Abaikan kategori kursus
Kategori kursus
Abaikan kursus
Kursus
DU-86201-20222-8620102068-1 Gerakan Anti Narkotika Unesa
Kajian tentang pengertian adiksi, prevalensinya, prespektif sejarah, aspek biologis-psikologis-sosial kecanduan, model-model kecanduan, aplikasi teori-teori konseling dalam intervensi kecanduan, proses inti intersensi untuk kecanduan. Menermati aspek ras, etnik, budaya dan kebijakan publik dalam kaitan kecanduan, dan proses penyusunan dan penangan adiksi. Perkulihan dilaksanakan dengan menggunakan metode case study, collaborative learning dan project based learning
DU-86201-20222-8620102170-2 Studi Kasus
Kajian tentang pengertian studi kasus, jenis-jenis penelitian studi kasus, cara mengumpulkan data kasus melalui teknik tes dan non tes, analisis data kasus, dan mendeskripsikan kasus, eksplasnasi, prediksi terhadap suatu kasus dan merancang strategi dan intervensi kasus. Metode yang dipakai untuk mencapai tujuan pembelajaran yakni menggunakan pembelajran eksperensial learning yakni siswa mencari kasus-kasus dan membuat asesmen, mengobservasi, mengeksplanasi dan melakukan analisis terhadap suatu kasus.
DU-86201-20222-8620102057-1 Evaluasi & Supervisi Bimbingan dan Konseling
Mengkaji konsep evaluasi yang mencakup pengertian, tujuan, manfaat, prosedur evaluasi, berbagai pendekatan atau jenis evaluasi, ruang lingkup evaluasi dalam bimbingan dan konseling, serta mempraktikkan pengembangan instrumen evaluasi, menggunakan instrumen evaluasi, menganalisi data, serta menyusun laporan yang mencakup evaluasi program BK, proses pelaksanaan program BK, serta hasil pelayanan BK. Prosedur pembelajaran yang digunakan untuk mencapai capaian pembelajaran yakni; diskusi kelompok, pembelajaran kooperatif, studi kasus, dan pembelajaran berbasis proyek.
DU-86201-20222-8620102067-1 Komunikasi Antar Pribadi
Mata kuliah ini mengkaji tentang pengertian komunikasi antar pribadi, ciri-ciri komunikasi antar pribadi, hambatan dalam dalam komunikasi interpersonal, pemahaman tentang empati, analisa transaksional, dan teori Johari Window. Perkulihan dilaksankan melalu pendekatan collaborative learning.
DU-86201-20222-8620102205-2 kurikulum sekolah
Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep kurikulum dan pengembangan kurikulum, disain kurikulum, landasan pengembangan kurikulum, model pengembangan kurikulum sehingga mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum dalam pengembangan kurikulum di sekolah khususnya bidang bimbingan dan konseling
DU-86201-20222-8620102226-1 Andragogi dan Hetaugogi
Mata kuliah ini membelajarkan mahasiswa tentang konsep-konsep teoretik dan praktek tentang pendidikan dan bimbingan konseling untuk orng dewasa. Pembelajaran menakankan kepada keterlibatan aktif mahasiswa dalammengikuti perkuliahan ( student active learing ) dan disampaikan melalui berbagai pembelajaran berbasis kasus dan berbasis proyek. Keberhasilan mahasiswa dutetapkan atas dasar kinerja dalam mengikuti proses perkuliahan dan evaluasi hasil belajar. Kinerja dalam proses perkuliahan diukur berdasarkan jumlah dan kualitas partisipasi aktif, sedangkan kinerja dalam evaluasi diukur berdasarkan dua bentuk ujian, yakni ujian tengah semester dan ujian akhir semester.
DU-86201-20222-8620102205-1 kurikulum sekolah
Mata kuliah ini mengkaji tentang konsep kurikulum dan pengembangan kurikulum, disain kurikulum, landasan pengembangan kurikulum, model pengembangan kurikulum sehingga mahasiswa diharapkan mampu mengaplikasikan prinsip-prinsip pengembangan kurikulum dalam pengembangan kurikulum di sekolah khususnya bidang bimbingan dan konseling
DU-86201-20222-8620103204-1 Teori dan Praktek Konseling Psikodinamika
Mata kuliah ini membelajarkan mahasiswa tentang teori dan praktek dalam konseling psikodinamika. Bahan kajian meliputi, definisi, sejarah, jenis, konsep teoretik, teknik, proses, dan praktek dalam konsleing psikodinamika. Dalam situasi normal perkuliahan dilaksanakan secara daring dan luring. Pada masa Pandemi C-19 perkuliahan dilaksanakan secara daring dengan mijimal enam kali tatap muka virtual (syncrounus) dan sembilan kali asyncrounus. Perkuliahan disampaikan melalui metode berbasis project.
DU-86201-20222-8620103207-1 Metode Penelitian
DU-86201-20222-8620102170-1 Studi Kasus
Kajian tentang pengertian studi kasus, jenis-jenis penelitian studi kasus, cara mengumpulkan data kasus melalui teknik tes dan non tes, analisis data kasus, dan mendeskripsikan kasus, eksplasnasi, prediksi terhadap suatu kasus dan merancang strategi dan intervensi kasus. Metode yang dipakai untuk mencapai tujuan pembelajaran yakni menggunakan pembelajran eksperensial learning yakni siswa mencari kasus-kasus dan membuat asesmen, mengobservasi, mengeksplanasi dan melakukan analisis terhadap suatu kasus.
