DU-84204-20232-8420402321-1 TELAAH KURIKULUM SEKOLAH
Kajian tentang pengertian kurikulum, perkembangan kurikulum sekolah, adaptasi kurikulum terkini terhadap implimentasi kurikulum di sekolah, analisis kurikulum yang mencakup analisis tugas dan materi, perumusan tujuan dan indikator ketercapaian serta mengakomodasi pendidikan inklusi, konsep-konsep esensial dan pembelajarannya, miskonsepsi dan strategi penanggulangannya yang lebih ditekankan pada pembelajaran kimia.
DU-84204-20232-8420403192-1 Metodologi Penelitian
Kajian tentang hakekat, tujuan, dan jenis-jenismetode penelitian yang relevan dengan penelitian bidang pendidikan kimia serta mampumembekali mahasiswa agar terampil dalammembuat keputusan sertamengaplikasikan metode penelitian untuk menemukan alternatif solusi dalammenyelesaikan permasalahan bidang pendidikan yang mencakup paradigmapenelitian, kerangka berpikir, hipotesis, dan variabel, populasi dan sampel,instrumen penelitian, desain penelitian, teknik pengumpulan data, dan analisisdata yang dikemas dalam dalam proposal penelitian pendidikan MIPA sebagailuaran mata kuliah.
DU-84204-20232-8420402295-1 Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro
- Pengertian dan Langkah-Langkah Tentang Observasi dan Pembelajaran
- Mikro, Keterampilan Bertanya, Keterampilan Memberikan Penguatan, Keterampilan Melakukan Variasi, Keterampilan
- Menjelaskan, Keterampilan Membuka dan Menutup, Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil, Keterampilan
- Mengelola Kelas, Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perseorangan
DU-84204-20231-8420402291-1 Pengembangan Bahan Ajar
Kajian tentang pengertian, jenis/klasifikasi, fungsi, dasar-dasar pengembangan bahan ajar, serta dapat memilih, merancang, dan memproduksi bahan ajar dengan memanfaatkan lingkungan sekitar (kontekstual) dan TIK
DU-84204-20231-8420402256-1 Seminar
Kolokium untuk mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika merupakan mata kuliah pengembangan rancangan penelitian sebelum Skripsi. Kolokium mempelajari topik-topik penelitian pendidikan fisika yang akan menjadi referensi penelitian skripsi dalam bentuk penelusuran pustaka. Makalah Kolokium yang ditulis harus berisi prinsip dan teori dasar pendidikan, dan materi Fisika untuk sekolah. Fokus pembahasan makalah Kolokium adalah penelitian-penelitian yang relevan dengan permasalahan dalam pembelajaran Fisika dan inovasi pembelajaran Fisika.
DU-84204-20231-8420402313-1 Statistik Dasar
Kajiantentang : statistic deskripti; peluangdan distribusi peluang diskrit/kontinu; statistik inferensial yang berisi penaksiran parameterdan pengujian hipotesis; analisis datadengan program SPSS.
DU-84204-20222-8420402326-1 Senyawa Organik Polifungsi
Mata kuliah ini mengkaji tentang teori struktur, rumus, hibridisasi, tata nama, isomer, sifat-sifat senyawa organik golongan hidrokarbon alifatik (alkana, alkena, alkuna), alisiklik, aromatik, alkil halida, alkohol-eter, aldehid-keton, asam karboksilat dan turunanya, amina, dasar-dasar stereokimia, serta pembekalan keterampilan laboratorium melalui kegiatan praktikum. Mata kuliah ini disajikan dengan metode tanya jawab, diskusi, presentasi, pemecahan masalah, dan praktikum.
