DU-86207-20231-8620702192-1 Teori Belajar
Mata kuliah ini mengkaji dan menganalisis berbagai teori belajar dan pembelajaran dari berbagai pandangan para akhli pendidikan, mulai dari konsep belajar, jenis-jenis belajar, prinsip-prinsip belajar, dan sumber-sumber bejalar, yang dapat dijadikan acuan untuk melaksanakan pembelajaran. Pengembangan pemahaman dalam penerapan pendekatan, strategi, model dan metode pembelajaran, serta keterampilan mengajar untuk digunakan dalam menganalisis kasus-kasus pembelajaran di lapangan.
DU-86207-20231-8620702192-2 Teori Belajar
Mata kuliah ini mengkaji dan menganalisis berbagai teori belajar dan pembelajaran dari berbagai pandangan para akhli pendidikan, mulai dari konsep belajar, jenis-jenis belajar, prinsip-prinsip belajar, dan sumber-sumber bejalar, yang dapat dijadikan acuan untuk melaksanakan pembelajaran. Pengembangan pemahaman dalam penerapan pendekatan, strategi, model dan metode pembelajaran, serta keterampilan mengajar untuk digunakan dalam menganalisis kasus-kasus pembelajaran di lapangan.
DU-86207-20222-8620703128-1 Strategi Pembelajaran Paud
Mata kuliah ini mengkaji tentang strategi pembelajaran, metode pembelajaran dan keterampilan mengajar yang dibutuhkan dalam pembelajaran di PAUD dengan pembelajaran yang memanfaatkan IPTEKS dalam proses perkuliahan yakni pembelajaran dengan tatap muka dan vi-learning. Dalam proses pembelajaran mahasiswa diajarkan untuk mampu menyelesaikan masalah yang muncul dengan sikap tanggung jawab, kerjasama, mandiri, dan memiliki sikap jujur serta dalam praktik diajarkan untuk mampu beradaptasi dengan lingkungan lembaga PAUD. Strategi pembelajaran yang dilakukan adalah dengan diskusi, ceramah, inquiri, peer teaching , penugasan, CTL, dan saintifik.
DU-86207-20222-8620702083-1 Pendidikan Inklusi
Mata kuliah Pendidikan Inklusif ini memberikan pengetahuan dan pengalaman kepada mahasiswa melalui pengkajian dan pembahasan tentang: Konsep, Landasan, Prinsip-prinsip dalam pendidikan inklusi, Indeks Inklusi, Pembudayaan Inklusi di Indonesia, Perkembangan pendidikan inklusi di dunia, Karakteristik Belajar Peserta Didik Berkebutuhan Khusus, Identifikasi dan Asesmen, Planning Matrix, PPI, Adaptasi Kurikulum, serta Penilaian.
DU-86207-20222-8620702213-1 Pengembangan Bahasa Inggris AUD
DU-86207-20222-8620702214-1 Pengembangan Pembelajaran Seni Rupa AUD
Mata kuliah ini mengkaji teori, filosofi dan pengetahuan latar belakang merancang kegiatan seni kreatif untuk PAUD melalui kegiatan seni Rupa (visual art )yang menumbuhkan kratifitas anak-anak.
