DU-57301-20222-5730102209-1 Statistika
- Statistika Deskriptif, mencakup: deskripsi data (tabel data dan grafik), tendensi sentral (rata-rata, mode,median, desil, kuartil dan presentil), dispersi (simpangan baku, varians).
- Estimasi parameter populasi (rata-rata, simpangan baku/variansi, proporsi).
- Prinsip pengujian hipotesis (satu ekor dan dua ekor).
- Statistika parametrik: (1) uji kesamaan rata-rata satu sampel dan dua sampel (uji- t dan uji z), (2) uji kesamaan rata-rata k sampel (anava 1 jalur, anava faktorial 2 jalur, dan pos hoc test ), (3) analisis korelasi (produk momen dan parsial), (4) analisis regresi.
- Uji persyaratan analisis (normalitas distribusi, homogenitas/homoskedastisitas variansi, linieritas hubungan homoskedastisitas/heterokedastisitas, independesi variabel bebas (multicollinieritas), dan auto korelasi).
- Statistika non-parametrik, mencakup pengujian hipotesis komparatif: (1) satu sampel, (2) dua sampel bebas, (3) dua sampel berkorelasi, (4) banyak (k) sampel, (5) pengujian hipotesis asosiafif data nominal dan ordinal.
DU-57301-20221-5730102161-1 Jaringan Komputer
Mata kuliah ini mengajarkan tentang interaksi antara manusia dan komputer, tentang perkembangan interaksi manusia komputer, pembuatan interface (antarmuka) yang baik di dalam pembuatan program, kecenderungan Interaksi Manusia komputer masa datang
DU-57301-20221-5730102159-1 Rekayasa Perangkat Lunak
Mata kuliah Rekayasa Perangkat Lunak ini memberikan konsep rekayasa perangkat lunak, manajemen proyek perangkat lunak, berbagai macam metodologi pengembangan perangkat lunak, analisis kebutuhan perangkat lunak, prinsip dan pemodelan sistem dengan DFD, pembuatan sistem basis data menggunakan ERD, perancangan desain antarmuka (Lembar Kerja Tampilan dan Jaring Semantik), Perancangan dan implementasi proyek RPL.
DU-57301-20221-5730102192-1 Analisis Big Data
Mata kuliah Analisis Big Data mencakup konsep analisis Big Data, termasuk Volume, Velocity, dan Variety (3V), kemudian terdapat analisis prediktif, tanpa adanya kendala dari besarnya data yang diolah. Adanya kemajuan teknologi dalam hal penyimpanan, pengolahan, dan analisis Big Data meliputi (a) penurunan secara cepat terhadap biaya penyimpanan data dalam beberapa tahun terakhir; (b) fleksibilitas dan efektivitas biaya pada pusat data dan komputasi awan untuk perhitungan elastisitas dan penyimpanan; dan (c) pengembangan kerangka kerja baru seperti Hadoop Ecosystem, yang memungkinkan pengguna untuk mengambil manfaat dari sistem komputasi terdistribusi menyimpan sejumlah data yang besar melalui pemrosesan paralel. Sehingga kemajuan teknologi ini telah menciptakan beberapa perbedaan antara analisis tradisional dengan analisis tingkat lanjut pada Big Data.
DU-57301-20221-5730103171-1 Kecerdasan Buatan
DU-57301-20212-5730102180-1 Pemrograman Web Lanjut
Membahas JSON, Google API, PHP OOP, dasar-dasar Web Framework, OOP dalam Pemrograman Web, OOP dalam Web Database, Konsep MVC (Controller), Konsep MVC (View), dan Konsep MVC (Model). Selain itu juga mempelajari penerapan AJAX dan JQUERY dalam web Framework. Matakuliah ini juga mengajarkan penggunaan dan pengaplikasian Web Framework yang diimplementasikan pada beberapa studi kasus
DU-57301-20212-5730103175-1 Sistem Informasi Manajemen
Matakuliah sistem informasi manajemen memberikankajian yang berisi pemahaman tentang peran sistem informasi dalammengubah bisnis global, sistem bisnis elektronik (E-Business), sumber dayakomputasi dan komunikasi, dan perlidungan sistem informasi, aplikasi sisteminformasi, sistem pendukung pengambilan keputusan, sumber daya dalam mengelolateknologi informasi sebagai dasar pertimbangan mengelola bisnis dengan tepat.Disamping itu, mata kuliah ini juga membantu dalam membuat manajemen basis datadengan mudah dalam organisasi bisnis. Metodepembelajaran yang digunakan adalah perpaduan antara metode pembelajaranlangsung, pembelajaran kooperatif, diskusi kelompok, praktik dan drill yangmana disesuaikan dengan masing-masing pokok bahasan dalam setiap kalipertemuan.