DU-86201-20222-8620102030-1 Bimbingan dan Konseling Perkembangan
DU-86201-20222-8620103212-1 Teori dan Praktik Konseling Post-Modern
Pada mata kuliah ini, akan dipelajari wawasan dan ruang lingkup konsep dasar konseling Post-Modern, teknik-teknik konseling Post-Modern, serta implementasi teknik-teknik konseling Post-Modern
DU-86201-20222-8620102201-1 Teknologi Informasi dan Media Bimbingan dan Konseling
Kajian tentang konsep teknologi informasi dan media bimbingan dan konseling, pemanfaatan microsoft word dalam bimbingan dan konseling, pemanfaatan microsoft excel dalam bimbingan dan konseling, pemanfaatan microsoft powerpoint dalam bimbingan dan konseling, pengembangan media bimbingan dan konseling meliputi: blog, website, video animasi, poster, flipbook, aplikasi android dan google form. Prosedur pembelajaran yang digunakan untuk mencapai capaian pembelajaran yakni: pembelajaran berbasis masalah dan pembelajaran berbasis proyek.
DU-86201-20221-8620102219-1 Perencanaan Karier
Matakuliah perencanaan karier berisi kajian tentang perencanaan karir dan potensi diri, pentingnya mengidentifikasi diri dalam memilih peluang kerja, membuat curicullum vitae (CV) dan surat lamaran pekerjaan, teknik komunikasi wawancara dan problem solving di bdang karir, Branding diri, Adaptai di dunia kerja, pengembangan jenjang karir. Mata kuliah ini dilaksanakan secara tatap muka/maya. Strategi pembelajaran yang diterapkan dengan metode problem base learing, dikusi secara terbimbing, ceramah, dan praktik. Proses penilaian dilakukan dengan melihat proses dan hasil yang menyangkut ranah pengetahuan, sikap, keterampilan.
DU-86201-20221-8620102048-3 Dasar-Dasar Bimb.& Konseling
Matakuliah ini membahas tentang konsep dasar, pengertian, sejarah, landasan, prinsip, tujuan dan asas-asas bimbingan dan konseling, serta berbagai layanan BK, hubungan BK dengan komponen-komponen pendidikan yang lain. Perkuliahan dilaksanakan dengan cara blended learning . Penilaian dilakukan dengan cara tes tulis.Matakuliah ini membahas tentang konsep dasar, pengertian, sejarah, landasan, prinsip, tujuan dan asas-asas bimbingan dan konseling, serta berbagai layanan BK, hubungan BK dengan komponen-komponen pendidikan yang lain. Perkuliahan dilaksanakan dengan cara blended learning . Penilaian dilakukan dengan cara tes tulis.
DU-86201-20221-8620102091-1 Manajemen Bimbingan dan KonselingÂ
DU-86201-20221-8620102146-3 Profesi Bimbingan dan Konseling
DU-86201-20221-8620102077-2 Konseling Krisis
Mengkaji konsep dasar konseling krisis, unsur-unsur krisis, kondisi krisis, jenis-jenis krisis, kebutuhan-kebutuhan manusia dalam krisis, tahapan krisis, aplikasi penangangan konseling krisis
DU-86201-20221-8620102226-2 Andragogi dan Hetaugogi
Mata kuliah ini membelajarkan mahasiswa tentang konsep-konsep teoretik dan praktek tentang pendidikan dan bimbingan konseling untuk orng dewasa. Pembelajaran menakankan kepada keterlibatan aktif mahasiswa dalammengikuti perkuliahan ( student active learing ) dan disampaikan melalui berbagai pembelajaran berbasis kasus dan berbasis proyek. Keberhasilan mahasiswa dutetapkan atas dasar kinerja dalam mengikuti proses perkuliahan dan evaluasi hasil belajar. Kinerja dalam proses perkuliahan diukur berdasarkan jumlah dan kualitas partisipasi aktif, sedangkan kinerja dalam evaluasi diukur berdasarkan dua bentuk ujian, yakni ujian tengah semester dan ujian akhir semester.
DU-86201-20221-8620103197-1 Asesmen Psikologis: Teknik Non Tes
Mataa kuliah ini mengkaji instrumen non tes meliputi: Observasi, Wawancara, Angket, Autobiografi, Sosiometri,DCM, AKPD, AUM Umum, AUM PTSDL. Kemudian untuk lebih menambah keterampilan tentang penggunaan instrumen non tes, maka akan dilatihkan keterampilan mengadministrasikan instrumen-instrumen tersebut
DU-84207-20221-8420703077-1 Komunikasi Pedagogik dan Edutainment
Mata kuliah ini mempelajari tentang aspek komunikasi dalam konteks pembelajaran. Kajian tentang peran guru, penggunaan simbol verbal dan nonverbal serta media yang digunakan untuk mencapai transfer pengetahuan yang efektif, terutama dalam lingkup ruang kelas. Melalui diskusi dan penugasan mahasiswa dapat melakukan analisis dan sintesis terhadap pelaksanaan komunikasi pembelajaran yang efektif.
DU-84207-20221-8420703035-1 Kajian Pembangunan Politik, Demokrasi dan Hubungan Internasional
Mata kuliah politik pembangunan, demokrasi dan hubungan Internasional membahas persoalan-persoalan berkenaan dengan munculnya istilah studi politik, sejarah pemikiran dan perkembangan studi demokrasi, mulai dari yang klasik sampai dengan kajian politik internasional kontemporer, perspektif demokrasi politik sebuah negara, dengan kemunculan berbagai persoalan-persoalan yang kompleks dalam tatanan politik dan perekonomian sebuah negara, khususnya di Indonesia yang menganut sistem desentralisasi.
