DU-88205-20222-8820503273-1 Shokyu Nihongo Oyo
Pembahasan dan pembekalan materi yang merupakan lanjutan dari MK Shokyuu Nihongo Nyuumon. Materi dalam MK ini berisi sekitar 14 (empat belas) topik yang bervariasi berlatar aktivitas berbahasa misalnya: kalimat kebolehan dan larangan, tentang kegiatan yang dilakukan berurutan, kalimat yang menyatakan keharusan, kalimat yang memerintahkan suatu hal, kalimat yang menyatakan kesanggupan dan kegemaran dan masih banyak lagi melalui pembekalan keterampilan berbahasa Jepang secara integratif, pengkajian pola-pola kalimat dan kosa kata tingkat lanjut bahasa Jepang, serta bentuk-bentuk ungkapan yang dipakai sehari-hari dalam bahasa Jepang. Mahasiswa latihan implementasi secara individu dan berkelompok baik secara lisan maupun tulis dan melalui pelatihan-pelatihan secara intensif dan kontinyu tingkat lanjut. Pembelajaran dilakukan melalui diskusi, tanya jawab, dan presentasi dan pada bagian akhir perkuliahan mahasiswa dapat menguasai akan keterampilan berbahasa Jepang tingkat lanjut secara integratif.
DU-88205-20222-8820502054-1 Chukyu Sakubun
Pengayaan lanjutan untuk meningkatkan kompetensi menulis tentang tema-temayang dapat dikembangkan dengan luas dari berbagai macam sudut pandang seperti iekaradaigaku made, gakkou no seikatsu, watashi no isshuukan, nikki,watashi no yume, nihon ni ryugakushite shitai koto, dan lain-lain. Kegiatan pembelajaran dirancang dalam dua jenis yakni paruh waktu pertama ditujukan untuk melatih menulis karanganyang mempunyai struktur teks yang agak 1Cbebas 1D,dan paruh waktu kedua dirancang untuk melatih menulis karangan yangmempunyai struktur teks yang berpola tertentu.Pembelajaran dikemas secara terstruktur dan mandiri menggunakan pendekatan pembelajaran komunikatif.Penilaian dilakukan berdasarkan pada hasil karangan, keaktifan dalam pembelajaran,penyelesaian tugas dan tes tulis maupun non-tulis.
DU-88205-20222-8820502320-1 Chukyu Hanashikata Oyo
DU-88205-20221-8820503261-1 Shokyu Nihongo 2022B
DU-88205-20221-8820502274-1 Shokyu Sakubun
Pembekalan awal untuk membentuk kompetensi menulis tentang tema-tema sederhana yang sering ditemui dalam kehidupan sehari-hari seperti pengenalan diri atau orang lain, kamar/ruangan saya, Negara/kota saya. Pelatihan kompetensi menulis untuk mengungkapkan sesuatu dalam tulisan secara baik, benar, dan alamiah dalam bahasa Jepang sambil tetap mempertimbangkan struktur karangan yang benar menjadi sasaran dalam pembelajaran mata kuliah ini. Pelatihan untuk membentuk kompetensi menulis yang meliputi kemampuan memilih tema yang menarik, membuat kerangka, merangkai kerangka karangan membentuk teks/wacana sederhana dengan tetap menekankan pada kepaduan dan keutuhan teks melalui pembelajaran terbimbing dan terstruktur. Penilaian dilakukan berdasarkan pada hasil karangan, keaktifan dalam pembelajaran, penyelesaian tugas dan testulis maupun non-tulis.
DU-88205-20221-8820503255-1 Shokyu Hyoki 2022 B
DU-88205-20221-8820503050-1 Chukyu Nihongo 2021 C
DU-88205-20212-8820502307-1 Shokyu Hyoki Oyo 2021 C
Kajian tentang pemahaman serta pengembangan kompetensi mahasiswa dalam bidang keterampilan menulis huruf kanji, keterampilan membaca serta menulis, terutama yang berkaitan dengan huruf Kanji. Mata kuliah ini tidak hanya membekali mahasiswa dengan kemampuan membaca dan menulis huruf dan Jukugo Kanji saja, namun juga disertai pembekalan pengetahuan mengenai strategi menguasai huruf Kanji serta aplikasi dari huruf dan Jukugo dalam kalimat bahasa Jepang
DU-88205-20212-8820503273-2 Shokyu Nihongo Oyo 2021 C
Pembahasan dan pembekalan materi yang merupakan lanjutan dari MK Shokyuu Nihongo Nyuumon. Materi dalam MK ini berisi sekitar 14 (empat belas) topik yang bervariasi berlatar aktivitas berbahasa misalnya: kalimat kebolehan dan larangan, tentang kegiatan yang dilakukan berurutan, kalimat yang menyatakan keharusan, kalimat yang memerintahkan suatu hal, kalimat yang menyatakan kesanggupan dan kegemaran dan masih banyak lagi melalui pembekalan keterampilan berbahasa Jepang secara integratif, pengkajian pola-pola kalimat dan kosa kata tingkat lanjut bahasa Jepang, serta bentuk-bentuk ungkapan yang dipakai sehari-hari dalam bahasa Jepang. Mahasiswa latihan implementasi secara individu dan berkelompok baik secara lisan maupun tulis dan melalui pelatihan-pelatihan secara intensif dan kontinyu tingkat lanjut. Pembelajaran dilakukan melalui diskusi, tanya jawab, dan presentasi dan pada bagian akhir perkuliahan mahasiswa dapat menguasai akan keterampilan berbahasa Jepang tingkat lanjut secara integratif.