@font-face {font-family:"Cambria Math"; panose-1:2 4 5 3 5 4 6 3 2 4; mso-font-charset:0; mso-generic-font-family:roman; mso-font-pitch:variable; mso-font-signature:-536870145 1107305727 0 0 415 0;}@font-face {font-family:"Arial MT"; panose-1:2 11 6 4 2 2 2 2 2 4; mso-font-alt:Arial; mso-font-charset:1; mso-generic-font-family:swiss; mso-font-pitch:variable; mso-font-signature:0 0 0 0 0 0;}p.MsoNormal, li.MsoNormal, div.MsoNormal {mso-style-unhide:no; mso-style-qformat:yes; mso-style-parent:""; margin:0cm; mso-pagination:none; text-autospace:none; font-size:11.0pt; font-family:"Arial MT",sans-serif; mso-fareast-font-family:"Arial MT"; mso-bidi-font-family:"Arial MT"; mso-ansi-language:#0021;}p.MsoBodyText, li.MsoBodyText, div.MsoBodyText {mso-style-priority:1; mso-style-unhide:no; mso-style-qformat:yes; mso-style-link:"Body Text Char"; margin:0cm; mso-pagination:none; text-autospace:none; font-size:9.0pt; font-family:"Arial MT",sans-serif; mso-fareast-font-family:"Arial MT"; mso-bidi-font-family:"Arial MT"; mso-ansi-language:#0021;}span.BodyTextChar {mso-style-name:"Body Text Char"; mso-style-priority:1; mso-style-unhide:no; mso-style-locked:yes; mso-style-link:"Body Text"; mso-ansi-font-size:9.0pt; mso-bidi-font-size:9.0pt; font-family:"Arial MT",sans-serif; mso-ascii-font-family:"Arial MT"; mso-fareast-font-family:"Arial MT"; mso-hansi-font-family:"Arial MT"; mso-bidi-font-family:"Arial MT"; mso-ansi-language:#0021;}.MsoChpDefault {mso-style-type:export-only; mso-default-props:yes; font-size:11.0pt; mso-ansi-font-size:11.0pt; mso-bidi-font-size:11.0pt; font-family:"Calibri",sans-serif; mso-ascii-font-family:Calibri; mso-ascii-theme-font:minor-latin; mso-fareast-font-family:Calibri; mso-fareast-theme-font:minor-latin; mso-hansi-font-family:Calibri; mso-hansi-theme-font:minor-latin; mso-bidi-font-family:"Times New Roman"; mso-bidi-theme-font:minor-bidi; mso-ansi-language:EN-US;}.MsoPapDefault {mso-style-type:export-only; mso-pagination:none; text-autospace:none;}div.WordSection1 {page:WordSection1;}
DU-86207-20222-8620703097-1 Perencanaan Pembelajaran PAUD
Pengkajian tentang; Hakikat perencanaan pembelajaran, tujuan perencanaan, keterkaitan perencanaan dengan kurikulum, jenis-jenis perencanaan, KI, KD, tujuan pembelajaran, indikator, muatan materi serta tema.
DU-86207-20222-8620702203-2 Ketrampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro
Mata kuliah ini bertujuan melatih mahasiswa agar memiliki pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan tentang pengelolaan /pembelajaran dan melakukan asesmen untuk anak usia dini sesuai dengan kurikulum 2013 PAUD yang relevan dengan kompetensi pedagogis, kepribadian, sosial, dan professional.
DU-86207-20222-8620702203-1 Ketrampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro
Mata kuliah ini bertujuan melatih mahasiswa agar memiliki pengetahuan, pemahaman, dan keterampilan tentang pengelolaan /pembelajaran dan melakukan asesmen untuk anak usia dini sesuai dengan kurikulum 2013 PAUD yang relevan dengan kompetensi pedagogis, kepribadian, sosial, dan professional.
DU-86207-20222-8620702212-3 Strategi Belajar Mengajar PAUD
Mata kuliah ini mengkaji tentang strategi pembelajaran, model pembelajaran, metode pembelajaran dan keterampilan mengajar yang dibutuhkan dalam pembelajaran di PAUD dengan pembelajaran yang memanfaatkan IPTEKS dalam proses perkuliahan yakni pembelajaran dengan tatap muka dan vi-learning. Dalam proses pembelajaran mahasiswa diajarkan untuk mampu menyelesaikan masalah yang muncul dengan sikap tanggung jawab, kerjasama, mandiri, dan memiliki sikap jujur serta dalam praktik diajarkan untuk mampu beradaptasi dengan lingkungan lembaga PAUD. Strategi pembelajaran yang dilakukan adalah dengan diskusi, ceramah, inquiri, peer teaching , penugasan, CTL, dan saintifik.
DU-86207-20222-8620702212-2 Strategi Belajar Mengajar PAUD
Mata kuliah ini mengkaji tentang strategi pembelajaran, model pembelajaran, metode pembelajaran dan keterampilan mengajar yang dibutuhkan dalam pembelajaran di PAUD dengan pembelajaran yang memanfaatkan IPTEKS dalam proses perkuliahan yakni pembelajaran dengan tatap muka dan vi-learning. Dalam proses pembelajaran mahasiswa diajarkan untuk mampu menyelesaikan masalah yang muncul dengan sikap tanggung jawab, kerjasama, mandiri, dan memiliki sikap jujur serta dalam praktik diajarkan untuk mampu beradaptasi dengan lingkungan lembaga PAUD. Strategi pembelajaran yang dilakukan adalah dengan diskusi, ceramah, inquiri, peer teaching , penugasan, CTL, dan saintifik.
