DU-63401-20201-6340103006-1 Administrasi Perpajakan
Matakuliah ini akan membahas ruanglingkup konsep dasar perpajakan,macam-macam perpajkan berikut simulasipenghitungan pajak dalam rangka penyeleseian tugas teknis pelayanan perpajakan
DU-63401-20201-6340103055-1 Kepemimpinan
Pemahamankonsep dasar kepemimpinan, perbedaan antara leaderdan manager, peranan-peranan dalamkepemimpinan, teori-teori kepemimpinan, tipe-tipe kepemimpinan, sumber-sumberkekuasaan, kepemimpinan dalam birokrasi pemerintahan, serta kepemimpinanpelayanan. Pembelajaran dilakukan dalam kurun waktu satu semester denganmenggunakan metode, presentasi, ceramah, diskusi, tanya jawab, bermain peran (roleplay), sampai dengan pemberian tugasbaik individu maupun kelompok. Penilaian dilakukan melalui tes tertulis,kinerja, maupun portofolio.
DU-63401-20201-6340102030-1 Birokrasi
Mata kuliah inimengantar mahasiswa untuk memahami tentang pengertian birokrasi, Ciri-ciripokok birokrasi, dan Struktur birokrasi, beberapa pendekatan dalam mempelajariteori birokrasi, Birokrasi yang Rasional (Bureau Rationality) danBirokrasi yang Buruk (Bureau Pathology), Birokrasi yang Netral (ValuesFree),Hubungan antara Birokrasi dengan budaya Politik lokal, Perbandinganhubungan birokrasi dengan politik dunia ketiga, Pertanggung-jawaban Birokrasiyang meliputi ; Akuntabilitas Birokrasi, Responsibilitas Birokrasi danResponsivitas Birokrasi, Posisi dan Peran Aparatur Negara, GejalaBigBureaucracy,Profesionalisme Aparatur Negara, Produktivitas dan DisiplinKerja Aparatur Negara, Implementasigovernance,Pelembagaan,goodgovernancedalam pelayanan publik, Hubungan birokrasi dengan otonomidaerah, Pengaruh aktor birokrasi dalam kaitan dengan implementasidesentralisasi dan otonomi daerah, Hubungan birokrasi dengan demokrasi lokal,Pengaruh aktor birokrasi di tingkat lokal, Pengertian Reformasi Birokrasi,Diskresi Birokrasi, InovasiGovernance, Aktualisasi Prinsip-PrinsipGoodGovernance,Tantangan Masa Depan Birokrasi Pelayanan Publik. Tahapselanjutnya memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk menerapkankonsep-konsep dasar MSDM yang dituangkan dalam pembuatan makalah sertamempresentasikan dengan menggunakan media Power-Point. Matakuliah ini menggunakan pendekatan ekspositori dan eksplanatori.
DU-63401-20201-6340103074-1 Pelayanan Publik
Matakuliah ini menjelaskan batasan, ruang lingkup, karakteristik dan perkembanganparadigma manajemen pelayanan publik. Mahasiswa juga dibekali denganpengetahuan dasar tentang public dan privat goods, prinsip-prinsip pelayananpublik dan standar pelayanan, kelembagaan pelayanan publik dan bagaimanamengelola sumberdaya dan budaya organisasi sehingga mamp meningkatkan kualitaspelayanan publik dan kepuasan pelanggan melalui penanganan keluhan, sertareformasi dan inovasi pelayanan
DU-63401-20201-6340103013-1 Analisis Jabatan
Mata kuliah ini berisi kajian tentang pengertian analisisjabatan , arti penting analisis jabatan, ruang lingkup analisis jabatan, metodeanalisis jabatan dan butir-butir informasi jabatan
DU-63401-20201-6340103036-1 Etika Administrasi Negara
Mata kuliah ini berisi kajian tentang konsepdasar etika, arti penting etika, prinsip2 etika, pendekatan etika administrasi,etika kehidupan berbangsa dan bernegara, kode etik PNS, serta masalah-masalah yang terkait dengan penerapan etika pegawai negeri sipil
DU-63401-20192-6340103125-1 Standar Kompetensi Jabatan Birokrasi
Matakuliah ini berisi kajian tentangpengertian standar kompetensi jabatan , tujuan dan pemanfaatan standar kompetensi jabatan, ruang lingkup standarkompetensi jabatan, komponen kompetensi, jenis-jenis kompetensi serta simulasi penyusunanstandar kompetensi jabatan Manajerialdan penyusunan kompetensi jabatan Teknis.
DU-63401-20192-6340103050-1 Kebijakan Publik
Mata kuliah ini berisi kajian tentang konsep dasar kebijakan publik (pendekatan dan ruang lingkup kebijakan publik); analisis kebijakan yang meliputi: perumusan masalah, peramalan kebijakan (forecasting), rekomendasi kebijakan, implementasi kebijakan dan evaluasi kebijakan; serta membahas kebijakan pemerintahan yang ada di Indonesia dengan menggunakan pisau analisis kebijakan.