DU-84207-20221-8420702007-1 Dasar-dasar Ekonomi
Matakuliah ini berisi tentang pengertian dan ruang lingkupnya, tujuan, fungsi, obyek studi ekonomi, konsep-konsep dasar sebagai sumber keilmuan dan materi ips. Dasar-dasar teori ekonomi ini berisi tentang materi ekonomi yang membahas kelangkaan sumber daya dan kebutuhan manusia, Usaha Manusia Dalam Memenuhi Kebutuhan, Kegiatan Pokok Ekonomi dan Pelaku Ekonomi, Sistem Ekonomi, Permintaan, Penawaran, Dan Harga Keseimbangan, Angkatan Kerja dan Tenaga Kerja sebagai Sumber Daya dalam Kegiatan Ekonomi, Lembaga Keuangan dan Perdagangan Internasional, Kewirausahaan bedasarkan aspek ruang dan waktu serta interaksi sosial.
DU-84207-20212-8420703012-1 Teori Ilmu Geografi
Matakuliah ini memberikan pemahaman tentang teori-teori yang menjelaskan mengenai dinamika litosfer, kependudukan, peta dan foto udara, interaksi kewilayahan, dan pengembangan wilayah. Perkuliahan dilaksanakan dengan ceramah, diskusi, dan penugasan.
DU-84207-20212-8420703031-1 Kajian Ketimpangan Spasial lingkup lokal, nasional, regeonal, dan Mondial
Mata kuliah ini adalah mata kuliah yang terkait dengan ketimpangan wilayah, baik perkotaan dan pedesaan, jawa dan luar jawa, maupun kawasan-kawasan yang memiliki dimensi komprehensif mencakup segala aspek dalam wilayah seperti fisik,sosial, ekonomi, lingkungan dan budaya. Mata kuliah ini tidak hanyamenyajikan analisis wilayah yang bersifat kualitatif namun juga terdapatanalisa wilayah yang bersifat kuantitatif. Untuk mendukung teknik analisawilayah dan perencanaan yang tepat dalam suatu wilayah hingga tujuan pembangunan dapat tercapai
DU-84207-20201-8420703033-1 Kajian Masalah Ekonomi Lingkup Mikro dan Makro
Mtakuliah ini Menjelaskan hukum, faktor penentu, bentuk kurva permintaan dan penawaran,tercapainya keseimbangan kuantitas dan harga, tercapainya ketidakseimbangan kuantitas dan harga, penggunaan persamaan aljabar. Definisi, faktor penentu, rumus, jenis, dan perhitungan elastisitas. Perubahan permintaan karena harga dan pendapatan, barang normal, inferior, substitusi, dan komplemen. Efek substitusi dan pendapatan, surplus konsumen dan produsen, permintaan individu dan pasar, eskternalitas jaringan, estimasi permintaan.
DU-84207-20211-8420702003-1 Dasar-dasar Sosiologi
Mata kuliah ini memfokuskan pada dua hal, yatu: Pertama, membentuk skemata mahasiswa tentang konsep-konsep dasar sosiologi. Pembentukan skemata dimulai dengan melakukan overview terhadap sejarah perkembangan sosiologi, objek kajian, tokoh pendiri dan pemikirannya, perspektif teori, paradigma, metode penelitian, dan konsep-konsep dasar sosiologi seperti: individu dan masyarakat, interaksi sosial, nilai dan norma sosial, sosialisasi dan pembentukan kepribadian, penyimpangan sosial, pengendalian sosial, struktur sosial, stratifikasi sosial, deferensiasi sosial, mobilitas sosial, lembaga-lembaga sosial, konflik dan integrasi sosial, perubahan sosial. Kedua, memberikan pengalaman belajar kepada mahasiswa menerapkan konsep-konsep dasar sosiologi yang dituangkan dalam makalah serta mempresentasikan dengan menggunakan media power point. Mata kuliah ini menggunakan pendekatan ekspositori dan eksplanatori.
DU-84207-20211-8420702004-1 Dasar-dasar Sejarah
DU-84207-20211-8420703031-1 Kajian Ketimpangan Spasial lingkup lokal, nasional, regeonal, dan Mondial
Mata kuliah ini adalah mata kuliah yang terkait dengan ketimpangan wilayah, baik perkotaan dan pedesaan, jawa dan luar jawa, maupun kawasan-kawasan yang memiliki dimensi komprehensif mencakup segala aspek dalam wilayah seperti fisik,sosial, ekonomi, lingkungan dan budaya. Mata kuliah ini tidak hanyamenyajikan analisis wilayah yang bersifat kualitatif namun juga terdapatanalisa wilayah yang bersifat kuantitatif. Untuk mendukung teknik analisawilayah dan perencanaan yang tepat dalam suatu wilayah hingga tujuan pembangunan dapat tercapai
DU-84207-20201-8420703014-1 Teori Ilmu Ekonomi
Matakuliah ini berisi tentang keunggulan dan keterbatasan antarruang serta peran pelaku ekonomi dalam suatu perekonomian; perdagangan antardaerah atau antarpulau; model penguatan ekonomi maritim dan agrikultur di Indonesia; redistribusi pendapatan nasional; perdagangan internasional; ekonomi kreatif berdasarkan potensi wilayah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat; pengembangan pusat-pusat keunggulan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat; serta pasar bebas. Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem diskusi, tugas proyek dan refleksi.
DU-84207-20201-8420702021-1 Pengembangan Kepribadian
Matakuliah ini membahas tentang konsep dasar kepribadiandan pengembangan kepribadian seorang guru yang meliputi konsep dasarkependidikan, konsep dasar kepribadian, kemampuan untuk mengenal diri melaluikarakter, konsep diri, bakat, intelegensi, sikap dan perilaku, kemampuanmengembangkan guru professional melalui kompetensi guru, etika guru, manajemenkelas, dan keahlian memecahkan masalah olehguru yang efektif. Perkuliahan dilaksanakan dengan sistemdiskusi, studi kasus, dan presentasi
DU-84207-20201-8420702001-1 Dasar-dasar Geografi
Mata kuliah ini merupakan mata kuliah dasar bagi mahasiswa pendidikan IPS agar mampu memahami posisi ilmu geografi dalam pendidikan IPS. Mata kuliah ini mengkaji tentang filsafat ilmu geografi, perkembangan ilmu, hakekat, pendekatan dan prinsip-prinsip keilmuan geografi. Ruang lingkup geografi seperti atmosfer, litosfer, biosfer, antroposfer dan hidrosfer juga dikaji dalam perkuliahan ini. Pada akhirnya mahasiswa diharapkan mampu memiliki pengetahuan dasar terkait dengan struktur ilmu geografi dan menjadi dasar pemahaman mahasiswa dalam pembelajaran IPS.