DU-57301-20212-99995740102149-1 Matematika Diskrit
Matematika Diskrit merupakan ilmu dasar dalam pembelajaran Informatika, karena pada dasarnya informatika adalah kumpulan disiplin ilmu dan teknik yang mengolah objek diskrit. Matematika diskrit memberikan landasan matematis untuk matakuliah Algoritma, Struktur data, Basis data, jaringan komputer, keamanan komputer dan sebagainya. Materi dalam Matakuliah ini adalah Teori Himpunan, Relasi dan Fungsi, Teori Graf, Tree.
DU-57301-20211-5730102183-1 Pemrograman Framework
Matakuliah ini mengaji tentang berbagai cara implementasi tiga lapisan penting, yaitu; lapisan presentasi, lapisan logika bisnis, dan lapisan persistensi dalam membangun aplikasi berskala enterprise dengan menggunakan berbagai framework pemrograman berbasis desktop (seperti J2EE atau .NET) dan web (seperti CodeIgniter, CakePHP, Yii, Laravel, dan lain-lain). Matakuliah ini juga mengajarkan pembangunan web service
DU-57301-20211-5730102151-1 Pemrograman Berorientasi Obyek
Mata kuliah ini mengajarkan konsep dan teknik pemrograman berorientasi objek. Dalam mengajarkan konsep PBO tersebut, bahasa pemrograman Java akan digunakan karena Java menggunakan konsep objek dan class dalam pembuatan program. Materi ajar meliputi pengantar konsep OOP, Java Virtual Machine (JVM), objek, class, method, constructor, I/O, pewarisan sifat (inheritance), enkapsulasi (encapsulation), polimorphism (polymorphism), overloading, UML, file, Swing, applet dan exception.
DU-57301-20211-5730102158-2 Aljabar Linear dan Matrik
Mata kuliah Aljabar Linier pada program studi D4 Manajemen Informatika membahas dasar-dasar Aljabar Linier yang berkaitan dan dapat diterapkan pada bidang informatika. Materi mata kuliah ini memberikan konsep dasar matriks dan ruang vektor serta operasi-operasi yang terkait dengannya. Materi kuliah dalam satu semester mencakup: matriks dan operasinya, invers dan determinan matriks persegi, sistem persamaan linier dan solusinya, vektor pada bidang dan ruang, basis ruang vektor, ruang hasil kali dalam, transformasi linier, serta nilai, vektor, dan ruang eigen.
DU-57301-20211-5730102158-1 Aljabar Linear dan Matrik
Mata kuliah Aljabar Linier pada program studi D4 Manajemen Informatika membahas dasar-dasar Aljabar Linier yang berkaitan dan dapat diterapkan pada bidang informatika. Materi mata kuliah ini memberikan konsep dasar matriks dan ruang vektor serta operasi-operasi yang terkait dengannya. Materi kuliah dalam satu semester mencakup: matriks dan operasinya, invers dan determinan matriks persegi, sistem persamaan linier dan solusinya, vektor pada bidang dan ruang, basis ruang vektor, ruang hasil kali dalam, transformasi linier, serta nilai, vektor, dan ruang eigen.
DU-57301-20211-5730102191-1 INTERNET OF THINGS
Matakuliah ini bertujuan untuk mengembangkan:
- Kompetensi: keterampilan merakit perangkat mikrokontroler untuk terkoneksi ke internet (Internet of Things) dan ke Middleware IoT dan menganalisis data serta menampilkannya dalam Dashboard IoT.
- Karakter: sikap yang berorientasi pada tujuan, serta kemampuan bekerjasama.
- Komitmen: kesadaran dan komitmen untuk melakukan hal-hal yang menambah nilai (value creating) di manapun mahasiswa kelak berkarir.
DU-57301-20211-5730102187-1 Sistem Informasi Geografis
Matakuliah Sistem Informasi Geografis Dasar (SIG-Dasar) membahas tentang prinsip-prinsip sistem informasi geografi, pemahaman tentang data, informasi dan SIG, sumber data, sistem pengumpulan data, masukan data spatial, tabuler dan atribut, desain data base, pengolahan data spatial dan attribut, format hasil keluaran, penyusunan basis data SIG, pengoperasian dan aplikasi SIG (reposisi, digitasi, editing, labeling, transformasi dan layout peta digital). Pembelajaran dilakukan selama satu semester dengan menggunakan pendekatan project base learning dengan metode demonstrasi, diskusi, praktikum maupun penugasan individu dan kelompok. Penilaian dilakukan melalui tes tertulis, kinerja dan portofolio.
DU-57301-20211-5730102190-1 Prak. Keamanan Perangkat Lunak
DU-57301-20211-5730102185-1 Pengembangan Aplikasi Permainan
Mata kuliah ini merupakan pembelajaran dan pemahaman tentang pengembangan game yang meliputi pengertian, konsep, desain, dan implementasi dalam bidang pendidikan. Aplikasi pendukung yang digunakan dalam proses belajar mengajar menggunakan Flash, Unity dan Blender.