DU-87203-20222-8720302355-1 Teori Belajar
Mengkaji tentang hakekat belajar dan pembelajaran sesuai denganteori-teori behavioristik, kognitivistik, konstruktivistik, humanistik/sosial,teori gestalt, teori Quantum, Brain base theory, multiple intellegency, maupunteori belajar sibernetik, Perkuliahandilaksanakan dengan sistem analisis penugasan mengaji referensi dari berbagaisumber, presentasi dan diskusi, tugas proyek, dan refleksi berdasarkan karakter Iman, cerdas, mandiri,jujur, peduli dan tangguh (Idaman Jelita)untuk pembelajaran ekonomi
Examining the nature of learning and learning according to behavioristic, cognitive, constructivist, humanistic / social theories, gestalt theory, quantum theory, brain base theory, multiple intelligence, as well as cybernetics learning theory, lectures are carried out with a system of assignment analysis, reviewing references from various sources, presentations and discussions , project assignments, and reflections based on the character of Faith, smart, independent, honest, caring and tough (Idaman Jelita) for economic learning
DU-87203-20222-8720303369-1 EKONOMI PENDIDIKAN
Mata kuliah ini meliputi pembahasan hubungan ilmu ekonomi, pendidikan dan ekonomi pendidikan, pendidikan dan pertumbuhan ekonomi, teori human capital , kompensasi dalam pendidikan, benefit pendidikan, cost pendidikan, analisis benefit dan cost pendidikan, financial support pendidikan, fungsi produksi pendidikan, model input dan output ekonomi pendidikan dan sosial ekonomi support pendidikan. Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem diskusi, tugas proyek dan refleksi.
This course discusses the relationship between economics, education and education economics; education and economic growth; human capital theory; compensation in education; educational benefits; education costs; analysis of educational benefits and costs; financial support for education; educational production functions; input and output of educational models; and socio-economic support for education. Lectures are carried out with discussion and project assignments.
DU-87203-20222-8720302343-1 PRAKTEK KEWIRAUSAHAAN
Matakuliah iniberisi tentang konsep dan menerapkan bisnis plan yang telah dibuat denganmengacu pada konsep Strategi Memulai Usaha, Salesmanship, Pengukuran KinerjaBisnis, dan Rencana Bisnis. Metode pembelajaran yang digunakan dalam matakuliah praktik kewirausahaan adalah diskusi, penugasan, pembelajaran langsung, simulasi, pemeblajarankooperatif, group investigation, belajar bekerja terpadu (Co-op), dan praktikkewirausahaan.
DU-87203-20222-8720302367-1 EVALUASI BELAJAR DAN PEMBELAJARAN
Mengkaji pemahamantentang peranan penilaian dalam pendidikan dan pembelajaran, berbagaimacam penilaian sesuai kurikulum yang berlaku, penyusunan berbagai tipe soal yang baik beserta rublik penilaiannya. Konsep dasar asesmen autentik, alternatif dan penilaianberbasis kelas dan kurikulum yang berlaku termasuk juga workshop pengembanganinstrumen penilaian, beserta analisis butir soal baik secara manual menggunakanprogram excel serta penggunaan software butir soal, acuan ketuntasan belajar,disajikan secara teoritis, workshop, penugasandan praktek.
DU-87203-20222-8720303362-1 TEORI EKONOMI MIKRO
DU-87203-20222-8720303370-1 METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN EKONOMI
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang penerapan penelitian tindakan kelas, Eksperimen, Survei, lesson study, pengembangan, korelasi dan penyusunan artikel ilmiahnya dalam bidang pendidikan ekonomi, yang meliputi: pengembangan latar belakang permasalahan dan perumusan masalah penelitian, penentuan kajian teoritik dan empirik untuk membahas variabel penelitian, menentukan metode penelitian, subyek penelitian, instrumen pengumpulan data, dan Teknik analisis data penelitian di bidang pendidikan ekonomi.
DU-87203-20222-8720303068-1 EKONOMI INTERNASIONAL
Membahas teori ekonomi internasional mencakup perdaganganinternasional, perubahan kurs, neraca perdagangan internasional, term of trade , pembayaran luar negeri,organisasi ekonomi/ perdagangan internasional, kebijaksanaan perdaganganinternasional. Perkuliahan dilakukan dengan menggunakan sistem studi kasus,diskusi dan presentasi
Discussing international economic theory includes international trade, changes in the curve, international trade balance, foreign payments, international economic/trade organizations, international trade meetings. Lectures are carried out using a case study system, discussion and presentation
DU-87203-20221-8720303202-1 Pengantar Ilmu Administrasi dan Manajemen
DU-87203-20221-8720302372-1 KETERAMPILAN MENGAJAR DAN PEMBELAJARAN MIKRO
Mata kuliah ini mengkaji tentang manajemen berbasis sekolah, supervisi klinis melalui presentasi dan diskusi, dan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan perangkat pembelajaran berdasarkan kurikulum yang berlaku, kebutuhan dan keragaman peserta didik termasuk yang berkebutuhan khusus. Perangkat tersebut sebagai sarana menyiapkan mahasiswa dalam mengelola pembelajaran di sekolah untuk mata kuliah microteaching sesuai dengan Standar Nasional Pendidikan yang berlaku melalui workshop dan diskusi. Mahasiswa dituntut memanfaatkan TIK dan hasil-hasil riset untuk menghasilkan produk berupa perangkat pembelajaran pada pendidikan dasar dan menengah. Selain itu juga membekali mahasiswa untuk memiliki keterampilan mengajar dalam bentuk micro teaching dan peer teaching.