DU-63401-20192-6340103111-1 Rekruitmen Pegawai
Mata kuliah ini berisi kajian tentang konsep dasar rekruitmen kepegawaian, tahapan rekruitmen meliputi pembuatan iklan lowongan pekerjaan, surat lamaran kerja, curriculum vitae , pembekalan materi CAT, pedoman wawancara baik secara teori maupun praktek.
DU-63401-20192-6340103039-1 Evaluasi Jabatan
Mata kuliah ini berisi kajian tentang konsep dasar evaluasi jabatan, macam-macam evaluasi jabatan, permasalahan dalam evaluasi jabatan tahapan pelaksanaan evaluasi jabatan, hubungan informasi jabatan dengan evaluasi jabatan, kriteria faktor jabatan melakukan penilaian jabatan struktural dan fungsional di instansi pemerintah. Selain itu, mata kuliah ini juga mengkaji evaluasi jabatan melalui evaluasi kerja pegawai di BUMN dan perusahaan swasta. Pembelajaran dilakukan dalam kurun waktu satu semester dengan menggunakan metode: presentasi dosen, tutorial, dan diskusi, serta pemberian tugas baik secara individu maupun kelompok. Penilaian dilakukan melalui tes tertulis maupun kinerja, maupun portofolio.
DU-63401-20192-6340103001-1 Administrasi Keuangan Negara
Mata kuliah ini membahas tentang sistem keuangan negara,sistem keuangan daerah, hubungan keuangan pusat dan daerah proses penyusunan, implementasi danevaluasi anggaran pendapatan dan belanja negara,siklus anggaran negara, pengawasan dan pengelolaan keuangan negara.
DU-63401-20192-6340103114-1 Sistem Administrasi Negara
Mata kuliah ini berisi kajian tentang konsep dasar SAN, ruang lingkup Sistem Administrasi Negara Kesatuan Republik Indonesia (SANKRI), dan menjadi calon administrastor yang menguasai berbagai unsur dan dimensi nilai dalam SANKRI, bentuk dan sistem pemerintahan negara, birokrasi dan manajemen pemerintahan, sistem administrasi pemerintahan pusat dan daerah, serta sistem pemberdayaan masyarakat
DU-63401-20191-6340103065-1 Metode Penelitian
Mata kuliah ini berisikajian tentang pengertian dan arti penting metode penelitian, hakekat dan komponen penelitian, metode dan sikapilmiah, pemilihan topik penelitian, langkah-langkahpenelitian, masalah penelitian, penelitian kulaitatif dan penelitiankuantitatif.
DU-63401-20191-6340103074-1 Pelayanan Publik
Matakuliah ini menjelaskan batasan, ruang lingkup, karakteristik dan perkembanganparadigma manajemen pelayanan publik. Mahasiswa juga dibekali denganpengetahuan dasar tentang public dan privat goods, prinsip-prinsip pelayananpublik dan standar pelayanan, kelembagaan pelayanan publik dan bagaimanamengelola sumberdaya dan budaya organisasi sehingga mamp meningkatkan kualitaspelayanan publik dan kepuasan pelanggan melalui penanganan keluhan, sertareformasi dan inovasi pelayanan
DU-63401-20191-6340102030-2 Birokrasi
Mata kuliah inimengantar mahasiswa untuk memahami tentang pengertian birokrasi, Ciri-ciripokok birokrasi, dan Struktur birokrasi, beberapa pendekatan dalam mempelajariteori birokrasi, Birokrasi yang Rasional (Bureau Rationality) danBirokrasi yang Buruk (Bureau Pathology), Birokrasi yang Netral (ValuesFree),Hubungan antara Birokrasi dengan budaya Politik lokal, Perbandinganhubungan birokrasi dengan politik dunia ketiga, Pertanggung-jawaban Birokrasiyang meliputi ; Akuntabilitas Birokrasi, Responsibilitas Birokrasi danResponsivitas Birokrasi, Posisi dan Peran Aparatur Negara, GejalaBigBureaucracy,Profesionalisme Aparatur Negara, Produktivitas dan DisiplinKerja Aparatur Negara, Implementasigovernance,Pelembagaan,goodgovernancedalam pelayanan publik, Hubungan birokrasi dengan otonomidaerah, Pengaruh aktor birokrasi dalam kaitan dengan implementasidesentralisasi dan otonomi daerah, Hubungan birokrasi dengan demokrasi lokal,Pengaruh aktor birokrasi di tingkat lokal, Pengertian Reformasi Birokrasi,Diskresi Birokrasi, InovasiGovernance, Aktualisasi Prinsip-PrinsipGoodGovernance,Tantangan Masa Depan Birokrasi Pelayanan Publik. Tahapselanjutnya memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk menerapkankonsep-konsep dasar MSDM yang dituangkan dalam pembuatan makalah sertamempresentasikan dengan menggunakan media Power-Point. Matakuliah ini menggunakan pendekatan ekspositori dan eksplanatori.
