S2 Pendidikan Geografi
Inovasi Pendidikan dan Pebelajaran
198012062005011002 SUKMA PERDANA PRASETYA

DU-87102-20201-8710220001-2 Inovasi Pendidikan dan Pebelajaran

Landasan media pembelajaran: landasan psikologis, filosofi, empirik, dan teknologis; model dan prosedur pemilihan media pembelajaran: ASSURE model, ADDIE model, 4D model; model Pembelajaran pemerolehan konsep (Concept Attainment Model of Teaching); model Pembelajaran Langsung (Dirrect Instruction); model pembelajaran berbasis masalah; model pembelajaran kooperatif; menganalisis media pembelajaran berbasis spasial sebagai media pembelajaran Geografi (Citra penginderaan Jauh, Peta Tematik, Atlas, Globe); berbagai model evaluasi yang inovatif

Sains Informasi Geografi untuk Pewilayahan
197404252006041001 Eko Budiyanto, S.Pd., M.Si.

DU-87102-20201-8710220001-1 Sains Informasi Geografi untuk Pewilayahan

Membahas konsep sains informasi geografis, konsep wilayah dan pewilayahan, pengembangan sistem informasi wilayah, statistik spasial dan analisis wilayah, pengembangan model spasial, serta penyusunan zonasi dan arahan pengembangan wilayah dengan berbasis ilmu dan keterampilan sains informasi geografis.

SAINS INFORMASI GEOGRAFI UNTUK PEMBELAJARAN
197404252006041001 Eko Budiyanto, S.Pd., M.Si.

DU-87102-20202-8710202018-1 SAINS INFORMASI GEOGRAFI UNTUK PEMBELAJARAN

Membahas konsep terapan sains informasi geografis, pemanfaatan ilmu dan teknologi sains informasi geografis dalam pemahaman konsep spasial, aplikasi sains informasi geografis sebagai media pembelajaran geografi, produksi media pembelajaran dengan berbasis sains informasi geografis

Geografi Manusia Lanjut
196711021998022001 SRI MURTINI

DU-87102-20201-8710200013-1 Geografi Manusia Lanjut

Mengkaji materi yang terkait dengan konsep dan pengertian bonus demografi; urbanisasi, wilayah urban, wilayah peri urban; masyarakat pesisir; adaptasi dan mitigasi; kearifan lokal; ketahanan pangan; dinamika sosial budaya; maupun metodologinya. Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah kontekstual maupun problem based learning yang dikerjakan secara individu maupun kelompok.

PEMBANGUNAN WILAYAH BERBASIS EKOLOGI, SUMBERDAYA, DAN BENCANA
197012162005012001 Dr. Muzayanah, S.T., M.T.

DU-87102-20192-8710203004-1 PEMBANGUNAN WILAYAH BERBASIS EKOLOGI, SUMBERDAYA, DAN BENCANA

Membahas ekologi geografi; pembangunan wilayah yang berimbang; potensi sumberdaya energi, sumberdaya tambang, sumberdaya air, sumberdaya lahan, sumberdaya kehutanan, dan sumberdaya pertanian; ambang batas eksploitasi sumberdaya alam; pembangunan dan perubahan iklim; valuasi ekonomi lingkungan. Membahas analisis fase siklus bencana; analisis risiko kebencanaan; mitigasi dan adaptasi. Teknik analisis spasial terintegrasi neraca sumberdaya, lingkungan, dan bencana.

Inovasi Pendidikan dan Pebelajaran

DU-87102-20191-8710220001-1 Inovasi Pendidikan dan Pebelajaran

Membahas suatu ide,barang, metode yang dirasakan atau diamati sebagai hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang/masyarakat baik berupa hasil invensi atau diskoveri yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran atau untuk memecahkan masalah 13masalah dalam pendidikan dan pembelajaran.

PEMBANGUNAN WILAYAH BERBASIS EKOLOGI, SUMBERDAYA, DAN BENCANA
197012162005012001 Dr. Muzayanah, S.T., M.T.

DU-87102-20172-8710203004-2 PEMBANGUNAN WILAYAH BERBASIS EKOLOGI, SUMBERDAYA, DAN BENCANA

Membahas ekologi geografi; pembangunan wilayah yang berimbang; potensi sumberdaya energi, sumberdaya tambang, sumberdaya air, sumberdaya lahan, sumberdaya kehutanan, dan sumberdaya pertanian; ambang batas eksploitasi sumberdaya alam; pembangunan dan perubahan iklim; valuasi ekonomi lingkungan. Membahas analisis fase siklus bencana; analisis risiko kebencanaan; mitigasi dan adaptasi. Teknik analisis spasial terintegrasi neraca sumberdaya, lingkungan, dan bencana.