DU-86201-20222-8620102068-1 Gerakan Anti Narkotika Unesa
Kajian tentang pengertian adiksi, prevalensinya, prespektif sejarah, aspek biologis-psikologis-sosial kecanduan, model-model kecanduan, aplikasi teori-teori konseling dalam intervensi kecanduan, proses inti intersensi untuk kecanduan. Menermati aspek ras, etnik, budaya dan kebijakan publik dalam kaitan kecanduan, dan proses penyusunan dan penangan adiksi. Perkulihan dilaksanakan dengan menggunakan metode case study, collaborative learning dan project based learning
DU-86201-20222-8620102170-2 Studi Kasus
Kajian tentang pengertian studi kasus, jenis-jenis penelitian studi kasus, cara mengumpulkan data kasus melalui teknik tes dan non tes, analisis data kasus, dan mendeskripsikan kasus, eksplasnasi, prediksi terhadap suatu kasus dan merancang strategi dan intervensi kasus. Metode yang dipakai untuk mencapai tujuan pembelajaran yakni menggunakan pembelajran eksperensial learning yakni siswa mencari kasus-kasus dan membuat asesmen, mengobservasi, mengeksplanasi dan melakukan analisis terhadap suatu kasus.
DU-86201-20222-8620102057-1 Evaluasi & Supervisi Bimbingan dan Konseling
Mengkaji konsep evaluasi yang mencakup pengertian, tujuan, manfaat, prosedur evaluasi, berbagai pendekatan atau jenis evaluasi, ruang lingkup evaluasi dalam bimbingan dan konseling, serta mempraktikkan pengembangan instrumen evaluasi, menggunakan instrumen evaluasi, menganalisi data, serta menyusun laporan yang mencakup evaluasi program BK, proses pelaksanaan program BK, serta hasil pelayanan BK. Prosedur pembelajaran yang digunakan untuk mencapai capaian pembelajaran yakni; diskusi kelompok, pembelajaran kooperatif, studi kasus, dan pembelajaran berbasis proyek.
DU-86201-20222-8620102067-1 Komunikasi Antar Pribadi
Mata kuliah ini mengkaji tentang pengertian komunikasi antar pribadi, ciri-ciri komunikasi antar pribadi, hambatan dalam dalam komunikasi interpersonal, pemahaman tentang empati, analisa transaksional, dan teori Johari Window. Perkulihan dilaksankan melalu pendekatan collaborative learning.
DU-86201-20222-8620102205-2 kurikulum sekolah
Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep kurikulum dan pengembangan kurikulum, disain kurikulum, landasan pengembangan kurikulum, model pengembangan kurikulum sehingga mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum dalam pengembangan kurikulum di sekolah khususnya bidang bimbingan dan konseling
DU-86201-20222-8620102226-1 Andragogi dan Hetaugogi
Mata kuliah ini membelajarkan mahasiswa tentang konsep-konsep teoretik dan praktek tentang pendidikan dan bimbingan konseling untuk orng dewasa. Pembelajaran menakankan kepada keterlibatan aktif mahasiswa dalammengikuti perkuliahan ( student active learing ) dan disampaikan melalui berbagai pembelajaran berbasis kasus dan berbasis proyek. Keberhasilan mahasiswa dutetapkan atas dasar kinerja dalam mengikuti proses perkuliahan dan evaluasi hasil belajar. Kinerja dalam proses perkuliahan diukur berdasarkan jumlah dan kualitas partisipasi aktif, sedangkan kinerja dalam evaluasi diukur berdasarkan dua bentuk ujian, yakni ujian tengah semester dan ujian akhir semester.
DU-86201-20222-8620102205-1 kurikulum sekolah
Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep kurikulum dan pengembangan kurikulum, disain kurikulum, landasan pengembangan kurikulum, model pengembangan kurikulum sehingga mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum dalam pengembangan kurikulum di sekolah khususnya bidang bimbingan dan konseling
DU-86201-20222-8620103204-1 Teori dan Praktek Konseling Psikodinamika
Mata kuliah ini membelajarkan mahasiswa tentang teori dan praktek dalam konseling psikodinamika. Bahan kajian meliputi, definisi, sejarah, jenis, konsep teoretik, teknik, proses, dan praktek dalam konsleing psikodinamika. Dalam situasi normal perkuliahan dilaksanakan secara daring dan luring. Pada masa Pandemi C-19 perkuliahan dilaksanakan secara daring dengan mijimal enam kali tatap muka virtual (syncrounus) dan sembilan kali asyncrounus. Perkuliahan disampaikan melalui metode berbasis project.