DU-63401-20191-6340102030-1 Birokrasi
Mata kuliah inimengantar mahasiswa untuk memahami tentang pengertian birokrasi, Ciri-ciripokok birokrasi, dan Struktur birokrasi, beberapa pendekatan dalam mempelajariteori birokrasi, Birokrasi yang Rasional (Bureau Rationality) danBirokrasi yang Buruk (Bureau Pathology), Birokrasi yang Netral (ValuesFree),Hubungan antara Birokrasi dengan budaya Politik lokal, Perbandinganhubungan birokrasi dengan politik dunia ketiga, Pertanggung-jawaban Birokrasiyang meliputi ; Akuntabilitas Birokrasi, Responsibilitas Birokrasi danResponsivitas Birokrasi, Posisi dan Peran Aparatur Negara, GejalaBigBureaucracy,Profesionalisme Aparatur Negara, Produktivitas dan DisiplinKerja Aparatur Negara, Implementasigovernance,Pelembagaan,goodgovernancedalam pelayanan publik, Hubungan birokrasi dengan otonomidaerah, Pengaruh aktor birokrasi dalam kaitan dengan implementasidesentralisasi dan otonomi daerah, Hubungan birokrasi dengan demokrasi lokal,Pengaruh aktor birokrasi di tingkat lokal, Pengertian Reformasi Birokrasi,Diskresi Birokrasi, InovasiGovernance, Aktualisasi Prinsip-PrinsipGoodGovernance,Tantangan Masa Depan Birokrasi Pelayanan Publik. Tahapselanjutnya memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk menerapkankonsep-konsep dasar MSDM yang dituangkan dalam pembuatan makalah sertamempresentasikan dengan menggunakan media Power-Point. Matakuliah ini menggunakan pendekatan ekspositori dan eksplanatori.
DU-63401-20172-6340103004-1 Administrasi Perkantoran
Memahamikonsep dasar administrasi perkantoran, penataan ruang kantor, kegiatan kantor,organisasi kantor dan prosedur kantor, tata usaha perlengkapan, warkat dankearsipan, azas tata persuratan, format surat, membuat surat dinas, membuatsurat non dinas, serta efisiensi pekerjaan kantor
DU-63401-20172-6340103064-1 Manajemen Sumber Daya Manusia
Mata kuliah ini mengantar mahasiswa untuk memberikan pemahaman dasar tentang peran Manajemen Sumber Daya manusia dalam suatu organisasi publik agar mampu mencapai competitive advantage . Mulai dari menjelaskan MSDM ditinjau dari segi ontologi, epistomologi dan aksiologi, evolusi MSDM dari lahirnya gerakan manajemen ilmiah sampai pada lahirnya gerakan human relations, Budaya perusahaan, SDM sebagai elemen kunci Integrasi sumber-sumber keunggulan yang meliputi ; organisasi, kemampuan, kultur dan SDM. Perencanaan SDM meliputi formasi kepegawaian, orientasi pegawai, pengembangan SDM, pembinaan SDM (PNS), pemberian kompensasi, promosi, pemindahan, pemberian motivasi dan pada akhirnya sampai pada pemberhentian pegawai (PNS). Tahap selanjutnya memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa untuk menerapkan konsep-konsep dasar MSDM yang dituangkan dalam pembuatan makalah serta mempresentasikan dengan menggunakan media Power-Point. Mata kuliah ini menggunakan pendekatan ekspositori dan eksplanatori.
DU-63401-20171-6340103006 Administrasi Perpajakan
Matakuliah ini akan membahas ruanglingkup konsep dasar perpajakan,macam-macam perpajkan berikut simulasipenghitungan pajak dalam rangka penyeleseian tugas teknis pelayanan perpajakan
DU-63401-20171-6340103055 Kepemimpinan
Pemahamankonsep dasar kepemimpinan, perbedaan antara leaderdan manager, peranan-peranan dalamkepemimpinan, teori-teori kepemimpinan, tipe-tipe kepemimpinan, sumber-sumberkekuasaan, kepemimpinan dalam birokrasi pemerintahan, serta kepemimpinanpelayanan. Pembelajaran dilakukan dalam kurun waktu satu semester denganmenggunakan metode, presentasi, ceramah, diskusi, tanya jawab, bermain peran (roleplay), sampai dengan pemberian tugasbaik individu maupun kelompok. Penilaian dilakukan melalui tes tertulis,kinerja, maupun portofolio.