DU-86207-20222-8620702212-1 Strategi Belajar Mengajar PAUD
Mata kuliah ini mengkaji tentang strategi pembelajaran, model pembelajaran, metode pembelajaran dan keterampilan mengajar yang dibutuhkan dalam pembelajaran di PAUD dengan pembelajaran yang memanfaatkan IPTEKS dalam proses perkuliahan yakni pembelajaran dengan tatap muka dan vi-learning. Dalam proses pembelajaran mahasiswa diajarkan untuk mampu menyelesaikan masalah yang muncul dengan sikap tanggung jawab, kerjasama, mandiri, dan memiliki sikap jujur serta dalam praktik diajarkan untuk mampu beradaptasi dengan lingkungan lembaga PAUD. Strategi pembelajaran yang dilakukan adalah dengan diskusi, ceramah, inquiri, peer teaching , penugasan, CTL, dan saintifik.
DU-86207-20222-8620706209-2 Pengembangan Bahasa AUD
Pengkajian tentang; Konsep perkembangan bahasa, metode (cara-cara) untuk mengembangkan kemampuan menyimak, berkomunikasi lisan, memperkaya perbendaharaan kosa kata, dan menulis dengan simbol-simbol yang melambangkannya.
DU-86207-20222-8620706209-1 Pengembangan Bahasa AUD
Pengkajian tentang; Konsep perkembangan bahasa, metode (cara-cara) untuk mengembangkan kemampuan menyimak, berkomunikasi lisan, memperkaya perbendaharaan kosa kata, dan menulis dengan simbol-simbol yang melambangkannya.
DU-86207-20221-8620703049-1 Media dan Sumber Belajar PAUD
DU-86207-20221-8620702053-1 Mendongeng *)
Mahasiswa mampu memahami konsep bercerita dan mendongeng, manfaat bercerita dan mendongeng untuk AUD, tahapan/cara bercerita/mendongeng untuk aud, setting tempat untuk bercerita pada AUD, jenis-jenis buku cerita untuk AUD, mengetahui tehnik-tehnik mahasiswa dapat merancang, membuat dan aplikasikan buku cerita (dongeng) yang sesuai dengan karakteristik anak usia dini serta mahasiswa mampu mengevaluasi implikasi kegiatan bercerita/ mendongeng.
DU-86207-20221-8620703100-1 Perkembangan Aud
Mata kuliah ini mengkaji tentang pola pertumbuhan dan perkembangan AUD ditinjau dari aspek fisik, phsikis, sosial, permasalahan, serta penanganannya. membahas juga tentang kajian neurosains dalam tumbuh kembang anak.
DU-86207-20221-8620703039-1 Konsep Dasar Paud
Pengkajian tentang; Hakikat anak usia dini dan pendidikan anak usia dini, landasan penyelenggaraan PAUD, bentuk pelayanan pendidikan bagi anak usia dini, program-program PAUD dulu dan sekarang, prinsip kurikulum pada PAUD, prinsip pembelajaran anak usia dini, pola perkembangan anak, peran LPTK dalam menyiapkan pendidik PAUD, peran pendidik bagi PAUD, pengembangan kecerdasan jamak, model pembelajaran pada PAUD, serta pandangan para ahli dibidang PAUD dan implementasinya pada pembelajaran
DU-86207-20221-8620702155-1 PERMASALAHAN DAN BIMBINGAN AUD
Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep dasar bimbingan dan konseling yang meliputi pengertian, persamaan dan perbedaan, tujuan dan fungsi bimbingan dan konseling anak usia dini. Mata kuliah ini meliputi dasar-dasar, prinsip-prinsip, ruang lingkup, pendekatan, dan teknik bimbingan dan konseling anak usia dini. Membahas tentang pelaksanaan bimbingan meliputi perencanaan/program, pengelolaan, pelayanan, teknik pengumpulan data, penilaian dan membahas tentang penanganan permasalahan anak usia dini meliputi karakteristik anak, perkembangan anak, permasalahan anak, dan langkah-langkah penanganan permasalahan anak usia dini.
DU-86207-20221-8620702035-1 Komunikasi Antar Pribadi
Mata kuliah ini membahas tentang konsep-konsep dasar komunikasi antarpibadi, pentingnya bahasa verbal dan non verbal dalam komunikasi antarpribadi, ketrampilan komunikasi, teori-teori unttuk menganalisis situasi komunikasi antar pribadi, gaya komunikasi dan dimensi-dimensi relasi antarpribadi untuk bisa menjadi pelaku komunikasi antarpibadi yang efektif terhadap pada anak, orang tua, dan rekan sejawat