
DU-84207-20212-8420703012-1 Teori Ilmu Geografi
Matakuliah ini memberikan pemahaman tentang teori-teori yang menjelaskan mengenai dinamika litosfer, kependudukan, peta dan foto udara, interaksi kewilayahan, dan pengembangan wilayah. Perkuliahan dilaksanakan dengan ceramah, diskusi, dan penugasan.

DU-84207-20212-8420703031-1 Kajian Ketimpangan Spasial lingkup lokal, nasional, regeonal, dan Mondial
Mata kuliah ini adalah mata kuliah yang terkait dengan ketimpangan wilayah, baik perkotaan dan pedesaan, jawa dan luar jawa, maupun kawasan-kawasan yang memiliki dimensi komprehensif mencakup segala aspek dalam wilayah seperti fisik,sosial, ekonomi, lingkungan dan budaya. Mata kuliah ini tidak hanyamenyajikan analisis wilayah yang bersifat kualitatif namun juga terdapatanalisa wilayah yang bersifat kuantitatif. Untuk mendukung teknik analisawilayah dan perencanaan yang tepat dalam suatu wilayah hingga tujuan pembangunan dapat tercapai

DU-84207-20201-8420703033-1 Kajian Masalah Ekonomi Lingkup Mikro dan Makro
Mtakuliah ini Menjelaskan hukum, faktor penentu, bentuk kurva permintaan dan penawaran,tercapainya keseimbangan kuantitas dan harga, tercapainya ketidakseimbangan kuantitas dan harga, penggunaan persamaan aljabar. Definisi, faktor penentu, rumus, jenis, dan perhitungan elastisitas. Perubahan permintaan karena harga dan pendapatan, barang normal, inferior, substitusi, dan komplemen. Efek substitusi dan pendapatan, surplus konsumen dan produsen, permintaan individu dan pasar, eskternalitas jaringan, estimasi permintaan.

DU-84207-20211-8420702003-1 Dasar-dasar Sosiologi
Mata kuliah ini memfokuskan pada dua hal, yatu: Pertama, membentuk skemata mahasiswa tentang konsep-konsep dasar sosiologi. Pembentukan skemata dimulai dengan melakukan overview terhadap sejarah perkembangan sosiologi, objek kajian, tokoh pendiri dan pemikirannya, perspektif teori, paradigma, metode penelitian, dan konsep-konsep dasar sosiologi seperti: individu dan masyarakat, interaksi sosial, nilai dan norma sosial, sosialisasi dan pembentukan kepribadian, penyimpangan sosial, pengendalian sosial, struktur sosial, stratifikasi sosial, deferensiasi sosial, mobilitas sosial, lembaga-lembaga sosial, konflik dan integrasi sosial, perubahan sosial. Kedua, memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa menerapkan konsep-konsep dasar sosiologi yang dituangkan dalam makalah serta mempresentasikan dengan menggunakan media power point. Mata kuliah ini menggunakan pendekatan ekspositori dan eksplanatori.

DU-84207-20211-8420702004-1 Dasar-dasar Sejarah

DU-84207-20211-8420703031-1 Kajian Ketimpangan Spasial lingkup lokal, nasional, regeonal, dan Mondial
Mata kuliah ini adalah mata kuliah yang terkait dengan ketimpangan wilayah, baik perkotaan dan pedesaan, jawa dan luar jawa, maupun kawasan-kawasan yang memiliki dimensi komprehensif mencakup segala aspek dalam wilayah seperti fisik,sosial, ekonomi, lingkungan dan budaya. Mata kuliah ini tidak hanyamenyajikan analisis wilayah yang bersifat kualitatif namun juga terdapatanalisa wilayah yang bersifat kuantitatif. Untuk mendukung teknik analisawilayah dan perencanaan yang tepat dalam suatu wilayah hingga tujuan pembangunan dapat tercapai

DU-84207-20201-8420703014-1 Teori Ilmu Ekonomi
Matakuliah ini berisi tentang keunggulan dan keterbatasan antarruang serta peran pelaku ekonomi dalam suatu perekonomian; perdagangan antardaerah atau antarpulau; model penguatan ekonomi maritim dan agrikultur di Indonesia; redistribusi pendapatan nasional; perdagangan internasional; ekonomi kreatif berdasarkan potensi wilayah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat; pengembangan pusat-pusat keunggulan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat; serta pasar bebas. Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem diskusi, tugas proyek dan refleksi.