DU-86201-20222-8620103207-1 Metode Penelitian
DU-86201-20222-8620102170-1 Studi Kasus
Kajian tentang pengertian studi kasus, jenis-jenis penelitian studi kasus, cara mengumpulkan data kasus melalui teknik tes dan non tes, analisis data kasus, dan mendeskripsikan kasus, eksplasnasi, prediksi terhadap suatu kasus dan merancang strategi dan intervensi kasus. Metode yang dipakai untuk mencapai tujuan pembelajaran yakni menggunakan pembelajran eksperensial learning yakni siswa mencari kasus-kasus dan membuat asesmen, mengobservasi, mengeksplanasi dan melakukan analisis terhadap suatu kasus.
DU-86201-20222-8620102030-1 Bimbingan dan Konseling Perkembangan
DU-86201-20222-8620103212-1 Teori dan Praktik Konseling Post-Modern
Pada mata kuliah ini, akan dipelajari wawasan dan ruang lingkup konsep dasar konseling Post-Modern, teknik-teknik konseling Post-Modern, serta implementasi teknik-teknik konseling Post-Modern
DU-86201-20222-8620102201-1 Teknologi Informasi dan Media Bimbingan dan Konseling
Kajian tentang konsep teknologi informasi dan media bimbingan dan konseling, pemanfaatan microsoft word dalam bimbingan dan konseling, pemanfaatan microsoft excel dalam bimbingan dan konseling, pemanfaatan microsoft powerpoint dalam bimbingan dan konseling, pengembangan media bimbingan dan konseling meliputi: blog, website, video animasi, poster, flipbook, aplikasi android dan google form. Prosedur pembelajaran yang digunakan untuk mencapai capaian pembelajaran yakni: pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran berbasis proyek.
DU-86201-20221-8620102219-1 Perencanaan Karier
Matakuliah perencanaan karier berisi kajian tentang perencanaan karir dan potensi diri, pentingnya mengidentifikasi diri dalam memilih peluang kerja, membuat curicullum vitae (CV) dan surat lamaran pekerjaan, teknik komunikasi wawancara dan problem solving di bdang karir, Branding diri, Adaptai di dunia kerja, pengembangan jenjang karir. Mata kuliah ini dilaksanakan secara tatap muka/maya. Strategi pembelajaran yang diterapkan dengan metode problem base learing, dikusi secara terbimbing, ceramah, dan praktik. Proses penilaian dilakukan dengan melihat proses dan hasil yang menyangkut ranah pengetahuan, sikap, keterampilan.
DU-86201-20221-8620102048-3 Dasar-Dasar Bimb.& Konseling
Matakuliah ini membahas tentang konsep dasar, pengertian, sejarah, landasan, prinsip, tujuan dan asas-asas bimbingan dan konseling, serta berbagai layanan BK, hubungan BK dengan komponen-komponen pendidikan yang lain. Perkuliahan dilaksanakan dengan cara blended learning . Penilaian dilakukan dengan cara tes tulis.Matakuliah ini membahas tentang konsep dasar, pengertian, sejarah, landasan, prinsip, tujuan dan asas-asas bimbingan dan konseling, serta berbagai layanan BK, hubungan BK dengan komponen-komponen pendidikan yang lain. Perkuliahan dilaksanakan dengan cara blended learning . Penilaian dilakukan dengan cara tes tulis.
DU-86201-20221-8620102091-1 Manajemen Bimbingan dan KonselingÂ
DU-86201-20221-8620102146-3 Profesi Bimbingan dan Konseling
DU-86201-20221-8620102077-2 Konseling Krisis
Mengkaji konsep dasar konseling krisis, unsur-unsur krisis, kondisi krisis, jenis-jenis krisis, kebutuhan-kebutuhan manusia dalam krisis, tahapan krisis, aplikasi penangangan konseling krisis
DU-86201-20221-8620102226-2 Andragogi dan Hetaugogi
Mata kuliah ini membelajarkan mahasiswa tentang konsep-konsep teoretik dan praktek tentang pendidikan dan bimbingan konseling untuk orng dewasa. Pembelajaran menakankan kepada keterlibatan aktif mahasiswa dalammengikuti perkuliahan ( student active learing ) dan disampaikan melalui berbagai pembelajaran berbasis kasus dan berbasis proyek. Keberhasilan mahasiswa dutetapkan atas dasar kinerja dalam mengikuti proses perkuliahan dan evaluasi hasil belajar. Kinerja dalam proses perkuliahan diukur berdasarkan jumlah dan kualitas partisipasi aktif, sedangkan kinerja dalam evaluasi diukur berdasarkan dua bentuk ujian, yakni ujian tengah semester dan ujian akhir semester.
DU-86201-20221-8620103197-1 Asesmen Psikologis: Teknik Non Tes
Mataa kuliah ini mengkaji instrumen non tes meliputi: Observasi, Wawancara, Angket, Autobiografi, Sosiometri,DCM, AKPD, AUM Umum, AUM PTSDL. Kemudian untuk lebih menambah keterampilan tentang penggunaan instrumen non tes, maka akan dilatihkan keterampilan mengadministrasikan instrumen-instrumen tersebut