DU-88205-20212-8820502305-1 Kurikulum Sekolah (Pendidikan Bahasa Jepang)
DU-88205-20212-8820502135-1 Jokyu Nihongo Oyo
Pembekalan keterampilan berbahasa Jepang sekaligus pengkajian pola-pola kalimat serta peningkatan dan pemantapan materi Jokyu Nihongo Oyo dan penerapannya baik secara lisan maupun tertulis.
DU-88205-20212-8820503053-1 Chukyu Nihongo Oyo
DU-88205-20212-8820502311-1 Keterampilan Mengajar dan Pembelajaran Mikro
- Pengertian dan Langkah-Langkah Tentang Observasi dan Pembelajaran
- Mikro, Keterampilan Bertanya, Keterampilan Memberikan Penguatan, Keterampilan Melakukan Variasi, Keterampilan
- Menjelaskan, Keterampilan Membuka dan Menutup, Keterampilan Membimbing Diskusi Kelompok Kecil, Keterampilan
- Mengelola Kelas, Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perseorangan
DU-88205-20212-8820502300-2 Evaluasi Belajar dan Pembelajaran
DU-88205-20212-8820502300-1 Evaluasi Belajar dan Pembelajaran
DU-88205-20212-8820502277-2 Statistik
DU-88205-20212-8820502277-1 Statistik
DU-88205-20212-8820502253-1 Shokyu Dokkai Oyo
Pembekalan lanjutan (pengayaan) kompetensi membaca yang diperoleh pada mata kuliah Shokyu Dokkai untuk meningkatkan kompetensi membaca tema-tema pengembangan dari tema-tema pada Shokyu Dokkai seperti video time, ganbaru time, edo jidai. Penyerapan informasi hingga peningkatan kemampuan pemahaman bacaan meliputi pemahaman tatabahasa, ungkapan, kalimat yang terdapat di dalamnya untuk meningkatkan pemahaman penggunaan tatabahasa, ungkapan, dan kalimat bahasa Jepang tingkat dasar sejalan dengan pola kalimat pada pembelajaran Shokyu Nihongo Oyo melalui kegiatan pembelajaran yang terstruktur, mandiri dan komunikatif dalam bentuk peer teaching, diskusi dan presentasi.
DU-88205-20212-8820503273-1 Shokyu Nihongo Oyo
Pembahasan dan pembekalan materi yang merupakan lanjutan dari MK Shokyuu Nihongo Nyuumon. Materi dalam MK ini berisi sekitar 14 (empat belas) topik yang bervariasi berlatar aktivitas berbahasa misalnya: kalimat kebolehan dan larangan, tentang kegiatan yang dilakukan berurutan, kalimat yang menyatakan keharusan, kalimat yang memerintahkan suatu hal, kalimat yang menyatakan kesanggupan dan kegemaran dan masih banyak lagi melalui pembekalan keterampilan berbahasa Jepang secara integratif, pengkajian pola-pola kalimat dan kosa kata tingkat lanjut bahasa Jepang, serta bentuk-bentuk ungkapan yang dipakai sehari-hari dalam bahasa Jepang. Mahasiswa latihan implementasi secara individu dan berkelompok baik secara lisan maupun tulis dan melalui pelatihan-pelatihan secara intensif dan kontinyu tingkat lanjut. Pembelajaran dilakukan melalui diskusi, tanya jawab, dan presentasi dan pada bagian akhir perkuliahan mahasiswa dapat menguasai akan keterampilan berbahasa Jepang tingkat lanjut secara integratif.
DU-88205-20211-8820502044-1 Chukyu Hyoki
Mata kuliah ini difokuskan untuk membentuk dan mengembangkan kompetensi mahasiswa di bidang keterampilan menulis, terutama yang berkaitan dengan huruf Kanji. Mata kuliah ini tidak hanya membekali mahasiswa dengan kemampuan membaca dan menulis huruf dan Jukugo Kanji saja, namun juga disertai pembekalan pengetahuan mengenai strategi menguasai huruf Kanji serta aplikasi dari huruf dan Jukugo dalam kalimat bahasa Jepang sehingga mahasiswa mengetahui perbedaan penggunaan beberapa huruf sesuai dengan kebutuhannya. Mata kuliah ini dilakukan dengan pendekatan komunikatif, kolaboratif dengan metode ceramah, drill, latihan dan pemberian tugas individu maupun kelompok.