DU-84207-20201-8420702021-1 Pengembangan Kepribadian
Matakuliah ini membahas tentang konsep dasar kepribadiandan pengembangan kepribadian seorang guru yang meliputi konsep dasarkependidikan, konsep dasar kepribadian, kemampuan untuk mengenal diri melaluikarakter, konsep diri, bakat, intelegensi, sikap dan perilaku, kemampuanmengembangkan guru professional melalui kompetensi guru, etika guru, manajemenkelas, dan keahlian memecahkan masalah olehguru yang efektif. Perkuliahan dilaksanakan dengan sistemdiskusi, studi kasus, dan presentasi

DU-84207-20201-8420702001-1 Dasar-dasar Geografi
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah dasar bagi mahasiswa pendidikan IPS agar mampu memahami posisi ilmu geografi dalam pendidikan IPS. Mata kuliah ini mengkaji tentang filsafat ilmu geografi, perkembangan ilmu, hakekat, pendekatan dan prinsip-prinsip keilmuan geografi. Ruang lingkup geografi seperti atmosfer, litosfer, biosfer, antroposfer dan hidrosfer juga dikaji dalam perkuliahan ini. Pada akhirnya mahasiswa diharapkan mampu memiliki pengetahuan dasar terkait dengan struktur ilmu geografi dan menjadi dasar pemahaman mahasiswa dalam pembelajaran IPS.

DU-84207-20192-8420702028-1 Komunikasi Pedagogik
Mata kuliah ini mempelajari tentang aspek komunikasi dalam konteks pembelajaran. Kajian tentang peran guru, penggunaan simbol verbal dan nonverbal serta media yang digunakan untuk mencapai transfer pengetahuan yang efektif, terutama dalam lingkup ruang kelas. Melalui diskusi dan penugasan mahasiswa dapat melakukan analisis dan sintesis terhadap pelaksanaan komunikasi pembelajaran yang efektif.

DU-84207-20192-8420703013-1 Bahasa Inggris
Matakuliah ini membekali mahasiswa pada keterampilan dan komponen bahasa pada level dasar (pre-intermediate). Matakuliah ini juga memperkenalkan tes terstandarisasi yang memuat latihan keterampilan membaca (reading skills), menyimak (listening comprehension) dan tata bahasa dan kosakata (structure and vocabulary) yang diarahkan untuk persiapan test bahasa inggris standar Internasional. Semua kegiatan perkuliahan akan disajikan dengan cara ceramah dan diskusi.

DU-84207-20191-8420703033-1 Kajian Masalah Ekonomi Lingkup Mikro dan Makro
Mtakuliah ini Menjelaskan hukum, faktor penentu, bentuk kurva permintaan dan penawaran,tercapainya keseimbangan kuantitas dan harga, tercapainya ketidakseimbangan kuantitas dan harga, penggunaan persamaan aljabar. Definisi, faktor penentu, rumus, jenis, dan perhitungan elastisitas. Perubahan permintaan karena harga dan pendapatan, barang normal, inferior, substitusi, dan komplemen. Efek substitusi dan pendapatan, surplus konsumen dan produsen, permintaan individu dan pasar, eskternalitas jaringan, estimasi permintaan.

DU-84207-20191-8420703014-1 Teori Ilmu Ekonomi
Matakuliah ini berisi tentang keunggulan dan keterbatasan antarruang serta peran pelaku ekonomi dalam suatu perekonomian; perdagangan antardaerah atau antarpulau; model penguatan ekonomi maritim dan agrikultur di Indonesia; redistribusi pendapatan nasional; perdagangan internasional; ekonomi kreatif berdasarkan potensi wilayah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat; pengembangan pusat-pusat keunggulan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat; serta pasar bebas. Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem diskusi, tugas proyek dan refleksi.

DU-84207-20191-8420703019-1 Asesemen Proses dan Hasil Belajar
Melakukan pengkajian dan memberikan pemahaman tentang peranan penilaian dalam proses pendidikan dan pembelajaran yang menyesuaikan dengan kurikulum yang berlaku di sekolah. Konsep dasar asesmen autentik, alternatif dan penilaian berbasis kelas termasuk workshop pengembangan instrumen penilaian. Pelaksanaan penilaian, pengolaan data hasil penilaian serta teknik dan macam-macam bentuk penilaian autentik. Pembelajaran dilakukan dengan menerapkan pendekatan konstruktivistik. Kegiatan pembelajaran diakhiri dengan latihan membuat rubrik penilaian tertentu oleh setiap mahasiswa dalam kegiatan diskusi kelompok dan refleksi