DU-84207-20192-8420702028-1 Komunikasi Pedagogik
Mata kuliah ini mempelajari tentang aspek komunikasi dalam konteks pembelajaran. Kajian tentang peran guru, penggunaan simbol verbal dan nonverbal serta media yang digunakan untuk mencapai transfer pengetahuan yang efektif, terutama dalam lingkup ruang kelas. Melalui diskusi dan penugasan mahasiswa dapat melakukan analisis dan sintesis terhadap pelaksanaan komunikasi pembelajaran yang efektif.
DU-84207-20192-8420703013-1 Bahasa Inggris
Matakuliah ini membekali mahasiswa pada keterampilan dan komponen bahasa pada level dasar (pre-intermediate). Matakuliah ini juga memperkenalkan tes terstandarisasi yang memuat latihan keterampilan membaca (reading skills), menyimak (listening comprehension) dan tata bahasa dan kosakata (structure and vocabulary) yang diarahkan untuk persiapan test bahasa inggris standar Internasional. Semua kegiatan perkuliahan akan disajikan dengan cara ceramah dan diskusi.
DU-84207-20191-8420703033-1 Kajian Masalah Ekonomi Lingkup Mikro dan Makro
Mtakuliah ini Menjelaskan hukum, faktor penentu, bentuk kurva permintaan dan penawaran,tercapainya keseimbangan kuantitas dan harga, tercapainya ketidakseimbangan kuantitas dan harga, penggunaan persamaan aljabar. Definisi, faktor penentu, rumus, jenis, dan perhitungan elastisitas. Perubahan permintaan karena harga dan pendapatan, barang normal, inferior, substitusi, dan komplemen. Efek substitusi dan pendapatan, surplus konsumen dan produsen, permintaan individu dan pasar, eskternalitas jaringan, estimasi permintaan.
DU-84207-20191-8420703014-1 Teori Ilmu Ekonomi
Matakuliah ini berisi tentang keunggulan dan keterbatasan antarruang serta peran pelaku ekonomi dalam suatu perekonomian; perdagangan antardaerah atau antarpulau; model penguatan ekonomi maritim dan agrikultur di Indonesia; redistribusi pendapatan nasional; perdagangan internasional; ekonomi kreatif berdasarkan potensi wilayah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat; pengembangan pusat-pusat keunggulan ekonomi untuk kesejahteraan masyarakat; serta pasar bebas. Perkuliahan dilaksanakan dengan sistem diskusi, tugas proyek dan refleksi.
DU-84207-20191-8420703019-1 Asesemen Proses dan Hasil Belajar
Melakukan pengkajian dan memberikan pemahaman tentang peranan penilaian dalam proses pendidikan dan pembelajaran yang menyesuaikan dengan kurikulum yang berlaku di sekolah. Konsep dasar asesmen autentik, alternatif dan penilaian berbasis kelas termasuk workshop pengembangan instrumen penilaian. Pelaksanaan penilaian, pengolaan data hasil penilaian serta teknik dan macam-macam bentuk penilaian autentik. Pembelajaran dilakukan dengan menerapkan pendekatan konstruktivistik. Kegiatan pembelajaran diakhiri dengan latihan membuat rubrik penilaian tertentu oleh setiap mahasiswa dalam kegiatan diskusi kelompok dan refleksi
DU-84207-20191-8420703030-1 Pembelajaran Inovatif II
1. Memanfaatkan sumber belajar dan TIK untuk mendukung perancangan dan pelaksanaan pembelajaran inovatif meliputi: Model Pembelajaran kooperatif ( cooperative learning ) , pembelajaranberorientasi pendekatan saintifik seperti: pembelajaran berdasarkan masalah ( problem based learning ), pembelajaran inkuiri-diskoveri dan pembelajaran kontekstual serta pembelajaran berbasis proyekuntuk mencapai kompetensi siswa
2. Memiliki pengetahuan tentang karakteristik model-model pembelajaran: kooperatif ( cooperative learning ) , pembelajaranberorientasi pendekatan saintifik seperti: pembelajaran berdasarkan masalah ( problem based learning ), pembelajaran inkuiri-diskoveri dan pembelajaran kontekstual serta pembelajaran berbasis proyek, yang termasuk dalam kelompok Pembelajaran Inovatif II
3. Membuat keputusan dalam merancang pembelajaran inovatif meliputi: pembelajaran: kooperatif ( cooperative learning ) , pembelajaranberorientasi pendekatan saintifik seperti: pembelajaran berdasarkan masalah ( problem based learning ), pembelajaran inkuiri-diskoveri dan pembelajaran kontekstual serta pembelajaran berbasis proyekyang relevan dengan kompetensi, karakteristik materi pelajaran, dan karaktristik siswa.
