DU-86104-20221-8610402111-1 Manajemen Diklat Lanjutan
Mata kuliah ini membahas tentang Ruang lingkup diklat, Pendekatan andragogi, Prinsip Pelatihan, Metode pelatihan, Analisis Kebutuhan Pelatihan, Perencanaan, Pelaksanaan dan evaluasi
DU-86104-20211-8610402111-1 Manajemen Diklat Lanjutan
Mata kuliah ini membahas tentang Ruang lingkup diklat, Pendekatan andragogi, Prinsip Pelatihan, Metode pelatihan, Analisis Kebutuhan Pelatihan, Perencanaan, Pelaksanaan dan evaluasi
DU-86104-20201-8610402021-1 Keterampilan Audit dan Penjaminan Mutu, Akreditasi,
Kajian tentang pengetahuan terkait mutu, standar mutu dalam pendidikan, sistem penjaminan mutu internal (SPMI) menurut Kemristek dikti dan Kemdikbud, dan diskusi tentang akreditasi Sekolah/Prodi. Analisis perbedaan mutu menurut ISO 9001:2008 dan ISO 9001:2015. Peran dan fungsi Manajer dalam merancang, mengimplementasikan, dan menilai akreditasi Sekolah/Madrasah dan perguruan tinggi, serta memiliki keterampilan mengaudit akademik dan non akademik. Pengkajian dilakukan lewat pemaparan konsep, penyajian contoh operasional tiap-tiap bahan kajian. Kegiatan pengkajian diakhiri dengan latihan membuat instrumen audit dan mengaudit prodi di pasca dan sekolah, kemudian dilakukan pembuatan laporan audit
DU-86104-20201-8610402020-1 Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi Pendidikan
Matakuliah kepemimpinan pendidikan bersifat wajib tempuh bagi mahasiswa program studi manajemen pendidikan. Matakuliah ini membahas berbagai konsep, teori, fungsi, tipologi, gaya dan model pendekatan kepemimpinan pada umumnya; selanjutnya pembahasan dikaitkan dengan bidang pendidikan dan lembaga pendidikan di Indonesia, termasuk karakteristik dan kemampuan yang diperlukan bagi pemimpin-pemimpin lembaga pendidikan di Indonesia Kegiatan pembelajaran meliputi pemberian informasi, diskusi, pemberian tugas, presentasi, dan praktek (simulasi) kepemimpinan. Evaluasi hasil belajar dilakukan melalui tes tertulis, tugas, presentasi dan perfomansi dalam simulasi.
DU-86104-20192-8610402101-1 Manajemen Pemasaran Pendidikan
matakuliah ini mempelajari tentang manajemen pemasaran pendidikan dengan pendekatan konsep 7 P yakni Products, price, promotions, place, people, proces dan physical evidence serta aplikasinya dalam pengelolaan dan pengembangan lembaga pendidikan