembelajaran IPS pada jenjang Pendidikan Dasar (SD/MI).

Pedagogik Transformatif
196701111992031003 Dr. Agus Suprijono, M.Si.

DU-87120-20201-8712002035-1 Pedagogik Transformatif

Matakuliah pedagogik transformartif memberikan pemahaman kepada mahasiswa bahwa pendidikan merupakan humanisasi dan kehidupan itu sendiri. Pedagogik transforamtif merupakan pendidikan yang tidak memisahkan teori dan praksis kritis kehidupan, tidak ada disparitas di antara keduanya sehingga pendidikan bermakna bagi kemanusiaan dan kehidupan. Pembelajaran matakuliah pedagogik transformatif diawali dari penelusuran historisitas pertumbuhan dan perkembangan pedagogik trasformatif hingga praksis kritis idiologi pedagogik transformatif pada kurikulum nasional Indonesia. Ruang lingkup matakuiah diawali dari sejarah pemikiran pedagogik transformatif, filosofis pendidikan yang mendukung, teori-teori belajar yang relevan, dan praksis pedagogik transformatif pada kurikulum ilmu pengetahuan sosial (IPS) di Sekolah Menengah Pertama (IPS)