DU-84207-20191-8420703030-1 Pembelajaran Inovatif II
1. Memanfaatkan sumber belajar dan TIK untuk mendukung perancangan dan pelaksanaan pembelajaran inovatif meliputi: Model Pembelajaran kooperatif ( cooperative learning ) , pembelajaranberorientasi pendekatan saintifik seperti: pembelajaran berdasarkan masalah ( problem based learning ), pembelajaran inkuiri-diskoveri dan pembelajaran kontekstual serta pembelajaran berbasis proyekuntuk mencapai kompetensi siswa
2. Memiliki pengetahuan tentang karakteristik model-model pembelajaran: kooperatif ( cooperative learning ) , pembelajaranberorientasi pendekatan saintifik seperti: pembelajaran berdasarkan masalah ( problem based learning ), pembelajaran inkuiri-diskoveri dan pembelajaran kontekstual serta pembelajaran berbasis proyek, yang termasuk dalam kelompok Pembelajaran Inovatif II
3. Membuat keputusan dalam merancang pembelajaran inovatif meliputi: pembelajaran: kooperatif ( cooperative learning ) , pembelajaranberorientasi pendekatan saintifik seperti: pembelajaran berdasarkan masalah ( problem based learning ), pembelajaran inkuiri-diskoveri dan pembelajaran kontekstual serta pembelajaran berbasis proyekyang relevan dengan kompetensi, karakteristik materi pelajaran, dan karaktristik siswa.
4. Memiliki sikap bertanggung jawab dengan menerapkan pembelajaranpembelajaran: kooperatif ( cooperative learning ) , pembelajaranberorientasi pendekatan saintifik seperti: pembelajaran berdasarkan masalah ( problem based learning ), pembelajaran inkuiri-diskoveri dan pembelajaran kontekstual serta pembelajaran berbasis proyekyang telah dirancangnya di dalam forum peer teaching

DU-84207-20191-8420702056-1 Geografi Kesejarahan Indonesia
Mata kuliah ini memberikan kerangka pemahaman dasar bagi mahasiswa tentang konsep ruang dan waktu selalu dibutuhkan manusia dalam kehidupan sehari-hari, dimana pada berbagai aktivitasnya, manusia selalu melakukan pengororganisasian ruang dan waktu. Dengan demikian mahasiswa dapat memahami faktor-faktor geografis dan mampu menjelaskan aspekaspek sejarah Indonesia secara lebih komprehensif

DU-84207-20181-8420702020-1 Media Pembelajaran
- Matakuliah ini mengaji tentang pengertian, jenis/klasifikasi, fungsi, dasar-dasar pengembangan media, serta dapat memilih, merancang, dan memproduksi media pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sekitar (kontekstual) dan TIK. Epistimologi pembelajaran yang dikembangkan untuk capaian pembelajaran matakuliah maupun kompetensi adalah pendekatan ekspositori, eksplanatori, dan eksploratori.

DU-84207-20181-8420703014-1 Teori Ilmu Ekonomi
Matakuliah ini berisi tentang keunggulan dan keterbatasan antarruang serta peran pelaku ekonomi dalam suatu perekonomian; perdagangan antardaerah atau antarpulau; model penguatan ekonomi maritim dan agrikultur di Indonesia; redistribusi pendapatan nasional; perdagangan internasional; ekonomi kreatif berdasarkan potensi wilayah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat; pengembangan pusat-pusat keunggulan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat; serta pasar bebas. Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem diskusi, tugas proyek dan refleksi.

DU-84207-20172-8420703013-1 Bahasa Inggris
Matakuliah ini membekali mahasiswa pada keterampilan dan komponen bahasa pada level dasar (pre-intermediate). Matakuliah ini juga memperkenalkan tes terstandarisasi yang memuat latihan keterampilan membaca (reading skills), menyimak (listening comprehension) dan tata bahasa dan kosakata (structure and vocabulary) yang diarahkan untuk persiapan test bahasa inggris standar Internasional. Semua kegiatan perkuliahan akan disajikan dengan cara ceramah dan diskusi.

DU-84207-20172-8420703011-1 Teori Politik
Mata kuliah Teori Politik ini diberikan kepada mahasiswa dengan tujuan agar mahasiswa memiliki pemahaman mengenai teori-teori yang penting dan mendasar dalam Ilmu Politik, baik teori-teori yang sudah berkembang pada masa klasik atau Yunani Kuno sampai dengan masa sekarang atau kontemporer. Melalui kuliah ini, diharapkan mahasiswa akan mengetahui bahwa teoriteori politik yang dikenal dan populer pada saat ini memiliki akar yang panjang dalam sejarah. Di samping itu, melalui kuliah ini mahasiswa diharapkan juga akan mengetahui bahwa masalah-masalah politik dan pemerintahan yang krusial pada saat ini, sudah menjadi perhatian dan kajian sejak lama. Tentang teori dan peran negara misalnya, yang sampai saat ini masih menjadi diskursus, jauh di masa Yunani Kuno sudah menjadi kajian, yang masa itu kemudian memunculkan teori tentang kontrak sosial. Demikian juga dengan teori-teori yang lain, misalnya tentang kekuasaan, demokrasi, dan sebagainya. Meskipun mata kuliah ini berjudul Teori Politik", tetapi kegiatan belajarmengajar dirancang dengan semangat mengasah kecakapan mahasiswa untuk menggunakan teori tersebut untuk menganalisis fenomena dan realitas-realitas politik yang ada. Oleh karena itu, mata kuliah ini di samping menfokuskan deskripsi dan substansi suatu teori, juga mengajak mahasiswa menggunakan teori tersebut sebagai lensa atau kerangka untuk menganalisis realitas politik. Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem analisis kasus, presentasi dan diskusi.