4. Memiliki sikap bertanggung jawab dengan menerapkan pembelajaranpembelajaran: kooperatif ( cooperative learning ) , pembelajaranberorientasi pendekatan saintifik seperti: pembelajaran berdasarkan masalah ( problem based learning ), pembelajaran inkuiri-diskoveri dan pembelajaran kontekstual serta pembelajaran berbasis proyekyang telah dirancangnya di dalam forum peer teaching
DU-84207-20191-8420702056-1 Geografi Kesejarahan Indonesia
Mata kuliah ini memberikan kerangka pemahaman dasar bagi mahasiswa tentang konsep ruang dan waktu selalu dibutuhkan manusia dalam kehidupan sehari-hari, dimana pada berbagai aktivitasnya, manusia selalu melakukan pengororganisasian ruang dan waktu. Dengan demikian mahasiswa dapat memahami faktor-faktor geografis dan mampu menjelaskan aspekaspek sejarah Indonesia secara lebih komprehensif
DU-84207-20181-8420702020-1 Media Pembelajaran
- Matakuliah ini mengaji tentang pengertian, jenis/klasifikasi, fungsi, dasar-dasar pengembangan media, serta dapat memilih, merancang, dan memproduksi media pembelajaran dengan memanfaatkan lingkungan sekitar (kontekstual) dan TIK. Epistimologi pembelajaran yang dikembangkan untuk capaian pembelajaran matakuliah maupun kompetensi adalah pendekatan ekspositori, eksplanatori, dan eksploratori.
DU-87220-20231-8722002080-3 Dasar Akuntansi
Matakuliah ini membahas siklus akuntansi dalam dunia bisnis (Perusahaan Jasa, Perusahaan Dagang,dan PerusahaanManufaktur) yang menghasilkan laporan keuangan berbasis SAK yang berlaku.
DU-87220-20231-8722002080-2 Dasar Akuntansi
Matakuliah ini membahas siklus akuntansi dalam dunia bisnis (Perusahaan Jasa, Perusahaan Dagang,dan PerusahaanManufaktur) yang menghasilkan laporan keuangan berbasis SAK yang berlaku.
DU-87220-20231-8722002080-1 Dasar Akuntansi
Matakuliah ini membahas siklus akuntansi dalam dunia bisnis (Perusahaan Jasa, Perusahaan Dagang,dan PerusahaanManufaktur) yang menghasilkan laporan keuangan berbasis SAK yang berlaku.
DU-87220-20231-8722003081-1 Sejarah Pemikiran Ilmu Ekonomi
Membahas pemikiran ekonomi mencakup (1) Pra 13klasik; (2) Klasik; (3)Marxisme/ Sosialisme; (4) Neoklasik; (5) Chamberlin dan Robinson; (6) Keynes;(7) Institusionalisme; (8) Monetarisme dan rational expectations, dan (9) EraEkonomi Islam. Pembelajaran dilakukan dengan metode diskusi, presentasi, studikasus dan penugasan
DU-87220-20221-8722002080-1 Dasar Akuntansi
Matakuliah ini membahas siklus akuntansi dalam dunia bisnis (Perusahaan Jasa, Perusahaan Dagang,dan PerusahaanManufaktur) yang menghasilkan laporan keuangan berbasis SAK yang berlaku.
DU-87220-20202-8722003040-1 Metode Penelitian Kuantitatif
Mata Kuliah ini berisi tentang pengertian metode penelitian kuantitatif; masalah, fokus dan judul penelitian kuantitatif; landasan teori kuantitatif; populasi dan sampel penelitian kuantitatif; instrumen dan teknik pengumpulan data kuantitatif; teknik analisis data kuantitatif; validitas dan reliabilitas penelitian kuantitatif; penyusunan proposal penelitian kuantitatif
DU-87220-20201-8722002080-1 Dasar Akuntansi
Matakuliah ini membahas siklus akuntansi dalam dunia bisnis (Perusahaan Jasa, Perusahaan Dagang,dan PerusahaanManufaktur) yang menghasilkan laporan keuangan berbasis SAK yang berlaku.
DU-87220-20201-8722003007-1 Matematika Ekonomi
DU-87220-20201-8722003037-1 Ekonomi Uang dan Bank
DU-87220-20201-8722003042-1 Keuangan Internasional
DU-87220-20192-8722003047-1 Ekonomi Regional
Mata kuliah ini berisi tentang konsep Ekonomi Regional, yang meliputi: Konsep kewilayahan; Klasifikasi wilayah; Pembangunan wilayah; Keterhubungandan ketergantungan antar wilayah; Teori pertumbuhan wilayah; Teori pusat pertumbuhan; serta Indikator Pertumbuhan wilayah
DU-87220-20192-8722003044-1 Ekonomi Kelembagaan
Mata kuliah ini untuk memahami dan nenganalisis fenomena perekonomian melalui pendekatan alternatif diluar teori mainstream ekonomi yang selama ini sudah dipelajari di mata kuliah umum ekonomi. Pembelajaran dilakukan dengan metode diskusi, presentasi, studi kasus dan penugasan mandiri.
DU-87220-20201-8722003034-1 Ekonometrika 2
DU-87220-20192-8722002074-1 Literasi Digital
Matakuliah ini membekali mahasiswa pemahaman literasi digital, pemrosesan data termasuk dasar-pemrograman, menemukan dan menyaring informasi, menggunakan teknologi untuk berkolaborasi, serta membuat konten berbasis teknologi. Semua kegiatan perkuliahan akan dilakukan melalui diskusi, penelusuran informasi melalui TIK, praktik menggunakan teknologi untuk berkolaborasi, membuat program pemrosesan data, serta proyek membuat konten berbasis teknologi. Penilaian dilakukan melalui tes, penilaian produk, dan proyek.
DU-87220-20192-8722002008-1 Filsafat ilmu
Mata kuliah ini membahas tentang, (1) Hakikat filsafat ilmu; (2) Pokok Ajaran Filsafat Bidang Filsafat Ilmu (materialisme, idealisme/spiritualisme, realisme); (3) teori-teori kebenaran ; (4) aspek ontologi, aspek epistemologi, dan aspek aksiologi; (5) Filsafat Pendidikan (Esensialisme, Perrenialisme, Progresivisme, Eksistensialisme, Rekonstruksi, Pedagogi Kritis); (6) Aliran Postmodernisme (Konstruksionisme Sosial, Hermeneutika, Dekonstruksi, Strukturalisme); (7) Cara Berpikir Kritis (relativitas daya nalar, penguasaan literasi dasar dan penguasaan literasi kritis.
