DU-83212-20212-8321203099-1 Teknologi Menjahit
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah lanjutan dari dasar teknik menjahit pada pembuatan busana. Pembahasan awal mata kuliah ini adalah meliputi: pengenalan macam-macam alat jahit industri , pengenalan jenis-jenis kain, pengenalan jenis busana dan pengelompokannya. Pembahasan secara mendalam mengenai teknik menjahit bagian-bagian busana meliputi: menjahit macam-macam belahan, saku, lengan, kerah, gulbi dan bagian busana pelengkap yang lain yang diterapkan pada busana. Strategi yang diterapkan dalam mata kuliah ini melalui diskusi, demonstrasi dan pengamatan, pembuatan tugas kepada mahasiswa dalam bentuk fragmen serta pembuatan rok dan blus, kemeja dan celana pada busana tertentu.
DU-83212-20212-8321202116-1 Busana Pria*
Mata kuliah ini terdiri dari teori dan praktek yang membahas tentang konsep dasar busana pria, bahan untuk busana pria, corak atau motif bahan yang cocok untuk busana pria, pengetahuan tentang desain busana pria, teknik mengukur badan pria, teknik pembuatan polak onstruksi busana pria. Kemampuan yang diharapkan setelah mengikuti mata kuliah ini yaitu mahasiswa memiliki keterampilan dalam pembuatan kemeja pria formal, pantaloon,celana pria casual. Pelaksanaan kuliah menggunakan pendekatan individual dan klasikal dalam bentuk daring melalui media pembelajaran sinkronus dan asinkronus dilengkapi dengan praktikum pembuatan kemeja dan celana dalam bentuk video.
DU-83212-20212-8321203145-1 Analisis Pola Busana
Pengkajian dan pemahaman tentang konsep dasar analisis desain busana dan pecah pola berbagai desain busana berdasarkan kesempatan secara konstruksi.Pelatihan keterampilan membuat pecah pola berbagai desain busana kerja, busana casual, busana pesta, busana daerah, dan busana pengantin secara konstruksi. Pembelajaran dilakukan dengan menerapkan pendekatan konstruktivistik, meliputidiskusi, problem solving, pelatihan keterampilan individu dan kelompok, penugasan, dan pembuatan laporan akhir.Penilaian berupa tes teori, praktek, kinerja, dan portofolio
DU-83212-20211-8321202107-1 Dasar Teknik Menjahit
Mata kuliah ini merupakan dasar dari teknik-teknik menjahit pada pembuatan busana. Pembahasan awal adalah meliputi: pengenalan alat jahit, pengenalan jenis kain, pengenalan jenis busana dan pengelompokannya. Pembahasan secara mendalam mengenai teknik menjahit kampuh, kelim, belahan, lengan, garis leher, saku, peletakan pola diatas berbagai mcaam bahan dan penerapannya pada busana. Strategi yang diterapkan dalam mata kuliah ini melalui diskusi dan presentasi kelompok, pembuatan tugas dalam bentuk fragmen serta pembuatan rok dan blus
DU-83212-20211-8321202169-1 Busana Muslim
DU-83212-20211-8321202157-1 EVALUASI BELAJAR & PEMBELAJARAN
Mengkaji dan memberikan pemahaman tentang peranan penilaian dalam proses pendidikan dan pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku di sekolah, konsep dasar asesmen autentik, macam-macam bentuk penilaian dan teknik autentik, alternatif dan penilaian berbasis kelas , workshop pengembangan instrumen penilaian, dan uji coba instrument penilaian, analisis data hasil uji instrument, serta data hasil penilaian. Pembelajaran dilakukan dengan menerapkan pendekatan konstruktivistik. Kegiatan pembelajaran diakhiri dengan latihan membuat rubrik penilaian tertentu oleh setiap mahasiswa dalam kegiatan diskusi kelompok dan refleksi
DU-83212-20211-8321202128-1 Draping
DU-83212-20211-8321202011-1 Busana Anak
DU-83212-20211-8321202019-1 CAD
Pada mata kuliah ini, akan dipelajari: Penguasaan Konsep dan pembuatan Desain Busana Secara digital, meliputi: pengertian, tujuan, manfaat, macam-macam softwar e, dan pengenalan software Adobe Ilustrator (AI) yang digunakan dalam pembuatan desain busana ( fashion design ). Desain busana meliputi: pembuatan desain motif; penerapan motif pada desain busana; dan gambar teknik (technical drawing). Penguasaan keterampilan Pembuatan Pola Busana Secara digital, meliputi: pengenalan software pola busana CAD Richpeace Pattern Design System (PDS); dan pembuatan pola busana, yang terdiri dari pola dasar (badan, lengan, dan rok); dan pecah pola busana sesuai desain.
