DU-84002-20212-8400202051-1 Pengetahuan dan Praksis Pendidikan Guru dan Calon Guru (Knowledge and Praxis of in-service and pre-service Teachers)
Pengkajian pengetahuan dan praksis pendidikan guru dan calon guru yang meliputi konsep pengetahuan guru, pedagogical content knowledge, technological content knowledge, kompetensi literasi matematika, keyakinan, pedagogi dan didaktis pengetahuan guru dan calon guru, perancangan pembelajaran dan evaluasi di tingkat sekolah dan perguruan tinggi, dan pengembangan profesionalisme guru yang tingkat sekolah dan perguruan tinggi. Perkuliahan diawali dengan paparan konsep dan prinsip, penugasan dan diskusi dengan mahasiswa, serta presentasi dengan pemanfaatan TIKdengan sistem penilaian meliputi penugasan (30%), partisipasi (20%), penilaian tengah semester (20%) dan penilaian akhir semester (30%).
DU-84002-20212-8400202050-1 Pembelajaran Digital Matematika (Mathematics Digital Learning)
Pengkajian konsep dan aplikasi pembelajaran digital matematika, serta sumber digital dalam Pendidikan Matematika, pemanfaatan teknologi, aspek kognitif, didaktis, dan epistemologis integrasi teknologi dalam pendidikan matematika, pengetahuan teknologi dan riset tentang TIK di bidang Pendidikan yang mutakhir, interelasi teknologi dan matematika, pembelajaran dan evaluasi berbasis teknologi, dan pengembangan profesionalisme pendidik berbasis teknologi. Perkuliahan diawali dengan paparan perkembangan terkini teknologi informasi dan komunikasi dalam dunia pendidikan khususnya Pendidikan Matematika, diskusi dan telaah literature primer mutakhir untuk mencari state of the art teknologi informasi dan komunikasi di Pendidikan Matematika, implementasi/ riset dalam scope kecil yang mengimplementasikan TIK dalam Pendidikan Matematika. Sistem penilaian meliputi penugasan (30%), partisipasi berupa keaktivan dalam forum diskusi (20%), penilaian tengah semester (20%) dan Proyek akhir perkuliahan (30%).
DU-84002-20212-8400202047-1 Matematika Realistik dan Etnomathematics (Realistic Mathematics and Ethnomathematics)
Pengkajian konsep matematika realistik dan etnomatematika yang meliputi konsep budaya dan konteks pendidikan Matematika di Indonesia, konsep matematika realistik, karakteristik dan prinsip matematika realistik, aplikasi konsep matematika realistik, konsep etnomatematika, integrasi budaya dan matematika, pemanfaatan budaya atau tradisi di Indonesia yang bernilai etnomatematika, dan penelitian rancangan (design research) tentang matematika realistick dan multikultur. Perkuliahan diawali dengan paparan konsep dan prinsip, penugasan dan diskusi dengan mahasiswa, serta presentasi dengan pemanfaatan TIKdengan sistem penilaian meliputi penugasan (30%), partisipasi (20%), penilaian tengah semester (20%) dan penilaian akhir semester (30%).
DU-84002-20212-8400202052-1 Pengajaran Matematika sekolah dan Pendidikan Tinggi (Teaching the School and Higher Education Mathematics)
Pengkajian pengajaran bidang matematika seperti aljabar, geometri, kalkulus, statistika, atau matematika untuk perguruan tinggi, perancangan pembelajaran yang efektif, pemahaman karakteristik siswa/mahasiswa, sistem evaluasi pembelajaran, pemanfaatan teori belajar, dan pemanfaatan teknologi. Perkuliahan diawali dengan paparan konsep dan prinsip, penugasan dan diskusi dengan mahasiswa, serta presentasi dengan pemanfaatan TIKdengan sistem penilaian meliputi penugasan (30%), partisipasi (20%), penilaian tengah semester (20%) dan penilaian akhir semester (30%).
DU-84002-20211-8400202059-1 Teori Kognisi dan Perbedaan Individu (Cognition Theory and Individual Diversity)
Pengkajian teori kognisi dan perbedaan individu dalam pendidikan matematika mencakup pembentukan konsep menurut teori Piaget, abstraksi, teori pemrosesan informasi, teori APOS, teori Prosep, embodied cognition, semiotic, metakognisi, serta aspek-aspek lain yang berkaitan dengan tema atau fokus penelitian mahasiswa. Perkuliahan diawali dengan paparan konsep dan prinsip, penugasan dan diskusi dengan mahasiswa, serta presentasi dengan pemanfaatan TIKdengan sistem penilaian meliputi penugasan (30%), partisipasi (20%), penilaian tengah semester (20%) dan penilaian akhir semester (30%).