DU-87220-20192-8722003010-1 Matematika Ekonomi Lanjutan
Mata kuliah ini berisi tentang Definisi Matriks; pengubahan matriks; determinan matriks; pembalikan matriks; persamaan linier dengan matriks; analisis input-output; dan programasi linier
DU-87220-20191-8722003034-1 Ekonometrika 2
DU-87220-20191-8722003035-1 Ekonomi Moneter II
DU-87220-20191-8722003069-3 Statistik Penelitian
Mata kuliah ini berisi tentang pengertian statistik inferensial; probabilitas; Sampling dan distribusi sampling; estimasi statistik; uji hipotesis; Analisis Varians; Uji Chi Square; statistik non parametrik. Dengan mempelajari mata kulah ini, mahasiswa mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
DU-87220-20191-8722003007-1 Matematika Ekonomi
DU-88111-20221-8811102100-1 Literasi Dalam Pendidikan
Dalam mata kuliah ini dikaji berbagai hal tentang literasi dan praktik yang menyertainya mulai dari refleksi kemampuan literasi, pembahasan mengenai literasi multimodal, literasi sebagai praktik sosial, kajian literasi baru, literasi multimodal, pembelajaran literasi, literasi lokal dan global, multiliterasi, literasu dan identitas, serta implikasi Gerakan Literasi Sekolah terhadap Kurikulum Nasional.
DU-88111-20221-8811103213-1 Analisis Artikel Jurnal Mutakhir
Mata kuliah ini didesain untuk melatih mahasiswa melakukan kajian kritis artikel jurnal ilmiah di bidang linguistik terapan, khususnya TESOL. Secara khusus, mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan tentang pemilihan jurnal ilmiah yang bagus dalam beragam database jurnal ilmiah online, menggunakan perangkat lunak manajemen referensi, mengevaluasi kelebihan dan kekurangan artikel ilmiah, dan menulis annotated bibliography dan kajian pustaka. Mahasiswa juga dibekali dengan pengetahuan tentang identifikasi masalah sesuai dengan minat penelitian. Aktifitas belajar mengajar dilakukan melalui presentasi oleh dosen, presentasi mahasiswa, konsultasi individual, diskusi, dan penugasan.
DU-88111-20221-8811102243-1 Materials and media development for language and literature education
Matakuliah ini membekali mahasiswa dengan wawasan, pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan bahan dan media pembelajaran Bahasa dan sastra. Cakupan matakuliah ini meliputi konsep pengembangan bahan dan media pembelajaran Bahasa dan sastra, prinsip-prinsip pengembangan bahan dan media pembelajaran Bahasa dan sastra, kerangka kerja pengembangan bahan dan media pembelajaran Bahasa dan sastra, pencarian contoh pengembangan bahan dan media pembelajaran Bahasa dan sastra di internet dan lapangan serta proyek pengembangan bahan dan media pembelajaran Bahasa dan sastra pada level yang diinginkan. Pembelajaran matakuliah ini disajikan melalui kegiatan diskusi, pelatihan, presentasi, simulasi, atau pun belajar mandiri untuk menghasilkan rangkuman materi, makalah, atau pun artikel ilmiah yang dipresentasikan dalam forum diskusi/seminar atau pun dipublikasikan dalam jurnal.
DU-88111-20212-8811100256-1 Design of Language and Literature Pedagogy
Mata kuliah ini memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang desain pembelajaran bahasa dan sastra (Inggris)di sekolah dan perguruan tinggi. Cakupan materi meliputi teori, konsep dan aspek-aspek desain pembelajaran bahasa dan sastra (Inggris) serta berbagai model silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran Bahasa dan sastra (Inggris) sesuai kurikulum, pendekatan dan model pembelajaran bahasa dan sastra (Inggris) di sekolah dan perguruan tinggi melalui kegiatan diskusi, pelatihan, presentasi, simulasi, atau pun belajar mandiri untuk menghasilkan rangkuman materi, makalah, atau pun artikel ilmiah yang dipresentasikan dalam forum diskusi/seminar atau pun dipublikasikan dalam jurnal.
DU-88111-20211-8811103216-1 Linguistik Terapan
Mata kuliah ini membahas (1) hakikat, sejarah, dan ruang lingkup kajian Linguistik Terapan; (2) bilingualisme dan multilingualisme; (3) analisis kontrastif; (4) analisis kesalahan berbahasa; (5) linguistik dan pemberolehan bahasa pertama; (6) linguistik dan pemberolehan bahasa kedua/ketiga; (7) linguistik dan semantik; (8)literasi; (9) leksikografi; (10) bahasa dan gender; (11) bahasa dan media massa; (12) perencanaan bahasa dan kebijakan negara; (13) stilistika; (14) analisis wacana dan pragmatik; (15) linguistik forensik; (16) linguistik dan komputerisasi. Mata kuliah ini disajikan secara teoretis dan praktek dengan menggunakan metode ceramah, diskusi, presentasi, dan berbasis masalah.
DU-88111-20211-8811102098-1 Literacy in Education
Dalam mata kuliah ini dikaji berbagai hal tentang literasi dan praktik yang menyertainya mulai dari refleksi kemampuan literasi, pembahasan mengenai literasi multimodal, literasi sebagai praktik sosial, kajian literasi baru, literasi multimodal, pembelajaran literasi, literasi lokal dan global, multiliterasi, literasu dan identitas, serta implikasi Gerakan Literasi Sekolah terhadap Kurikulum Nasional.
