DU-86122-20222-8612202139-2 Teori Belajar
Kajian tentang prinsip-prinsip dan cara siswa belajar menurut teori belajar perilaku, teori belajar sosial, teori belajar kognitif, pendekatan konstruktivis, serta pemotivasian siswa untuk belajar; dan pengaplikasiannya dalam pembelajarannya melalui analisis contoh-contoh kasus di kelas. Pembelajaran dilaksanakan melalui kegiatan ceramah, diskusi, presentasi, dan pemodelan.
DU-86122-20222-8612203084-2 Pembelajaran Terpadu
DU-86122-20222-8612203618-1 Metodologi Penelitian Pendidikan Dasar
Mata kuliah ini membahas pendekatan penelitian kuantitatif, kualitatif, dan mix-method dengan berbagai karakteristiknya, jenis-jenis penelitian, desain penelitian, masalah, hipotesis, variabel dan definisi, pengukuran, penelitian pengembangan, penelitian tindakan kelas, studi evaluasi, serta analisis penelitian. Kegiatan perkuliahan diarahkan untuk menghasilkan proposal dan instrumen penelitian
DU-86122-20222-8612202119-1 Perkembangan Anak
DU-86122-20222-8612202145-1 Wawasan Pendidikan Dasar
DU-86122-20222-8612203084-1 Pembelajaran Terpadu
DU-86122-20222-8612202139-1 Teori Belajar
Kajian tentang prinsip-prinsip dan cara siswa belajar menurut teori belajar perilaku, teori belajar sosial, teori belajar kognitif, pendekatan konstruktivis, serta pemotivasian siswa untuk belajar; dan pengaplikasiannya dalam pembelajarannya melalui analisis contoh-contoh kasus di kelas. Pembelajaran dilaksanakan melalui kegiatan ceramah, diskusi, presentasi, dan pemodelan.
DU-86122-20221-8612203051-1 Konsep Dasar Matematika Sd
Kajian yang membahas konsep dasar matematika tentang Hakekat Matematika dan Matematika Sekolah, Pemecahan Masalah, Bilangan Bulat, Bilangan Pecahan, Aljabar dan Aritmetika Sosial, Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel, Pola Bilangan, Skala dan Perbandingan, Himpunan, Garis dan Sudut, Pengukuran dan Geometri (Bangun Datar dan Bangun), Fungsi dan Persamaan Garis Lurus, Sistem Persamaan Linear dua Variabel, Teorema Phytagoras, Fungsi Kuadrat, Lingkaran dan Garis Singgung Lingkaran, Statistika dan Peluang. Pengkajian dilakukan dengan melibatkan keaktifan mahasiswa melalui presentasi tugas dan diskusi mendalam pokok-pokok materi. Kegiatan pengkajian diakhiri dengan pembahasan dari kegiatan diskusi dan refleksi.
DU-86122-20221-8612203618-1 Metodologi Penelitian Pendidikan Dasar
Mata kuliah ini membahas pendekatan penelitian kuantitatif, kualitatif, dan mix-method dengan berbagai karakteristiknya, jenis-jenis penelitian, desain penelitian, masalah, hipotesis, variabel dan definisi, pengukuran, penelitian pengembangan, penelitian tindakan kelas, studi evaluasi, serta analisis penelitian. Kegiatan perkuliahan diarahkan untuk menghasilkan proposal dan instrumen penelitian
DU-86122-20221-8612202139-1 Teori Belajar
Kajian tentang prinsip-prinsip dan cara siswa belajar menurut teori belajar perilaku, teori belajar sosial, teori belajar kognitif, pendekatan konstruktivis, serta pemotivasian siswa untuk belajar; dan pengaplikasiannya dalam pembelajarannya melalui analisis contoh-contoh kasus di kelas. Pembelajaran dilaksanakan melalui kegiatan ceramah, diskusi, presentasi, dan pemodelan.
DU-86122-20221-8612203054-2 Konsep Dasar Pkn Sd
Mata kuliah ini mengkaji teori dan konsep dasar yang menunjang pembelajaran PKn, meliputi (1) Hakikat PKn, (Norma dan Moral, Hukum dan Perundang-undangan Pancasila Ideologi Negara, (2) Negara dan Warganegara, (3) Hak Asasi Manusia, Hak dan Kewajiban WNI, (4) sistem politik dan kekuasaan, (5) Sistem Konstitusional, (6) Sistem pemerintahan, (7) Sistem demokrasi.
DU-86122-20221-8612203054-1 Konsep Dasar Pkn Sd
Mata kuliah ini mengkaji teori dan konsep dasar yang menunjang pembelajaran PKn, meliputi (1) Hakikat PKn, (Norma dan Moral, Hukum dan Perundang-undangan Pancasila Ideologi Negara, (2) Negara dan Warganegara, (3) Hak Asasi Manusia, Hak dan Kewajiban WNI, (4) sistem politik dan kekuasaan, (5) Sistem Konstitusional, (6) Sistem pemerintahan, (7) Sistem demokrasi.
DU-86122-20221-8612202095-1 Pengembangan Bahasa
Pengkajian tentang; Konsep perkembangan bahasa, metode (cara-cara) untuk mengembangkan kemampuan menyimak, berkomunikasi lisan, memperkaya perbendaharaan kosa kata, dan menulis dengan simbol-simbol yang melambangkannya.
DU-86122-20221-8612202623-2 INTERNSHIP
DU-86122-20221-8612202623-1 INTERNSHIP
DU-86122-20221-8612202032-1 Kajian dan Pengembangan Kurikulum Sd
Mata kuliah ini mengkaji dan menganalisis konsep dasar, makna dan aspek-aspek pengembangan kurikulum, model-model pengembangan kurikulum, desain kurikulum, implementasi dan evaluasi kurikulum di Sekolah Dasar. Matakuliah ini diselenggarakan dengan pendekatan mahasiswa aktif dan partisipatif, melalui inquiry dan project base learning, dilanjutkan dengan presentasi dan diskusi tentang isue-isue mutakhir implementasi kurikulum di Sekolah Dasar.
DU-86122-20221-8612202619-1 Pengembangan Pembelajaran IPS dan PKN di SD
Mengkaji hakikat belajar dan pembelajaran IPS dan P.Kn di Sekolah Dasar (SD), menguasai materi pembelajaran dengan sangat baik, memahami Hakikat dan Strategi Pembelajaran, menguasai Pendekatan Pembelajaran,serta dapat menerapkan Model-Model Pembelajaran dengan Prosedur dan Sintaks Pembelajarannya, Lingkungan Belajar, Teori Belajar, serta Proses Pembelajaran yang sesuai dengan Potensi Sekolah dan Karakteristik Peserta Didik
DU-86122-20212-8612203046-1 Konsep Dasar Ipa Sd
Kajian tentang hakikat IPA, Konsep-konsep Dasar IPA untuk Sekolah Dasar, Miskonsepsi Konsep IPA dan cara mengenali serta memperbaikinya, Contoh-contoh sederhana Pembelajaran Konsep IPA di sekolah Dasar. Mata kuliah ini disajikanm dalam bentuk teori, presentasi, penugasan, dan diskusi.