DU-86202-20222-8620202365-1 PEMBELAJARAN ANAK TUNARUNGU
Pengemb. Komunikasi, Sosial, Perilaku ASD Genap 2022 Pengembangan Komunikasi, Interaksi Sosial, dan Perilaku
DU-86202-20222-8620202374-1 PEMBELAJARAN ANAK SPEKTRUM AUTIS
Mata kuliah ini mengkaji konsep gaya belajar anak dengan spektrum autis, model pembelajaran perilaku untuk anak dengan spektrum autis, model pembelajaran perkembangan untuk anak dengan spektrum autis, model pembelajaran kognitif untuk anak dengan spektrum autis, model pembelajaran multi-dimensi untuk anak dengan spektrum autis, kurikulum akademik untuk anak dengan spektrum autis, perencanaan pembelajaran untuk anak dengan spektrum autis, pelaksanaan pembelajaran untuk anak dengan spektrum autis dan evaluasi pembelajaran untuk anak dengan spektrum autis. Perkuliahan dilaksanakan dengan metode pembelajaran direct learning, case study, small-group discussion, problem-based learning, project-based learning dan collaborative learning.
DU-86202-20222-8620202385-1 STATISTIK
Identifikasi dan Asesmen ABK Genap 2022/2023 Identifikasi dan Asesmen Anak Berkebutuhan Khusus
DU-86202-20222-8620203370-1 INTERVENSI DINI ANAK TUNADAKSA
DU-86202-20222-8620202040-3 Bimbingan Konseling Anak Berkebutuhan Khusus
DU-86202-20222-8620202040-2 Bimbingan Konseling Anak Berkebutuhan Khusus
DU-86202-20222-8620202040-1 Bimbingan Konseling Anak Berkebutuhan Khusus
DU-86202-20222-8620202371-1 PEMBELAJARAN ANAK TUNADAKSA
Mata kuliah pembelajaran anak tunadaksa sebagai mata kuliah yang memberikan pengetahuan, pengalaman, keterampilan, meliputi konsep dasar pembelajaran anak tunadaksa: pengertian, definisi, prinsip-prinsip pembelajaran dan azas-azas pembelajaran, model-model pembelajaran, strategi pembelajaran, program pembelajaran tematik, analisis kurikulum, penyusunan dan pelaksanaan program pembelajaran tematik di SDLB/C, SMPLB/C dan SMALB/C melalui kegiatan observasi dan diskusi.
Intervensi Dini ASA Genap 2022 INTERVENSI DINI ANAK SPEKTRUM AUTIS
Manajemen Perilaku ASA 2023 Manajemen Perilaku ASA Genap 2022
DU-86202-20222-8620202377-1 PEMBELAJARAN ANAK KESULITAN BELAJAR
Matakuliah ini mengkaji tentang: prinsip-prinsip dasar kesulitan belajar karena hambatan koordinasi motorik,kinestetik-taktil, sensori, persepsi, lateralisasi, atau konsentrasi-atensi, desain pembelajaran individual bagi anakberkesulitan belajar akademik, aspek-aspek yang terkait pembelajaran bahasa, deskripsi anak yang mengalamikesulitan belajar bahasa, pengembangan program pembelajaran bagi anak berkesulitan belajar bahasa,implementasi program pembelajaran bagi anak berkesulitan belajar bahasa, aspek-aspek yang terkaitpembelajaran membaca, deskripsi anak yang mengalami kesulitan belajar membaca, pengembangan programpembelajaran bagi anak berkesulitan belajar membaca, implementasi program pembelajaran bagi anakberkesulitan belajar membaca, aspek-aspek yang terkait pembelajaran menulis, deskripsi anak yang mengalamikesulitan belajar menulis, pengembangan program pembelajaran bagi anak berkesulitan belajar menulis,implementasi program pembelajaran bagi anak berkesulitan belajar menulis, aspek-aspek yang terkaitpembelajaran matematika, deskripsi anak yang mengalami kesulitan belajar matematika, pengembanganprogram pembelajaran bagi anak berkesulitan belajar matematika, dan implementasi program pembelajaranbagi anak berkesulitan belajar matematika. Penerapan teknologi assistive pada pembelajaran membaca,menulis, dan matematika bagi anak kesulitan belajar
DU-86202-20222-8620203112-1 Metode Penelitian Pendidikan Khusus
Melalui pemanfaatan TIK, mengkaji referensi, menganalisis proposal dan hasil penelitian, dalam mata kuliah ini mahasiswa bertanggungjawab menguasai konsep, prinsip dan prosedur metodologi penelitian untuk mampu mengambil keputusan pengaplikasiaannya dalam memecahkan permasalahan pendidikan ABK, meliputi: hakikat penelitian, pendekatan, karakteristik, tujuan, jenis-jenis dan prosedur penelitian, kajian pustaka, desain penelitian, teknik pengumpulan dan analisis data, validitas dan reliabilitas, instrumen, serta mampu menyusun proposal dengan mengacu Buku Panduan Penulisan Skripsi S-1 .Unesa meliputi: menentukan/menemukan permasalahan, menyusun topik/judul, latar belakang, metode: pendekatan, jenis-desain, variabel, populasi dan sampel, kajian pustaka, kerangka pikir, hipotesis, pengumpulan dan analisis data, serta instrumen), serta mampu melaksanakan penelitian ABK.