DU-88111-20211-8811103213-1 Analisis Artikel Jurnal Mutakhir
Mata kuliah ini didesain untuk melatih mahasiswa melakukan kajian kritis artikel jurnal ilmiah di bidang linguistik terapan, khususnya TESOL. Secara khusus, mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan tentang pemilihan jurnal ilmiah yang bagus dalam beragam database jurnal ilmiah online, menggunakan perangkat lunak manajemen referensi, mengevaluasi kelebihan dan kekurangan artikel ilmiah, dan menulis annotated bibliography dan kajian pustaka. Mahasiswa juga dibekali dengan pengetahuan tentang identifikasi masalah sesuai dengan minat penelitian. Aktifitas belajar mengajar dilakukan melalui presentasi oleh dosen, presentasi mahasiswa, konsultasi individual, diskusi, dan penugasan.
DU-88111-20211-8811102243-1 Materials and media development for language and literature education
Matakuliah ini membekali mahasiswa dengan wawasan, pengetahuan dan keterampilan dalam mengembangkan bahan dan media pembelajaran Bahasa dan sastra. Cakupan matakuliah ini meliputi konsep pengembangan bahan dan media pembelajaran Bahasa dan sastra, prinsip-prinsip pengembangan bahan dan media pembelajaran Bahasa dan sastra, kerangka kerja pengembangan bahan dan media pembelajaran Bahasa dan sastra, pencarian contoh pengembangan bahan dan media pembelajaran Bahasa dan sastra di internet dan lapangan serta proyek pengembangan bahan dan media pembelajaran Bahasa dan sastra pada level yang diinginkan. Pembelajaran matakuliah ini disajikan melalui kegiatan diskusi, pelatihan, presentasi, simulasi, atau pun belajar mandiri untuk menghasilkan rangkuman materi, makalah, atau pun artikel ilmiah yang dipresentasikan dalam forum diskusi/seminar atau pun dipublikasikan dalam jurnal.
DU-88111-20211-8811102100-1 Literasi Dalam Pendidikan
Dalam mata kuliah ini dikaji berbagai hal tentang literasi dan praktik yang menyertainya mulai dari refleksi kemampuan literasi, pembahasan mengenai literasi multimodal, literasi sebagai praktik sosial, kajian literasi baru, literasi multimodal, pembelajaran literasi, literasi lokal dan global, multiliterasi, literasu dan identitas, serta implikasi Gerakan Literasi Sekolah terhadap Kurikulum Nasional.
DU-88111-20211-8811103241-1 Current Language-Literature Pedagogy
Mata kuliah ini membahas landasan pembelajaran bahasa dan sastra mutakhir (Abad 21) memfasilitasi mahasiswa mengembangkan penelitian dan menuliskan hasil penelitian dalam bentuk artikel ilmiah yang dipresentasikan dalam forum diskusi/seminar atau pun dipublikasikan dalam jurnal nasional dan internasional yang terindeks. Cakupan materi meliputi konsep dan teori kebahasaan dan teknologi, konsep pengembangan kurikulum serta komponen-komponen kurikulum tentang kebahasaan dan sastra, serta teori pembelajaran bahasa dan sastra terkini yang meliputi: autonomous learning dan professional development. Pembelajaran mata kuliah ini disajikan melalui kegiatan diskusi, pelatihan, presentasi, simulasi, atau pun belajar mandiri untuk menghasilkan rangkuman materi, dan makalah.
DU-88111-20211-8811103240-1 Applied Linguistics
Deskripsi Mata K uliah
Pembahasan linguistik terapan dengan memanfaatkan konsep atau pun aspek-aspek teknis pemanfaatan lingustik dalam kegiatan praktis, khususnya dalam bidang pembelajaran bahasa dan sastra, bilingualisme, leksikografi, penerjemahan, linguistik, kosakata, analisis wacana serta pragmatik dan korpus linguistik melalui kegiatan diskusi, pelatihan, presentasi, simulasi, atau pun belajar mandiri untuk menghasilkan rangkuman materi, makalah, atau pun artikel ilmiah yang dipresentasikan dalam forum diskusi/seminar atau pun dipublikasikan dalam jurnal.
DU-88111-20202-8811103212-2 Metodologi Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra
Mampu menguasai berbagai metode penelitian pendidikan bahasa dan sastra dan mampu mengaplikasikannya untuk penulisan proposal dan penelitian pendidikan bahasa dan sastra melalui kegiatan terstruktur dan mandiri untuk menghasilkan sebuah artikel/proposal penelitian.
DU-88111-20202-8811103212-1 Metodologi Penelitian Pendidikan Bahasa dan Sastra
Mampu menguasai berbagai metode penelitian pendidikan bahasa dan sastra dan mampu mengaplikasikannya untuk penulisan proposal dan penelitian pendidikan bahasa dan sastra melalui kegiatan terstruktur dan mandiri untuk menghasilkan sebuah artikel/proposal penelitian.
DU-88111-20201-8811103239-1 Analysis of Current Journal Articles
- Mata kuliah ini didesain untuk melatih mahasiswa melakukan kajian kritis artikel jurnal ilmiah di bidang linguistik terapan, khususnya TESOL.
- Secara khusus, mata kuliah ini membekali mahasiswa dengan pengetahuan tentang pemilihan jurnal ilmiah yang bagus dalam beragam database jurnal ilmiah online, menggunakan perangkat lunak manajemen referensi, mengevaluasi kelebihan dan kekurangan artikel ilmiah, dan menulis annotated bibliography dan kajian pustaka.
- Mahasiswa juga dibekali dengan pengetahuan tentang identifikasi masalah sesuai dengan minat penelitian.
