DU-83213-20221-8321302040-1 Ilmu Kesejahteraan Keluarga
Materikuliah terdiri atas ilmu kesejahteraan keluarga (ikk), pendidikan kesejahteraan keluarga (pkk),kehidupankeluarga sebagai bagian dari ilmu pengetahuan,perspektif teoretis tentang keluarga,hakikat keluarga,manajemen sumberdaya keluarga sebagai suatu sistem,pengertiandan ruang lingkup sumberdaya keluarga, konsep pengambilan keputusan dalam keluarga,alokasi waktu dan pekerjaan rumahtangga,manajemen keuangan keluarga,peran gender,kesejahteraan keluarga, dan metode riset dalam keluarga.
DU-83213-20221-8321302078-1 Pendidikan Konsumen *
Melakukan pengkajian dan memberikan pemahaman tentang pengetahuan barang dan jasa yang dikonsumsi konsumen kaitannya dengan produk kosmetika. Pembahasan diawali konsep dasar konsumen, perilaku konsumen, UU Perlindungan konsumen dan pemilihan/ penggunaan barang dan jasa, merek, periklanan, dan kandungan berbahaya dalam kosmetika
DU-83213-20212-8321303070-1 Pangkas Rambut Disain
DU-83213-20212-8321302004-1 Teori Belajar
Matakuliah ini mengkaji hakekat belajar dan pembelajaran, masalah-masalah belajar, hasil belajar serta teori-teori belajar yang menjelaskan cara siswa belajar meliputi teori belajar Behavioristik, kognitif, konstruktivitis, Sibernetik, Revolusi Sosio-Kultural, Teori Belajar Sosial, Kecerdasan Ganda, Pemrosesan Informasi dan Teori Motivasi Belajar serta bagaimana melibatkan kecerdasan dalam pembelajaran. Perkuliahan disampaikan secara teori dan penugasan
DU-83213-20211-8321303121-1 Tata Rias Pengantin Indonesia I
Mata kuliah ini memberikan pemahaman mengenai konsep dasarserta pengembangan seni tata rias pengantin tradisional di Indonesia.Penjelasan mengenai beragam tata rias pengantin Indonesia yang terbagi ataskategori berpaes dan non paes, yang berada di pulau Sumatera, sebagianJawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, NTT, dan MALUKU, dimana pada masing-masing daerah akan dilakukanstudi pengembangan tata rias pengantin tradisional dalam bentuk modifikasi padabagian penataan rambut, tata rias wajah, tata busana serta aksesoris yangdigunakannya, yang disesuaikan dengan trend terkini. Melakukan praktek sertauji coba tata rias pengantin tradisional dan modifikasi dengan teknik meriaspengantin sesuai dengan perkembangan mode, dan dalam prosesnya akan dilakukanpendokumentasian untuk portofolio yang akan dievaluasi, dan dinilai olehmahasiswa dan dosen pengampu. Proses pembelajaran dilakukan dengan menerapkanpendekatan konstruktivistik, yaitu dengan metode pembelajaran langsung,kooperatif, serta metode proyek dimana mahasiswa secara berkelompok dimintamelakukan proyek tata rias pengantin tradisional dan modifikasi yang sedangtrend saat ini, dimana akan terjadi suatu pemecahan masalah yang terjadi padakondisi model, keterbatasan alat dan bahan, serta keterbatasan waktu. Kesemua hasil pembelajaran serta karyamahasiswa akan dibuat dalam bentuk portofolio serta laporan yang akandipresentasikan oleh mahasiswa.