DU-86202-20222-8620203367-1 INTERVENSI DINI ANAK TUNAGRAHITA
Mata kuliah ini membahas tentang materi yang berkaitan dengan keilmuan dasar intervensi dini anak tunagrahita, prinsip-prinsip dan teori-teori yang berkaitan dengan intervensi dini anak tunagrahita, hakikat dan karakteristik anak tunagrahita, tujuan intervensi dini anak tunagrahita, manfaat dan ruang lingkup intervensi dini anak tunagrahita, strategi;model;metode;teknik (drill, remedial, applied behavior analysis, bermain, sensori integrasi, modifikasi perilaku, scaffolding, task analysis, modeling, dsb.), ;media digital dan non digital dalam pelaksanaan intervensi dini anak tunagrahita, asesmen sebagai dasar intervensi dini anak tunagrahita, program intervensi dini bagi anak tunagrahita, intervensi dini yang berkaitan dengan psikologis; perilaku; kemampuan akademik; kesulitan belajar; kebutuhan anak tunagrahita. Kegiatan perkuliahan dilaksanakan dengan model pembelajaran kooperatif, project based learning, problem based learning, kolaboratif, kontekstual
SISKOM ATR Sistem Komunikasi Anak Tunarungu
Mata kuliah sistem komunikasi anak tunarungu merupakan mata kuliah yang memberikan pemahaman dan pengetahuan, serta pengalaman kepada mahasiswa melalui pengkajian dan pembahasan tentang dampak ketunarunguan terhadap kemampuan komunikasi, peran dan fungsi bahasa dalam kehidupan manusia, metode komunikasi (metode manual, oral, dan kombinasi) perkembangan sistem komunikasi total koponen komtal, berbicara, membaca ujaran, isarat abjad jari, dan system isarat bahasa Indonedosia. Perkuliahan dilaksanakan
dengan sistem presentasi, diskusi, tugas proyek, dan refleksi.2021A - Media Pembelajaran ABK Media Pembelajaran Anak Berkebutuhan Khusus
DU-86202-20221-8620203327-1 Program Lapangan Pembelajaran
DU-86202-20221-8620202387-3 KETERAMPILAN MENGAJAR DAN PEMBELAJARAN MIKRO
- Pengertian dan Langkah-Langkah Tentang Observasi dan Pembelajaran
- Mikro, Keterampilan Bertanya, Keterampilan Memberikan Penguatan, Keterampilan Melakukan Variasi, Keterampilan
- Menjelaskan, Keterampilan Membuka dan Menutup, Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil, Keterampilan
- Mengelola Kelas, Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perseorangan
DU-86202-20221-8620202387-2 KETERAMPILAN MENGAJAR DAN PEMBELAJARAN MIKRO
- Pengertian dan Langkah-Langkah Tentang Observasi dan Pembelajaran
- Mikro, Keterampilan Bertanya, Keterampilan Memberikan Penguatan, Keterampilan Melakukan Variasi, Keterampilan
- Menjelaskan, Keterampilan Membuka dan Menutup, Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil, Keterampilan
- Mengelola Kelas, Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perseorangan