DU-83212-20211-8321202121-1 Statistika
Melakukan pengkajian dan memberikan pemahaman tentang peranan statistika melalui pembelajaran yang disesuaikan struktur kurikulum bidang tata busana. Pembelajaran statistika terdiri atas: pengerian dan peranan statistika, penyajian data dalam bentuk tabel, diagram, dan grafik. Ukuran pemusatan, simpangan, model populasi. Pengujian hipotesis, uji perbedaan, dan uji korelasi. Pelaksanaan penilaian dilakukan selama proses pembelajaran dengan partisipasi pada saat tatap muka, USS, dan UAS. Pembelajaran dilakukan dengan menerapkan gabungan pendekatan saintifik, model pembelajaran kooperatif, dan klasikal.
DU-83212-20202-8321202132-1 Microteaching
DU-83212-20202-8321202076-1 Pemasaran Fesyen*
Matakuliah ini berisi pengkajian dan pemahaman tentang konsep pemasaran fesyen/ fashion marketing, fashion market dan marketing environtment, marketing mix, marketing research, fashion distribution, fashion marketing communication, advertising, label and packaging. Pembelajaran dilakukan dengan menerapkan pendekatan konstruktivistik. Kegiatan pembelajaran diakhiri dengan membuat Perencanaan Pemasaran Fesyen (Fashion Marketing Planning/Business Plan) dan mempresentasikannya.
DU-83212-20202-8321202011-1 Busana Anak
Mempelajari konsep dan pembuatan busana anak. Pemahamantentang konsep dasar busana anak, meliputi pengertian, penggolongan usia anak,cirri-ciri/syarat busana anak, macam-macam bahan, hiasan, dan teknik jahitbusana anak. Pembuatan busana anak mulai dari pembuatan dan analisis desain,pemilihan bahan, teknik mengukur, ukuran standart, konstruksi pola, peletakanpola, menggunting, teknik jahit, pembuatan hiasan, dan teknik penyelesainbusana bermain dan pesta anak. Pembelajaran dilakukan dengan pendekatansaintifik. Kegiatan praktek menggunakan model project based learning dalammembuat busana bermain dan pesta anak oleh setiap mahasiswa dalam kegiatanpengamatan, eksperimen dan diskusi.
DU-83212-20201-8321203156-1 BUSANA WANITA
DU-83212-20201-8321202024-1 Dasar Desain
DU-83212-20201-8321203030-1 Desain Mode II
Mata kuliah ini terdiri dari teori danpraktek yang membahas tentang konsep dasar desain mode II meliputi pengertian, ruang lingkup, tujuan dan manfaat desain mode II. Membuat portfolio dan presentation board yang terdiri atas: collagesumber ide, tema dan narasi, color plan,fabric plan, creative fabric, target market, figurine, basic design,pengembangan desain , technical drawing, aksesoris dan detail, serta property
DU-83212-20201-8321202093-1 Sejarah perkembangan Mode Busana
DU-83212-20201-8321202117-1 Kriya Tekstil II*
DU-83212-20201-8321202042-1 Gambar Model
DU-83212-20201-8321202153-1 KURIKULUM SEKOLAH
Mata kuliah ini mengkaji teori dasar, pengertian, dimensi-dimensi, fungsi, peranan dan lingkup kurikulum, landasan pengembangan kurikulum, model-model kurikulum SMK, kurikulum SMK tahun 2013 (K13) , teknik menyusun dan menentukan muatan lokal pada kurikulum SMK tahun 2013 (K13) dan mengimplementasikan kurikulum SMK dalam menyusun perencanaan pembelajaran. Pelaksanan kuliah menggunakan pendekatan Individual dan klasikal dengan bentuk ceramah, tanya jawab yang dilengkapi penggunaan media proyeksi berupa multimedia (LCD) serta pemberian tugas dalam lingkup praktik penyusunan dan pengembangan kurikulum muatan lokal bidang tata busana.