DU-83213-20211-8321302028-1 Desain Tata Rias
DU-83213-20211-8321303073-1 Penataan Rambut dan Sanggul Tradisional
DU-83213-20211-8321302088-1 Perawatan Rambut
Mata kuliah inimembahas tentang konsep tentang rambut, teori perawatan rambut, teoripenataan rambut, teori dan praktek perawatan rambut dry treatment dan penataan,teori penyampoan dan penataan rambut, teoridan praktek perawatan rambut secara basah (creambath) dan penataan blow dry,teori dan praktek hair spa dan penataan dengan catok, teori dan praktek hairmask dan penataan, teori pratata, teori sanggul dewi 1, konsep sanggul dewi 2,teori sanggul dewi 3. Kemudiandiperdalam dengan melakukan keterampilanperawatan beserta styling menggunakan alat catok dan curly iron, keterampilanperawatan rambut creambath beserta blow in, keterampilan perawatan rambut hairspa beserta blow vertikal, keterampilan perawatan rambut hair mask beserta blowout, keterampilan pratata rambut beserta penataan rambut remaja, keterampilan sanggul dewi 1, keterampilansanggul dewi 2, keterampilan sanggul dewi 3. Metodeyang digunakan dalam mencapai mata kuliah perawatan rambut adalah dengan diskusi, penugasan dan praktek.
DU-83213-20211-8321302004-1 Pengembangan Bahan Ajar
DU-83213-20211-8321302078-1 Pendidikan Konsumen *
Melakukan pengkajian dan memberikan pemahaman tentang pengetahuan barang dan jasa yang dikonsumsi konsumen kaitannya dengan produk kosmetika. Pembahasan diawali konsep dasar konsumen, perilaku konsumen, UU Perlindungan konsumen dan pemilihan/ penggunaan barang dan jasa, merek, periklanan, dan kandungan berbahaya dalam kosmetika
DU-83213-20201-8321303116-1 Statistika
Melakukan pengkajian dan memberikan pemahaman tentang peranan statistika melalui pembelajaran yang disesuaikan struktur kurikulum bidang tata rias. Pembelajaran statistika terdiri atas: statistika deskriptif seperti: pengerian statistika, peranan statistika, penyajian data, ukuran pemusatan, simpangan, model populasi. Populasi, sampel, dan teknik sampiling, uji homogenitas data, dan statistik infrensial seperti: pengujian hipotesis, uji perbedaan, uji korelasi, dan uji pengaruh. Pelaksanaan penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dengan partisipasi pada saat tatap muka, USS, dan UAS. Pembelajaran dilakukan dengan menerapkan gabungan pendekatan saintifik, model pembelajaran kooperatif, dan klasikal. Kegiatan pembelajaran diakhiri dengan presentasi makalah tentang aplikasi statistika di bidang tata rias.
DU-83213-20202-8321302043-1 Kerajinan *
Melakukan pengkajian dan memberikan pemahaman tentang teori berbagai produk kerajinan tangan bidang rias serta terampil dalam mempraktekkannya. Pembahasan meliputi: teori dan praktek hantaran pengantin, teori dan praktek mahar pengantin, membuat aksesoris, membuat hair ornament, membuat souvenir dan kemampuan dalam menata parsel. Pembelajaran dilakukan dengan menerapkan model pembelajaran berbasis masalah ( Problem Based Learning), Metode Pembelajaran secara Daring dengan menggunakan platform Google Meeting.
Meet Link: https://meet.google.com/orb-vqyp-rvn
DU-83213-20202-8321303113-1 Solus per Aqua (SpA)
DU-83213-20201-8321302004-2 Kewirausahaan
DU-83213-20201-8321303072-1 Penataan Rambut dan Sanggul Modern
Melakukan pengkajian dan memberikan pemahaman tentang sejarah danperkembangan sanggul di negara-negara Barat dari tahun ke tahun, sejarahpenataan dan sanggul di Indonesia, konsep dasar sanggul, membentuk penataanrambut dan sanggulfront style, danfront stylemodifikasi, membentukpenataan rambut dan sanggultop style,dantop stylemodifikasi, membentukpenataan rambut dan sanggulback style,danback stylemodifikasi, membentukpenataan rambut dan sanggulgala style,dangala styleasimetris dansimetris, membentuk penataan rambut dan sanggulfantasy fansy, danfantasykarakteryang menyesuaikan dengan kurikulum yang berlaku di universitas.Konsep dasar asesmen autentik, alternatif dan termasuk uji unjuk kerja.Pelaksanaan penilaian, pengolaan data hasil penilaian serta teknik danmacam-macam bentuk penilaian autentik. Pembelajaran dilakukan dengan menerapkanpendekatan saintifik. Kegiatan pembelajaran diakhiri dengan latihan membuat rubrik penilaiantertentu oleh setiap mahasiswa dalam kegiatan diskusi kelompok dan refleksi.