DU-84002-20211-8400202041-1 Psikologi Kognitif Pendidikan Matematika (Cognitive Psychology in Mathematics Education)
Pengkajian konsep-konsep Psikologi Kognitif yang mendukung aspek-aspek pendidikan matematika mencakup neurosains kognitif, atensi dan kesadaran, persepsi, model dan proses memori, representasi, organisasai dan manipulasi pengetahuan, Bahasa, kognisi dan metakognisi, serta Intelegensi manusia dan kecerdasan buatan. Perkuliahan diawali dengan paparan konsep dan prinsip, penugasan dan diskusi dengan mahasiswa, serta presentasi dengan pemanfaatan TIKdengan sistem penilaian meliputi penugasan (30%), partisipasi (20%), penilaian tengah semester (20%) dan penilaian akhir semester (30%).
DU-84002-20211-8400202053-1 Praktik Riset Pendidikan Matematika (Research Practice in Mathematics Education)
Salah satu bagian penting seorang intelektual adalah mengembangkan pengetahuan melalui riset. Mata kuliah ini menargetkan pengembangan keterampilan riset mahasiswa dengan maksud spesifik berikut: (1) memberikan pengalaman riset melalui analisis data penelitian pendidikan matematika yang sudah atau sedang berlangsung dan interpretasi hasilnya sebelum memprogram disertasi; (2) melibatkan mahasiswa dalam melakukan riset awal disertasi; (3) meningkatkan keterampilan riset mahasiswa; dan (4) mengembangkan keterampilan dalam menulis untuk publikasi.
DU-84002-20211-8400202046-1 Analisis Riset Pendidikan Matematika (Analysis of Mathematical Education Research)
Pengkajian penelitian pendidikan matematika yang mencakup kecenderungan tema penelitian pendidikan matematika, analisis artikel, kontruksi ide penelitian, dan penulisan karya akademik untuk mengembangkan kerangka teoritik dan konseptual suatu tema/fokus penelitian pendidikan matematika sesuai rencana penelitian yang dipilih mahasiswa. Perkuliahan diawali dengan paparan konsep dan prinsip, penugasan dan diskusi dengan mahasiswa, serta presentasi dengan pemanfaatan TIKdengan sistem penilaian meliputi penugasan (30%), partisipasi (20%), penilaian analisis artikel (20%) dan penilaian akhir artikel kerangka teoritik(30%).
DU-84002-20211-8400203040-1 Metodologi Penelitian Kualititatif Pendidikan Matematika (Methodology of Qualitative Research in Mathematics Education)
Pengkajian konsep penelitian kualitatif, yang meliputi hakikat penelitian kualitatif, paradigma penelitian kualitatif terdiri dari kualitatif pragmatis, teori grounded, etnografik, fenomenologi, kasus tunggal dan multi kasus, pendekatan historis, dan interaksi simbolik, rancangan penelitian kualitatif, berbagai teknik pemilihan partisipan dan pengumpulan data yang integratif dan rekursivitif, berbagai metode analisis data terdiri dari pengkodean, metode perbandingan tetap, analisis pola tematik, model interaktif, multikasus, abstraksi rekursif, dan analisis berbantuan komputer atau software, berbagai pandangan kualitas penelitian kualitatif, dan berbagai metode pemeriksaan keabsahan data, dan penelitian perancangan. Perkuliahan diawali dengan paparan konsep dan prinsip, penugasan dan diskusi dengan mahasiswa, serta presentasi dengan pemanfaatan TIK dengan sistem penilaian meliputi penugasan (30%), partisipasi (20%), penilaian tengah semester (20%) dan penilaian akhir semester (30%).
DU-84002-20202-8400202042-1 Berpikir Matematis (Mathematical Thinking)
Pengkajian berpikir matematis dalam memecahkan masalah matematika mencakup proses pemecahan masalah, pemahaman, berbagai jenis penalaran, pemecahan dan pengajuan masalah, berpikir kritis, berpikir kreatif, dan pembuktian matematis. Perkuliahan diawali dengan paparan konsep dan prinsip, penugasan dan diskusi dengan mahasiswa, serta presentasi dengan pemanfaatan TIK dengan sistem penilaian meliputi penugasan (30%), partisipasi (20%), penilaian tengah semester (20%) dan penilaian akhir semester (30%).