DU-84204-20222-8420403325-2 Kimia Unsur
Kajian tentang kelimpahan, sifat, cara memperoleh, manfaat dan cara mengidentifikasi serta mampu memanfaatkan unsur-unsur dan senyawanya dari unsur golongan utama dan unsur transisi, deret pertama, kedua dan ketiga blok d melalui diskusi, presentasi, tugas proyek, penyampaian gagasan secara lisan maupun tertulis
DU-84204-20222-8420402018-1 Bahasa Inggris Kimia
Strategy for “reading a text materialâ€â€ that accord with matter in TOEFL test related to Chemistry. Explanation about the role of Chemistry, the name of chemical equipments and chemical compounds in English based on the IUPAC system, and the usage of significant figures in measurement
DU-84204-20222-8420403305-2 Kimia Unsur-Unsur Transisi
Kajian tentang sifat-sifat fisika, kimia unsur dan senyawa transisi, deret pertama, kedua dan ketigablok d melalui diskusi, tugas proyek, Tanya jawab, dan presentasi
DU-84204-20222-8420403325-1 Kimia Unsur
Kajian tentang kelimpahan, sifat, cara memperoleh, manfaat dan cara mengidentifikasi serta mampu memanfaatkan unsur-unsur dan senyawanya dari unsur golongan utama dan unsur transisi, deret pertama, kedua dan ketiga blok d melalui diskusi, presentasi, tugas proyek, penyampaian gagasan secara lisan maupun tertulis
DU-84204-20222-8420402173-1 Konservasi Sdal
Membahas tentang: sumberdaya alam dan lingkungan, permaslahan sumber daya alam hayati di tingkat lokal, nasional, dan global, konservasi dan pengelolaan sumber daya alam hayati dan non hayati di tingkat lokal, nasional, global, paradigma dan etika lingkungan, pengelolaan sumber daya alam perkotaan melalui observasi, diskusi dan presentasi.
DU-84204-20222-8420402151-1 Kimia Koordinasi
Kajian tentang konsep-konsep:ikatan kimia, stereokimia, mekanisme reaksi , sifat, spektra, pembuatan, dan kestabilan kimia koordinasi melalui diskusi, presentasi, tugas tertruktur.
DU-84204-20222-8420402223-1 Pengembangan Media Pembelajaran ICT
Memahamiprogram-program komputer yang meliputi pengolah suara, pngolah gambar, pengolah video, danpengolah animasi untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis ICT sesuaikarateristik materi kimia melalui diskusi dan praktek.
DU-84204-20222-8420403305-1 Kimia Unsur-Unsur Transisi
Kajian tentang sifat-sifat fisika, kimia unsur dan senyawa transisi, deret pertama, kedua dan ketigablok d melalui diskusi, tugas proyek, Tanya jawab, dan presentasi
DU-84204-20222-8420403294-1 Pembelajaran Inovatif
Kajian tentang model-model pembelajaran:kooperatif (cooperative learning), pembelajaranberorientasipendekatan saintifik seperti: pembelajaran berdasarkan masalah (problembased learning), pembelajaran inkuiri-diskoveri dan pembelajarankontekstual serta pembelajaran berbasis proyek. Pengkajian dilakukan lewatpemaparan konsep, penyajian contoh operasional tiap-tiap model pembelajarandalam bentuk perangkat pembelajaran, workshop pengembangkan perangkatpembelajaran oleh mahasiswa berorientasi tiap-tiap model dan strategi belajar.Kegiatan pengkajian diakhiri dengan latihan implementasi model pembelajarantertentu oleh setiap mahasiswa dalam forum peer teaching diikuti dengankegiatan diskusi dan refleksi.
DU-84204-20222-8420402215-1 Pembelajaran Kimia Berbasis ICT
Kajian tentang pemilihan media, perancangan pembelajaran dan penyajian media berbasis ICT secara Off Line dan On Line dalam pembelajaran kimia melalui diskusi dan praktek
DU-84204-20222-8420402295-1 Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro
- Pengertian dan Langkah-Langkah Tentang Observasi dan Pembelajaran
- Mikro, Keterampilan Bertanya, Keterampilan Memberikan Penguatan, Keterampilan Melakukan Variasi, Keterampilan
- Menjelaskan, Keterampilan Membuka dan Menutup, Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil, Keterampilan
- Mengelola Kelas, Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perseorangan
DU-84204-20222-8420402309-1 Media Permainan
DU-84204-20222-8420402180-1 Manajemen Sekolah
Kajian tentang proses manajemen secaraumum (perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian), prinsip manajemenberbasis sekolah (MBS) meliputi:peningkatan mutu, bottom up planning and decision making, manajemen yang transparan, dan pemberdayaan masyarakat, Analisis SWOT sekolah latihan, dan aspek-aspek akreditasi sekolah dalam forumdiskusi, seminar, serta refleksi.