DU-83213-20201-8321303124-1 Tata Rias Wajah
Materi kuliah terdiri dari perkembangan make up dari masa ke masa, diskripsi teori analisa bentuk dan jenis kulit wajah, diskripsi konsep dasar tata rias wajah, diskripsi teknik-teknik korektif dalam merias wajah, Praktek pembuatan Rias wajah sehari-hari, rias malam, rias foto, rias disco, rias panggung, rias dekoratif, rias cikatri dan geriatri, rias pengantin internasional dan pengantin indonesia yang menyesuaikan dengan kurikulum yang berlaku di universitas. Kegiatan pembelajaran diakhiri dengan latihan membuat laporan tertentu oleh setiap mahasiswa dalam kegiatan diskusi kelompok dan refleksi dari macam-macam rias wajah.
DU-83213-20201-8321303121-1 Tata Rias Pengantin Indonesia I
Mata kuliah ini memberikan pemahaman mengenai konsep dasarserta pengembangan seni tata rias pengantin tradisional di Indonesia.Penjelasan mengenai beragam tata rias pengantin Indonesia yang terbagi ataskategori berpaes dan non paes, yang berada di pulau Sumatera, sebagianJawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, NTT, dan MALUKU, dimana pada masing-masing daerah akan dilakukanstudi pengembangan tata rias pengantin tradisional dalam bentuk modifikasi padabagian penataan rambut, tata rias wajah, tata busana serta aksesoris yangdigunakannya, yang disesuaikan dengan trend terkini. Melakukan praktek sertauji coba tata rias pengantin tradisional dan modifikasi dengan teknik meriaspengantin sesuai dengan perkembangan mode, dan dalam prosesnya akan dilakukanpendokumentasian untuk portofolio yang akan dievaluasi, dan dinilai olehmahasiswa dan dosen pengampu. Proses pembelajaran dilakukan dengan menerapkanpendekatan konstruktivistik, yaitu dengan metode pembelajaran langsung,kooperatif, serta metode proyek dimana mahasiswa secara berkelompok dimintamelakukan proyek tata rias pengantin tradisional dan modifikasi yang sedangtrend saat ini, dimana akan terjadi suatu pemecahan masalah yang terjadi padakondisi model, keterbatasan alat dan bahan, serta keterbatasan waktu. Kesemua hasil pembelajaran serta karyamahasiswa akan dibuat dalam bentuk portofolio serta laporan yang akandipresentasikan oleh mahasiswa.
DU-83213-20201-8321302048-1 Kesehatan dan Keselamatan Kerja
DU-83213-20201-8321302038-2 Ilmu Gizi Kecantikan *
Materi kuliah terdiri darikonsep dasar ilmu gizi yang berhubungan dengan kesehatan dan kecantikan tubuh secara keseluruhanmeliputi : pengertian, tujuan, konsep dasar ilmu gizi, pengetahuan gizi seimbangdan berbagai hal-halyang perlu diperhatikan dalam komponen zat-zat gizi dalam berbagai bahan makanan, sertamengetahui berbagai proses pencernaan-metabolism dalam tubuh manusia yang berhubungkan dengan kesehatan dan kecantikan kulit, rambut dan tubuh secara keseluruhan;