DU-83211-20222-8321102174-1 HALAL FOOD
Pada mata kuliah ini mahasiswa belajar tentang konsep pangan halal. Mata kuliah ini merupakan salah satu mata kuliah program studi yang dirancang bagi mahasiswa sarjana pendidikan tata boga untuk mempelajari aspek teknis dan non teknis yang berkaitan dengan industri pangan halal di Indonesia. Aspek teknis meliputi titik kritis produksi pangan, bahan baku, dan penanganan sampai ke tingkat konsumen, sedangkan aspek non teknis meliputi persyaratan untuk mendapatkan sertifikasi halal bagi industri jasa boga menggunakan berbagai bentuk pembelajaran berupa kuliah, demonstrasi, perancangan, praktik dan menggunakan berbagai metode pembelajaran berupa diskusi kelompok, studi kasus, dan pembelajaran berbasis masalah.
DU-83211-20222-8321102084-1 Sosio Budaya Makanan*)
DU-83211-20222-8321102141-1 Makanan Indonesia
Materi kuliah terdiri dari penguasaan konsep dan trampil mengolah hidangan Indonesia meliputi: Karakteristik hidangan Indonesia: makanan pokok , lauk pauk, aneka jenis hidangan dari ikan, daging dan sayuran, Bumbu-bumbu khas dapur Indonesia, teknik pengolahan makanan Indonesia dan tata cara penyajiannya.
DU-83211-20222-8321102129-1 Teori Belajar
DU-83211-20222-8321103032-1 Manajemen Usaha Boga
Setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan memiliki pemahaman dan keterampilan dalam merencanakan dan menyelenggarakan suau usaha boga untuk keperluan lembaga/institusi baik yang bersifat komersial atau non-komersial. Mata kuliah ini merupakan mata kuliah praktik 3 sks yang mencakup: memahami konsep dasar manajemen usaha boga, mampu mengelompokkan jenis usaha boga, penerapan aspek perencanaan dalam penyelenggaraan usaha boga, penerapan pengorganisasian dalam penyelenggaraan usaha boga, dan mahasiswa mampu menyelenggarakan usaha boga. Metode pembelajaran dengan pemberian tugas dan latihan/praktik. Penilaian meliputi: partisipasi/keaktifan dalam perkuliahan, tugas mandiri, tugas kelompok, pelaksanaan praktik dan ujian sub sumatif dan sumatif.
DU-83211-20222-8321102140-1 Seni Kuliner
DU-83211-20222-8321102053-1 Pengelolaan Lab Bidang Studi
Mengkaji dan memberikan pemahaman tentang peranan laboratorium dalam proses pendidikan dan pembelajaran yang sesuai degan kurikulum yang berlaku di sekolah, meliputi: (1) rasional pengelolaan lab/bengkel, akuntabilitas program pendidikan, rema kurikulum SMK, pendekatan keterampilan proses, praktik dan praktikum; (2) sumber belajar dan labwork; (3) merencanakan laboratorium bidang studi; (4) administrasi lab dab keselamatan kerja di lab sekolah. Pembelajaran: dengan pendekatan konstruktivistik. Kegiatan pembelajaran diakhirri dengan melakukan observasi lab SMK (Boga), membuat desain lab bidang studi tata boga sebagai bahan diskusi kelompok dan refleksi.
DU-83211-20222-8321102142-1 Perencanaan Pembelajaran
Pemahaman tentang konsep perencanaan dan pengembangan instruksional, model-model pengembangan instruksional, peranan teori belajar, media pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran, penyusunan silabus dan RPP. Pencapaian hasil pembelajaran dilaksanakan melalui model pembelajaran Kooperatif dan workshop penyusunan portofolio perangkat pembelajaran.
DU-83211-20222-8321102082-1 Cake dan Pastry
pengkajian konsep dan penerapan berbagai adonan kue kontinental komersial. Pembahasan diawali dari konsep dasar kue kontinental, bahan dan alat dalam pembuatan adonan, klasifikasi adonan, proses
pembuatan berbagai adonan kue kontinental, dan proses penyelesaian (finishing). PBM dilakukan dengan menerapkan pendekatan konstruktivistik dan praktik secara berkelompok dan diakhiri dengan uji
kompetensi.
DU-83211-20222-8321102139-1 Manajemen Dapur
DU-83211-20222-8321102133-1 Makanan Western
Pengkajian konsep dasar makanan kontinental yang meliputi: peralatan dapur makanan kontinental, bumbu, termonologi, satuan ukuran internasional, pola menu, jenis-jenis hidangan dalam pola menu makanan kontinental, sauce sebagai pelengkap, organisasi dapur dan proses produksi makanan kontinental di dapur industri jasa boga dan terampil membuat produk makanan kontinental populer yang berorientasi pada standar operasional prosedur secara cerdas dan mandiri dengan mengacu pada tujuan pembelajaran dan memanfaatkan sumber belajar. Pembelajaran dilakukan dengan menerapkan pendekatan konstruktivistik. Kegiatan belajar diakhiri dengan praktik secara berkelompok dan uji kompetensi.