DU-87203-20221-8720302343-1 PRAKTEK KEWIRAUSAHAAN
Matakuliah iniberisi tentang konsep dan menerapkan bisnis plan yang telah dibuat denganmengacu pada konsep Strategi Memulai Usaha, Salesmanship, Pengukuran KinerjaBisnis, dan Rencana Bisnis. Metode pembelajaran yang digunakan dalam matakuliah praktik kewirausahaan adalah diskusi, penugasan, pembelajaran langsung, simulasi, pemeblajarankooperatif, group investigation, belajar bekerja terpadu (Co-op), dan praktikkewirausahaan.
DU-87203-20221-8720302072-1 Ekonomi Koperasi
Membahastentang organisasi koperasi dalam perekonomian Indonesia
DU-87203-20221-8720302276-3 Sejarah Pemikiran Ekonomi
Membahas pemikiran ekonomi mencakup (1) Praklasik; (2) Klasik; (3) Marxisme/ Sosialisme; (4) Neoklasik; (5) Chamberlin dan Robinson; (6) Keynes;(7) Institusionalisme; (8) Monetarisme dan rational expectations, dan (9) EraEkonomi Islam. Pembelajaran dilakukan dengan metode diskusi, presentasi, studikasus dan penugasan / Discussing economic thinking includes (1) pre-classic; (2) Classic; (3) Marxism / Socialism; (4) Neoclassical; (5) Chamberlin and Robinson; (6) Keynes, (7) Institutionalism; (8) Monetarism and rational expectations, and (9) Islamic Economic Era. Learning is carried out by the method of discussion, presentation, case studies and assignments
DU-87203-20221-8720302276-2 Sejarah Pemikiran Ekonomi
Membahas pemikiran ekonomi mencakup (1) Praklasik; (2) Klasik; (3) Marxisme/ Sosialisme; (4) Neoklasik; (5) Chamberlin dan Robinson; (6) Keynes;(7) Institusionalisme; (8) Monetarisme dan rational expectations, dan (9) EraEkonomi Islam. Pembelajaran dilakukan dengan metode diskusi, presentasi, studikasus dan penugasan / Discussing economic thinking includes (1) pre-classic; (2) Classic; (3) Marxism / Socialism; (4) Neoclassical; (5) Chamberlin and Robinson; (6) Keynes, (7) Institutionalism; (8) Monetarism and rational expectations, and (9) Islamic Economic Era. Learning is carried out by the method of discussion, presentation, case studies and assignments
DU-87203-20221-8720302276-1 Sejarah Pemikiran Ekonomi
Membahas pemikiran ekonomi mencakup (1) Praklasik; (2) Klasik; (3) Marxisme/ Sosialisme; (4) Neoklasik; (5) Chamberlin dan Robinson; (6) Keynes;(7) Institusionalisme; (8) Monetarisme dan rational expectations, dan (9) EraEkonomi Islam. Pembelajaran dilakukan dengan metode diskusi, presentasi, studikasus dan penugasan / Discussing economic thinking includes (1) pre-classic; (2) Classic; (3) Marxism / Socialism; (4) Neoclassical; (5) Chamberlin and Robinson; (6) Keynes, (7) Institutionalism; (8) Monetarism and rational expectations, and (9) Islamic Economic Era. Learning is carried out by the method of discussion, presentation, case studies and assignments
DU-87203-20221-8720302353-2 Kurikulum Sekolah
DU-87203-20221-8720302353-1 Kurikulum Sekolah
DU-87203-20221-8720303157-4 Matematika Ekonomi
Matakuliah ini berisi tentang konsep dasar matematikayang dikaitkan dengan teori ekonomi mikro dan makro, meliputi : Baris danDeret, Fungsi Linier, Fungsi Non Linier, Diferensial, Diferensial Parsial danIntegral serta penerapannya dalam bidang ekonomi. Metode pembelajaran dilakukandalam bentuk ceramah dan tanya jawab serta melakukan pendekatan inkuiri, yaitupenyelesaian tugas dan pemecahan masalah.
DU-87203-20221-8720303157-3 Matematika Ekonomi
Matakuliah ini berisi tentang konsep dasar matematikayang dikaitkan dengan teori ekonomi mikro dan makro, meliputi : Baris danDeret, Fungsi Linier, Fungsi Non Linier, Diferensial, Diferensial Parsial danIntegral serta penerapannya dalam bidang ekonomi. Metode pembelajaran dilakukandalam bentuk ceramah dan tanya jawab serta melakukan pendekatan inkuiri, yaitupenyelesaian tugas dan pemecahan masalah.
DU-87203-20221-8720303157-2 Matematika Ekonomi
Matakuliah ini berisi tentang konsep dasar matematikayang dikaitkan dengan teori ekonomi mikro dan makro, meliputi : Baris danDeret, Fungsi Linier, Fungsi Non Linier, Diferensial, Diferensial Parsial danIntegral serta penerapannya dalam bidang ekonomi. Metode pembelajaran dilakukandalam bentuk ceramah dan tanya jawab serta melakukan pendekatan inkuiri, yaitupenyelesaian tugas dan pemecahan masalah.
DU-87203-20221-8720303157-1 Matematika Ekonomi
Matakuliah ini berisi tentang konsep dasar matematikayang dikaitkan dengan teori ekonomi mikro dan makro, meliputi : Baris danDeret, Fungsi Linier, Fungsi Non Linier, Diferensial, Diferensial Parsial danIntegral serta penerapannya dalam bidang ekonomi. Metode pembelajaran dilakukandalam bentuk ceramah dan tanya jawab serta melakukan pendekatan inkuiri, yaitupenyelesaian tugas dan pemecahan masalah.