DU-84002-20201-8400203040-1 Metodologi Penelitian Kualititatif Pendidikan Matematika (Methodology of Qualitative Research in Mathematics Education)
Pengkajian konsep penelitian kualitatif, yang meliputi hakikat penelitian kualitatif, paradigma penelitian kualitatif terdiri dari kualitatif pragmatis, teori grounded, etnografik, fenomenologi, kasus tunggal dan multi kasus, pendekatan historis, dan interaksi simbolik, rancangan penelitian kualitatif, berbagai teknik pemilihan partisipan dan pengumpulan data yang integratif dan rekursivitif, berbagai metode analisis data terdiri dari pengkodean, metode perbandingan tetap, analisis pola tematik, model interaktif, multikasus, abstraksi rekursif, dan analisis berbantuan komputer atau software, berbagai pandangan kualitas penelitian kualitatif, dan berbagai metode pemeriksaan keabsahan data, dan penelitian perancangan. Perkuliahan diawali dengan paparan konsep dan prinsip, penugasan dan diskusi dengan mahasiswa, serta presentasi dengan pemanfaatan TIK dengan sistem penilaian meliputi penugasan (30%), partisipasi (20%), penilaian tengah semester (20%) dan penilaian akhir semester (30%).
DU-84002-20201-8400202059-1 Teori Kognisi dan Perbedaan Individu (Cognition Theory and Individual Diversity)
Pengkajian teori kognisi dan perbedaan individu dalam pendidikan matematika mencakup pembentukan konsep menurut teori Piaget, abstraksi, teori pemrosesan informasi, teori APOS, teori Prosep, embodied cognition, semiotic, metakognisi, serta aspek-aspek lain yang berkaitan dengan tema atau fokus penelitian mahasiswa. Perkuliahan diawali dengan paparan konsep dan prinsip, penugasan dan diskusi dengan mahasiswa, serta presentasi dengan pemanfaatan TIKdengan sistem penilaian meliputi penugasan (30%), partisipasi (20%), penilaian tengah semester (20%) dan penilaian akhir semester (30%).
DU-84002-20201-8400202046-1 Analisis Riset Pendidikan Matematika (Analysis of Mathematical Education Research)
Pengkajian penelitian pendidikan matematika yang mencakup kecenderungan tema penelitian pendidikan matematika, analisis artikel, kontruksi ide penelitian, dan penulisan karya akademik untuk mengembangkan kerangka teoritik dan konseptual suatu tema/fokus penelitian pendidikan matematika sesuai rencana penelitian yang dipilih mahasiswa. Perkuliahan diawali dengan paparan konsep dan prinsip, penugasan dan diskusi dengan mahasiswa, serta presentasi dengan pemanfaatan TIKdengan sistem penilaian meliputi penugasan (30%), partisipasi (20%), penilaian analisis artikel (20%) dan penilaian akhir artikel kerangka teoritik(30%).
DU-84002-20201-8400202038-1 Filsafat Pendidikan Matematika (Philosophy of Mathematics Education)
Kajian berbagai aspek yang terkait dengan ontologi, epistimologi, aksiologi, dan estetika Matematika dan Pendidikaan matematika yang meliputi konsepfilsafatilmu, kedudukan filosofi matematika, pendidikan, dan pendidikan matematika, pemikiran filosofi matematika menurut pandangan realisme (platonisme, Arstitelesion), logisisme, formalisme, intuisionisme, konstruktivisme, finitisme, strukturalisme, teori-teori embodied, dan fiksionalisme, pemikiran filosofi pendidikan menurut pandangan realisme, skolastisisme, pragmatisme, analisisme, eksistensialisme, teori kritis, perenialisme, esesnsialisme, rekonstruksionisme sosial, demokratisme, dan progresivisme, pemikiran filosofi pendidikan matematika dalam hal status pendidikan matematika dan bidang ilmu lain, pengajaran matematika, belajar matematika, berbagai tujuan pendidikan menurut pandangan otoriter, pragmatis industri, humanisme, pendidik progresif, dan pendidik umum, teori belajar menurut pandangan behaviorisme, kognitivisme, konstruktivisme, dan enaktivisme, serta estetika matematika. Perkuliahan diawali dengan paparan konsep dan prinsip, penugasan dan diskusi dengan mahasiswa, serta presentasi dengan pemanfaatan TIK dengan sistem penilaian meliputi penugasan (30%), partisipasi (20%), penilaian tengah semester (20%) dan penilaian akhir semester (30%).