DU-83211-20221-8321102115-1 Ilmu Bahan Makanan
Pengkajian berbagai aspek ilmiah yang erat kaitannya dengan bahan makanan nabati dan hewani. Pembahasan meliputi sifat fisik dan kimiawi dari komponen yang tersusun dalam bahan makanan pokok, lauk-pauk, buah dan sayur, susu, termasuk nilai gizinya dan reaksi-reaksi yang terjadi dalam bahan makanan sewaktu kondisinya mengalami perubahan pada proses persiapan, pengolahan, penyimpanan, dan pembusukan.
DU-83211-20221-8321102134-1 Evaluasi Belajar dan Pembelajaran
Mengkaji dan memberikan pemahaman tentang peranan evaluasi belajar dan hasil pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum yang berlaku di sekolah, konsep dasar penilaian autentik, macam-macam bentuk penilaian dan teknik autentik, alternatif dan penilaian berbasis kelas, workshop pengembangan instrumen penilaian dan uji coba instrumen penilaian, analisis data hasil uji instrumen, serta data hasil penilaian. Pembelajaran dilakukan dengan menerapkan pendekatan konstruktivistik. Kegiatan pembelajaran diakhiri dengan latihan menyusun instrumen dan rubrik penilaian berdasar satu Kompetensi Dasar KI-3 suatu mata pelajaran oleh setiap mahasiswa dalam kegiatan diskusi kelompok dan refleksi.
DU-83211-20221-8321102024-1 Ilmu Kesejahteraan Keluarga
Materikuliah terdiri atas ilmu kesejahteraan keluarga (ikk), pendidikan kesejahteraan keluarga (pkk),kehidupankeluarga sebagai bagian dari ilmu pengetahuan,perspektif teoretis tentang keluarga,hakikat keluarga,manajemen sumberdaya keluarga sebagai suatu sistem,pengertiandan ruang lingkup sumberdaya keluarga, konsep pengambilan keputusan dalam keluarga,alokasi waktu dan pekerjaan rumahtangga,manajemen keuangan keluarga,peran gender,kesejahteraan keluarga, dan metode riset dalam keluarga.
DU-83211-20221-8321102130-1 Pengembangan Bahan Ajar
Mata kuliah ini memberikan pembekalan pengetahuan tentang
mengembangkan suatu bahan ajar.Pembahasan kompetensi dalam Mk ini meliputi pengetahuan dan ketrampilan tentang berbagai hal yang berkaitan dengan bahan ajar. Misalnya tentantang Pengertian bahan ajar, peran dan jenis bahan ajar, baik bahan cetak, noncetak, maupun bahan ajar display, prosedur pengembangannya, cara pemanfaatannya dalam proses pembelajaran, serta cara-cara bagaimana mengevaluasinya dan Kuliah diakhiri dengan pembuatan produk bahan ajar.
DU-83211-20221-8321102135-1 Makanan Asia
Menguasai pengetahuan dan keterampilan tentang konsep dasar Makanan Asia yang meliputi pengertian, pembagian wilayah, faktor-faktor yang mempengaruhi, pengetahuan bahan makanan dan bumbu, pengetahuan alat, pola menu, proses persiapan, pengolahan, penyajian, dan tata cara makan dari negara-negara yang berada di benua Asia. Proses pembelajaran menyesuaikan dengan kurikulum yang berlaku. Strategi pembelajran dilakukan dengan menerapkan pendekatan konstruktivistik, kegiatan pembelajaran diberikan secara teori, praktek, dan pemberian tugas secara individu dan kelompok. Evaluasi dilakukan dengan membuat laporan tertulis, membuat porto folio, tes tulis, dan tes kinerja.
DU-83211-20221-8321104007-1 Cipta Karya Boga
DU-83211-20221-8321102143-1 Tata Hidang
DU-83211-20221-8321102040-1 Olahan Coklat dan Gula*)
DU-83211-20221-8321102175-1 FUSHION FOOD
Mata kuliah ini merupakan pengkajian konsep dan penerapan pengkombinasian/perpaduan antara beberapa elemen makanan dari dua negara dengan etnik/budaya yang sama atau berbeda menjadi sebuah hidangan bercita rasa universal, berpenampilan estetik dengan selera berbeda. Pembahasan diawali dari konsep fusion food, jenis-jenis fusion food, proses fusion food, teknologi fusion food dan penyajian fusion food menggunakan berbagai bentuk pembelajaran berupa kuliah, demonstrasi, perancangan, praktik dan menggunakan berbagai metode pembelajaran berupa diskusi kelompok, studi kasus yang dilakukan dengan menerapkan pendekatan konstruktivistik dan praktik secara berkelompok dan pembelajaran berbasis masalah.