- Aktifitas belajar mengajar dilakukan melalui presentasi oleh dosen, presentasi mahasiswa, konsultasi individual, diskusi, dan penugasan
DU-88111-20201-8811102237-1 Proposal Penelitian
Membina kompetensi mahasiswa dalam: (1) pemilihan topik penelitian tesis; (2) menyusun latar belakang, perumusan masalah, dan tujuan penelitian; (3) mendeskripsikan variabel-variabel penelitian diperoleh indikator; (4) menyusun desain penelitian, (5) menentukan populasi dan sampel atau subjek penelitian, (6) membakukan instrumen-instrumen penelitian, dan (7) menentukan teknik analisis data.
DU-88109-20211-8810902814-1 Multimedia Pembelajaran Seni
Matakuliah pilihan ini mengkaji tentang karya seni yang bergantung pada fungsi dan komponen teknologi perangkat komunikasi dan informasi. Eksperimen, integrasi komputer, video, audio, internet, robotic/kinetic, dan programming dalam praktik artistik. Penguasaan teknis media ditekankan untuk mendorong perumusan dan realisasi gagasan secara orisinal. Mengetengahkan tema-tema dan isu-isu utama dalam praktik seni kontemporer, didiskusikan dan dielaborasi melalui presentasi dan diskusi tentang karya-karya sejenis. Struktur proses kreatif diperkenalkan dengan melihat referensi karya-karya seniman tertentu dan kaitannya dengan perkembangan seni rupa kontemporer di Indonesia maupun internasional. Melalui kuliah ini spesifik akan membahas disiplin artistik "seni media", meliputi: Biotech Art, Digital Art, Electronic Art, Sound Art, Kinetic Art, dengan strategi teori dan praktek.
DU-88109-20201-8810902039-1 Psikologi Pendidikan Seni
Pengetahuan dan kajian tentang perilaku manusia dalam mengungkapkan ide serta gagasan dalam nilai estetis karya seni
DU-88109-20192-8810902004-1 Desain dan Teknologi Pembelajaran Seni Budaya
Dalam perkuliahan ini dibahas hakikat dan konsep berbagai teori desain dan teknologi pembelajaran, karakteristik, proses tahapan desain dan teknologi pembelajaran, dan aplikasi desain dan teknologi dalam pembelajaran Seni Budaya
DU-88109-20191-8810902039-2 Psikologi Pendidikan Seni
Pengetahuan dan kajian tentang perilaku manusia dalam mengungkapkan ide serta gagasan dalam nilai estetis karya seni
DU-88109-20191-8810902039-1 Psikologi Pendidikan Seni
Pengetahuan dan kajian tentang perilaku manusia dalam mengungkapkan ide serta gagasan dalam nilai estetis karya seni
DU-87102-20211-8710200015-1 Problematika dan Pengelolaan Pendidikan
Membahas hakekat pendidikan; konsistensi pemikiran Ki Hajar Dewantara; Ideologi pendidikan yang memerdekakan; literasi dan logika, prakmatisme dan formalitas dunia pendidikan; tradisi akademik, tanggung jawab intelektual dan cendekiawan; kepemimpinan sekolah; managemen sekolah; managemen kelas; perilaku peserta didik terkait dinamika sosail budaya masyarakat; komunikasi masyarakat dan sekolah; permasalahan pendidikan geografi.
DU-87102-20201-8710220001-2 Inovasi Pendidikan dan Pebelajaran
DU-87102-20201-8710220001-1 Sains Informasi Geografi untuk Pewilayahan
DU-87102-20202-8710202018-1 SAINS INFORMASI GEOGRAFI UNTUK PEMBELAJARAN
DU-87102-20201-8710200013-1 Geografi Manusia Lanjut
Mengkaji materi yang terkait dengan konsep dan pengertian bonus demografi; urbanisasi, wilayah urban, wilayah peri urban; masyarakat pesisir; adaptasi dan mitigasi; kearifan lokal; ketahanan pangan; dinamika sosial budaya; maupun metodologinya. Pendekatan pembelajaran yang digunakan adalah kontekstual maupun problem based learning yang dikerjakan secara individu maupun kelompok.
DU-87102-20192-8710203004-1 PEMBANGUNAN WILAYAH BERBASIS EKOLOGI, SUMBERDAYA, DAN BENCANA
Membahas ekologi geografi; pembangunan wilayah yang berimbang; potensi sumberdaya energi, sumberdaya tambang, sumberdaya air, sumberdaya lahan, sumberdaya kehutanan, dan sumberdaya pertanian; ambang batas eksploitasi sumberdaya alam; pembangunan dan perubahan iklim; valuasi ekonomi lingkungan. Membahas analisis fase siklus bencana; analisis risiko kebencanaan; mitigasi dan adaptasi. Teknik analisis spasial terintegrasi neraca sumberdaya, lingkungan, dan bencana.
DU-87102-20191-8710220001-1 Inovasi Pendidikan dan Pebelajaran
Membahas suatu ide,barang, metode yang dirasakan atau diamati sebagai hal yang baru bagi seseorang atau sekelompok orang/masyarakat baik berupa hasil invensi atau diskoveri yang digunakan untuk mencapai tujuan pembelajaran atau untuk memecahkan masalah 13masalah dalam pendidikan dan pembelajaran.
DU-87102-20172-8710203004-2 PEMBANGUNAN WILAYAH BERBASIS EKOLOGI, SUMBERDAYA, DAN BENCANA
Membahas ekologi geografi; pembangunan wilayah yang berimbang; potensi sumberdaya energi, sumberdaya tambang, sumberdaya air, sumberdaya lahan, sumberdaya kehutanan, dan sumberdaya pertanian; ambang batas eksploitasi sumberdaya alam; pembangunan dan perubahan iklim; valuasi ekonomi lingkungan. Membahas analisis fase siklus bencana; analisis risiko kebencanaan; mitigasi dan adaptasi. Teknik analisis spasial terintegrasi neraca sumberdaya, lingkungan, dan bencana.